Previous
Next

Mode / Fashion

Cara Merawat Batik

Bila anda memiliki kain batik, jangan khawatir bila warna kain batik anda cepat pudar, karena itu berarti batik anda memakai pewarna alami yang memang mudah pudar. Hal itu terjadi karena kain batik dengan pewarna alami tidak mengalami proses fiksasi (penguncian warna) yang maksimal.

 

Namun bila anda telaten, ada beberapa cara yang akan membantu merawat batik anda agar tidak mudah pudar warnanya.

  • Gunakan Shampoo rambut

Untuk mencuci batik anda, larutkan shampoo dan air hingga semua rata dan tidak ada lagi shampoo yang mengental. Setelah shampoo dan air rata, lalu rendam baju batik anda ke dalamnya. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10 -15 menit saja.

  • Jangan mencuci dengan mesin cuci

Setelah anda rendam, ada baiknya anda kucek sendiri baju batik anda, karena bila menggunakan mesin cuci akan membuat warna batik semakin mudah pudar. Oiya bila terdapat noda makanan pada batik, anda dapat mengusapnya dengan kulit jeruk sampai noda itu hilang.

  • Jemur dengan terbalik

Setelah selesai mencuci, jemur kain batik anda tanpa perlu diperas dan juga jangan di bawah sinar matahari langsung. Ada baiknya bila anda menjemur dalam keadaan terbalik sehingga bagian luar kain tidak langsung terkena sengatan sinar matahari.

  • Lapisi kain batik saat memberi pelembut/pewangi

Setelah kering, bila anda ingin memberi pelumbut/pewangi pada batik anda, ada baiknya bila anda tidak menyemprotkan secara langsung. Sebelumnya, anda dapat melapisi batik dengan kain putih ataupun polos diatas batik anda sebelum menyemprotnya dengan pelembut/pewangi.

  • Lapisi kain batik saat menyetrika

Nah, setelah diberi pewngi/pelembut, jangan singkirkan kain pelapis polos dari atas batik anda. Saat menyetrika, biarkan kain pelapis itu melapisi batik anda, agar panasnya tidak mengenai batik secara langsung.

  • Simpan dengan merica

Setelah kain batik anda bersih dan wangi, anda dapat menyimpanya di lemari, dengan diberi sedikit merica yang disimpan pada tissue, lalu letakkan di dekat batik anda.

  • Tidak menyemprotkan parfum pada batik

Bila anda termasuk penggemar wawangian dari parfum, sebaiknya jangan menyemprotkan parfum anda secara langsung pada kain batik. Karena kandungan kimiawi pada parfum anda akan merusak kandungan alami dari pewarna batik anda.

 

Dengan beberapa langkah di atas, warna kain batik kesayangan anda akan lebih awet dan tidak cepat pudar. 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara merawat batik tradisional. Perawatan batik. Cara perawatan batik keris. Perawatan batik alami. Cara mencuci batik keris. Cara mencuci baju batik keris. Http://carapedia.com/merawat_batik_info2873.html.

Merica batik pewarna alami. Pemeliharaan batik. Cara merawat batik. Perawatan untuk batik.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.