Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Menulis Makalah

 

 

Bagi Anda yang ada di lingkungan akademisi, seringkali dihadapkan dengan pembuatan makalah kegiatan. Ya, karena makalah sendiri dapat diartikan sebagai penulisan/karya tulis ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang melingkupi suatu materi atau hal ikhwal yang ada dalam perkuliahan.Penulisan makalah sendiri, umumnya sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu masa perkuliahan atau sebuah tugas bagi mata kuliah atau kegiatan tertentu. Bisa berupa karya tulis hasil dari kajian pustaka ataupun hasil kegiatan/perkuliahan lapangan atau penulisan suatu kegiatan praktek.

Tampilan makalah, tidak berbeda jauh seperti laporan ataupun proposal, namun lebih singkat dalam penyajiannya, dan biasanya memiliki karakteristik seperti berikut;

a.       Tulisan tertuang adalah hasil dari suatu kajian literatur (pustaka) dan  atau laporan  pelaksanaan kegiatan lapangan/ perkuliahan.

b.      Permasalahan dalam suatu mata kuliah/ kegiatan menjadi cakupan ruang lingkup  makalah. 

c.       Dapat dilihat dengan jelas dan detail kemampuan/pengetahuan mahasiswa/penulis  pada permasalahan teoritis yang  sedang dikaji  atau  pemaparan dalam menerapkan suatu prosedur yang runtut secara prinsip atau teori mengenai permasalahan yang sedang diangkat/diteliti.

d.      Berisi pemahaman dari isi dari sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan.

e.      Dapat dibaca dengan mudah ringkasan berbagai sumber informasi sebagai satu kesatuan sintesis yang utuh dan berstruktur.

Menulis makalah yang baik, tentu mempbutuhkan pemahaman dan pengetahuan pada permasalahan yang sedang ditulis disertai dengan sumber-sumber yang kompeten dengan permasalahan tersebut. Gali berbagai informasi dan memperdalam pembahasan dan bukan memperluasnya, menjadikan menulis makalah lebih mudah disusun dan dimengerti. Untuk menulis makalah dengan lebih mudah, perlu diperhatikan langkah-langkah berikut ini; 

 

Persiapan

·         Memilih topik

 

Pilihlah topik yang hendak Anda tulis. Walaupun, makalah yang akan ditulis adalah tentang satu kegiatan, namun topik yang dapat diangkat tentu sangat beragam.

 

·         Menganalisa topik

 

Segera analisa topik yang sudah Anda pilih. Apakah topik tersebut relevan dengan kegiatan, mata perkuliahan atau penelitian yang akan Anda tulis.

 

·         Mencari rujukan bacaan dan sumber

 

Ini perlu agar memudahkan Anda saat menulis. Persiapkan dengan baik dan cermat bacaan apa yang mendukung topik yang Anda angkat, atau siapa saja nara sumber yang dapat Anda hubungi guna memperkaya tulisan Anda.

 

Perencanaan

·         Memilih pertanyaan yang akan dijawab

 

Makalah diawali dari suatu topic yang hendak dibahas dan dijabarkan pemaparannya. Perlu adanya point-point pertanyaan yang harus Anda jawab dalam penjelasan yang terperinci. Pilihlah pertanyaan yang tepat sasaran, jangan melebar dari topik penulisan.

 

·         Membuat daftar pustaka sambil mengerjakan penulisan

 

Setelah sumber bacaan Anda kumpulkan, mulailah tulis daftar pustaka. Cukup tulis saja, karena penyusunan daftar pustaka akan lebih mudah bila dilakukan setelah penulisan makalah selesai.

 

·         Membuat daftar metode dan hasil percobaan

 

Tetapkan metode penulisan makalah Anda, apakah;

 

1.       Metode Pustaka

Metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka baik berupa buku maupun informasi dari berbagai sumber.

2.       Diskusi

 

Mendapatkan data dengan cara bertanya secara langsung kepada konsultan professional atau narasumber yang mengetahui tentang informasi yang di perlukan dalam suatu topik.

 

3.       Eksperimen

 

Melalui percobaan – percobaan yang kemudian diteliti terlebih dahulu secara mendetail.

 

·         Membuat garis besar (outline)

 

Setelah menetapkan metode yang digunakan, buatlah garis besar penulisan (ambil rujukan dari pertanyaan yang ingin Anda jawab)

 

Penulisan

·         Menulis judul

 

Buat judul yang sesuai dnegan topic, padat dan jelas, serta mewakili keseluruhan isi makalah. Judul yang menarik menjadi nilai plus bagi makalah Anda.

 

·         Menulis abstrak

 

Abstrak adalah ulasan singkat atau simpulan dari makalah. Tuliskan ulasan tersebut dengan menggabarkan latar belakang penulisan makalah dengan topik yang Anda pilih.

 

·          Menyusun tabel dan ilustrasi

 

Makalah, biasanya disertai tabel guna memperkuat pembahasan dan memperjelas topic permasalahan. Buatlah tabel/ilustrasi dengan jelas dan sertakan sumber jika Anda menampilkan tabel dari sumber tertentu.

 

·         Menulis naskah pertama

 

Kemudian, mulailah menulis naskah pertama. Naskah pertama penting dan harus dicermati karena akan menentukan penulisan narkah selanjutnya. Naskah pertama juga sebagai acuan apakah telah sesuai dengan topik atau justru berlawanan.

 

·         Menyusun daftar pustaka

 

Setelah semua tertulis, barulah susun daftar pustaka dengan runut. Bisa berdasarkan abjad judul buku, penulis, atau tahun penerbit.

Bila tahap penulisan telah selesai, Anda dapat mulai fokus pada tahap perbaikan (revisi) dengan langkah-langkah, berikut diantaranya;

 

Perbaikan

·         Memeriksa susunan

·         Memperbaiki tata bahasa dan gaya

·         Minta pendapat rekan

·         Memeriksakan naskah kepada penyunting/pembimbing makalah

·         Mengetik naskah terakhir

·         Menyerahkan makalah

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh metode penulisan makalah. Contoh metode penulisan dalam makalah. Pertanyaan tentang penulisan makalah. Http://carapedia.com/menulis_makalah_info2121.html. Metode pustaka adalah. Cara membuat metode untuk makalah. Pertanyaan tentang makalah.

Contoh persiapan dalam membuat makalah laporan. Penulisan makalah. Cara penulisan metode penulisan makala. Pertanyaan mahasiswa tentang penulisan makalah. Contoh metode perpustakaan dalam makalah. Metode penulisan pada makalah. Cara membuat metode penulisan.

Langkah membuat makalah kegiatan. Cara membuat metode penulisan makalah. Metode dalam membuat makalah metode kepustakaan. Tutorial menulis makalah. Pertanyaan menulis makalah. Cra mudah membuat makalah dari suatu teori.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.