Previous
Next

Keuangan

Menghitung Biaya Pernikahan

 

 
 
 
 
Menikah adalah satu peristiwa besar yang dialami oleh seseorang. Setiap orang pasti menginginkan melaksanakan pernikahan hanya sekali dalam seumur hidup mereka. Sehingga tidak heran bila setiap orang menginginkan sebuah pesta pernikahan yang sangat mengesankan dan tidak akan mereka lupakan sepanjang hidupnya. Membuat sebuah pesta pernikahan yang mengesankan tidak sama dengan membuat pesta pernikahan yang mewah. Yang terpenting adalah bisa membuat siapapun yang hadir terkesan dan bisa ikut menikmati acara dengan senang. 
 
Satu hal yang harus dipersiapkan saat merencanakan sebuah pernikahan adalah biaya. Menghitung biaya pernikahan harus dilakukan dengan cermat supaya tidak ada hal yang terlewat dan tidak terjadi over budget. Supaya pernikahan bisa berjalan dengan lancar, kita harus cermat dalam menghitung biaya pernikahan yang kita sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Berikut ini adalah beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam menghitung biaya pernikahan:
 
ADMINISTRASI KUA
Walaupun sebenarnya biaya administrasi KUA telah ditentukan oleh pemerintah daerah dimana besarnya biaya administrasi juga berbeda untuk setiap wilayah, namun kita tetap harus menyediakan uang ekstra untuk penghulu dan asisten. Terlebih bila pernikahan dilakukan di luar KUA sehingga kita harus menyediakan biaya transport untuk penghulu dan asisten. Lebih baik cek ke KUA setempat berapa biaya administrasi KUA yang harus disiapkan sehingga kita bisa menghitung biaya pernikahan dengan tepat.
 
UNDANGAN
Pilih undangan sesuai dengan budget dan kebutuhan kita. Jangan sampai undangan malah memperberat beban anggaran pernikahan. Sesuaikan juga bentuk dan konsep undangan dengan konsep pernikahan kita. Saat ni ada beberapa perusahaan percetakan yang menyediakan jasa cetak beserta pengetikan nama yang diundang beserta alamat sampai pada jasa pengantaran / pengiriman undangan.  
 
MAS KAWIN, MAHAR
Jenis serta besarnya mas kawin pada dasarnya adalah merupakan hasil kesepakatan bersama. Jangan sampai besarnya mahar membebani calon pengantin pria. Mas kawin tidak harus sesuatu yang mahal harganya namun yang penting adalah harus disepakati oleh kedua belah pihak. Baik itu jenisnya, nilainya, serta bentuknya.
 
INFAQ MASJID 
Bila akad nikah dilangsungkan di masjid, sudah selayaknya kita memberikan infaq kepada masjid tempat kita melangsungkan akad. Walaupun bukan merupakan sebuah keharusan, namun menyisihkan sebagian harta kita disaat kita melangsungkan acara yang membahagiakan bagi diri kita adalah salah satu bentuk kita membagi kebahagiaan kepada yang lain
 
BAJU PENGANTIN
Bila memiliki dana lebih, boleh lah kita menggunakan jasa designer ternama untuk merancang dan membuat baju penganti kita. Namun bila dana yang ada terbatas, kita bisa menjahitkan bahan di tukang jahit langganan atau bahkan menyewa baju pengantin yang akan kita kenakan pada saat acara pernikahan kita. Jangan penah gengsi untuk menyewa baju pengantin karena toh kita hanya akan menggunakannya sekali saja.
 
TATA RIAS
Sebisa mungkin cari perias yang sudah kita kenal sehingga selain bisa mendapatkan harga biaya rias yang miring juga bisa memudahka perias untuk merias kita karena sudah tahu betul karakter kita. Namun bila itu tidak mungkin, kita bisa menggunakan perias siapa saja namun perlu sedikit waktu lebih untuk berdiskusi tentang jenis riasan yang kita inginkan. Bila perias menyediakan paket rias + foto + catering + yang lainnya, tidak ada salahnya kita mengambil paket tersebut karena biasanya jatuhnya lebih murah.
 
TEMPAT PERNIKAHAN
Bila pernikahan dilakukan di rumah, tentu ada pos biaya yang bisa kita hemat. Lain halnya bila kita mengadakan pernikahan di gedung sehingga kita harus mengeluarkan uang untuk biaya sewa. Bila kita memilih untuk menyewa gedung, maka yang harus diperhatikan adalah beberapa hal diantaranya: lokasi, daya tampung, kondisi gedung, serta biaya sewa. Tentukan dan putuskan jauh - jauh hari gedung apa yang akan digunakan apalagi bila pernikahan diadakan saat musimnya orang menikah.
 
KONSUMSI TAMU
Bila memungkinkan untuk memasak serta mengurusi sendiri semua konsumsi tamu dengan memanfaatkan bantuan dari saudara atau tetangga tentu biaya yang kita keluarkan jauh lebih hemat. Namun bila hal tersebut tidak memungkinkan, kita bisa memilih catering yang sudah biasa menghandle catering pernikahan. Bila catering menyediakan paket, pilih dan hitung betul paket yang ditawarkan karena biasanya mengambil catering dalam bentuk paket akan jauh lebih hemat.
Perhatikan betul jumlah tamu yang diundang dengan hidangan yang harus disediakan. Jangan sampai tamu masih banyak tapi hidangan sudah habis.  Ajak pihak catering berdiskusi tentang hal ini karena tentu mereka yang lebih berpengalaman dalam menghitung jumlah tamu dengan jumlah hidangan yang harus disiapkan.
 
SOUVENIR 
Bila kita sendiri memiliki keahlian untuk membuat souvenir pernikahan, baik berupa benda atau makanan, tidak ada salahnya kita membuat sendiri souvenir yang akan dibagikan kepada para tamu. Namun bila hal tersebut tidak memungkinkan, kita bisa memilih berbagai macam souvenir yang tersedia di pasaran.
 
BIAYA ADMINISTRASI RT - KECAMATAN
Walaupun tidak seberapa, kita tetap harus menyiapkan budget untuk biaya administrasi mulai dari tingkat RT sampai dengan Kecamatan
 
MOBIL PENGANTIN
Bila ingin berhemat tentu tidak ada salahnya bila kita menggunakan mobil milik sendir/keluarga/teman. Toh sewa mobil pengantin juga tidak bisa dibilang murah bila dihitung dari lamanya kita mengendarai mobil tersebut
 
BIAYA PERIKSA KESEHATAN DI PUSKESMAS
Menurut aturan kesehatan, calon pengantin harus mendapatkan suntikan imunisasi TT sebelum melangsungkan pernikahan. Masukkan biaya imunisasi serta periksa kesehatan ini di dalam perhitungan biaya pernikahan
 
BIAYA TAK TERDUGA
Siapkan biaya tidak terduga sebanyak minimal 10% dari semua pos biaya pernikahan diatas. Karena pasti ada pengeluaran - pengeluaran lain yang walaupun tidak besar namun tetap harus diperhitungkan.
 
 
Terlepas dari semua pos biaya pernikahan diatas, ada baiknya kita membandingkan dengan bila kita menggunakan jasa Wedding Organizer. Bila dengan daftar yang kita kehendaki bisa dicover oleg WO dan biaya lebih murah, tidak ada salahnya kita memilih untuk menggunakan jasa WO untuk mengurus semua keperluan pernikahan kita. Ini jauh lebih menyenangkan bagi kita calon pengantin sehingga kita memiliki lebih banyak waktu untuk istirahat dan mempersiapkan diri menghadapi acara pernikahan sehingga kita bisa terhindar dari stress

Video

Video pesta pernikahan

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah acara pesta pernikahan

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Biaya pernikahan. Rincian biaya pernikahan. Biaya pernikahan 2014. Perhitungan biaya nikah. Biaya pernikahan di rumah. Biaya menikah. Budget pernikahan.

Contoh rincian anggaran biaya pernikahan. Anggaran pernikahan 2014. Menghitung biaya pernikahan. Http://carapedia.com/menghitung_biaya_pernikahan_info2407.html. Rincian biaya pernikahan 2014. Keperluan pernikahan. Cara menghitung biaya pernikahan.

Rincian biaya pernikahan di rumah. Anggaran menikah. Budget pernikahan 2014. Anggaran pernikahan sederhana 2014. Biaya untuk menikah. Perhitungan biaya pernikahan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.