Previous
Next

Kesehatan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

 

 

Setiap orang pasti ingin mempunyai berat badan ideal dan jauh dari kata gemuk karena gemuk identik dengan sumber berbagai macam penyakit. sebenarnya kapan sih seseorang termasuk dalam kriteria kegemukan? Seseorang termasuk dalam kategori kegemukan bila terjadi ketidakseimbangan antara tinggi badan, berat badan, dan umur. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana mengetahui ukuran tubuh yang kegemukan? Secara visual, kegemukan dapat diketahui dengan cara bercermin. Sementara itu, cara lainnya dapat menggunakan alat bantu, yakni timbangan badan dan skin calipers.


Solusi mudah untuk mengetahui gemuk tidaknya tubuh seseorang adalah dengan menimbang badan secara teratur, sehingga perubahan berat badan dapat terdeteksi secara dini. Untuk mengetahui berat badan normal, bisa diketahui dengan menghitung indeks massa tubuh (body mass index), yakni dengan cara membagi total berat badan seseorang (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter) kuadrat.


Secara umum, berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengukur berat badan ideal :

# Cara I

Berat Badan Ideal (BBI) = 90% (tinggi badan - 100)

contoh:
Jika tinggi badan 175 cm, maka berat badan ideal adalah : 90% (175-100) = 67,5 kg

Termasuk overweight (kelebihan berat badan) bila berat badan 10% lebih besar daripada BBI. Jadi, dalam kasus ini seseorang akan mengalami kelebihan berat badan bila berat badannya mencapai 74,25 kg

Termasuk obesitas (kegemukan) jika berat badan 30% lebih besar daripada BBI (untuk wanita) dan 25% lebih besar dari BBI (untuk pria)


# Cara II

Berat Badan Relatif = Berat badan (kg)  x 100%
                                        Tinggi badan (m)2

Berat badan normal tercapai jika berat badan relatif 90 - 100%
Kelebihan berat badan jika berat badan relatif : 110 - 120%
Overweight jika berat badan relatif > 120%


# Cara III
Indeks Massa Tubuh (IMT) / Body Mass Index dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

IMT = Berat badan (kg)
          Tinggi badan 2 (m)


Menurut WHO :
Berat badan normal : jika IMT < 25
Overweight : jika IMT antara 23 - 24,9
Obesitas : jika IMT > 25

Video

Video Senam Aerobik

Dalam video ini memperlihatkan senam aerobik sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan berat badan ideal

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat timbangan badan. Http://carapedia.com/menghitung_berat_badan_ideal_info687.html. Timbangan berat badan ideal. Rumus bbi. Berat badan obesitas. Cara menghitung berat badan ideal dengan tinggi badan. Cara mengukur obesitas.

Postur badan ideal dengan standar bmi. Berat badan relatif. Berat badan ideal tinggi 175. Berat ideal tinggi 175. Ukuran obesitas. Berat badan yang termasuk obesitas. Hitung kesehatan.

Download ukuran timbangan berat yang ideal for android. Menghitung masa tubuh. Berat badan ideal untuk tinggi 175. Cara menimbang berat badan yang ideal. Cara mengecek obesitas. Cara menghitung indeks postur tbuh.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.