Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Menggunakan Timbangan Makanan

 

Salah satu peralatan penting untuk memasak dan membuat kue adalah timbangan makanan. Alat pengukur ini berfungsi untuk memastikan bahwa setiap bahan makanan yang akan Anda olah memiliki berat dan takaran yang pas. Karena itulah, timbangan makanan yang akurat menjadi salah satu kunci keberhasilan mengolah makanan.

Ada dua jenis timbangan makanan yang banyak dipakai, yaitu timbangan dengan jarum pengukur dan timbangan digital. Keduanya sama-sama baik, sekalipun timbangan digital memang lebih akurat. Yang harus Anda perhatikan adalah penanganan dan perawatan timbangan (jenis apapun) agar tetap awet dan menghasilkan pengukuran yang akurat.

1. Jauhkan timbangan makanan dari jangkauan anak-anak. Simpan di tempat yang tidak dapat mereka jangkau agar tidak dipakai sebagai mainan.

2. Jika bagian atas timbangan memiliki wadah berupa piring, maka lepas piring tersebut saat menyimpan timbangan dan jangan menimpa timbangan saat proses penyimpanan.

3. Lapisi piring timbangan saat harus dipakai bergantian untuk menimbang bahan. Penggunaan plastik atau piring tipis lebih disarankan.

4. Pastikan timbangan berada pada angka nol saat piring timbangan telah diletakkan pada timbangan.

5. Khusus untuk timbangan dengan jarum ukur, jangan terlalu sering memutar tombol skala karena akan membuat timbangan tidak akurat. Pakai metode kurang atau tambah daripada memutar skala timbangan setiap kali menimbang dengan piring atau wadah lain (selain piring bawaan timbangan).

5. Tidak perlu mencuci seluruh bagian timbangan, baik timbangan yang memakai skala jarum atau timbangan digital. Cukup cuci bagian piring timbangan dan lap dengan kain bersih jika ada noda bahan makanan yang menempel pada badan utama timbangan.

Dengan tips di atas, maka timbangan Anda tidak hanya awet secara fisik, tetapi juga keakuratan pengukuran yang tepat untuk menghasilkan berbagai hidangan lezat.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Gambar alat ukur berat. Cara menggunakan timbangan. Cara menggunakan timbangan kue. Cara menggunakan timbangan digital. Cara membaca timbangan kue. Fungsi timbangan. Macam macam alat pengukur berat.

Cara membaca timbangan. Cara menggunakan timbangan manual. Pengertian timbangan kue. Timbangan berat. Jenis jenis timbangan dan kegunaannya. Langkah langkah menggunakan timbangan. Petunjuk menggunakan timbangan kue.

Cara memakai timbangan. Jenis jenis timbangan berat. Pengertian timbangan. Jenis timbangan kue. Cara mengoperasikan timbangan digital. Macam macam alat ukur timbangan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.