Previous
Next

Kesehatan

Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan

 

Sering mual dipagi hari, kepala terasa berat atau badan rasanya kurang fit untuk beraktifitas? Bisa jadi Anda sedang hamil. Dan kondisi ini lazim disebut  morning sickness atau gejala mual (kadang disertai muntah) yang umumnya terjadi pada awal masa kehamilan, biasanya pada trisemester pertama. Kondisi ini umum dialami oleh lebih dari separuh wanita hamil penyebabnya adalah meningkatnya kadar hormon estrogen. Dengan keluhan seperti diatas, Anda dapat menyatakan diri Anda hamil, namun coba cek beberapa tanda kehamilan berikut, apakah ada beberapa diantaranya yang sedang Anda alami saat ini?

 

1.       Berhenti haid atau menstruasi

 

Ini terjadi pada bulan berjalan, saat Anda mulai merasakan tidak enak badan. Beberapa wanita, memang memiliki jadwal haid yang tidak teratur, namun, baik untuk diingat saat Anda mulai berhenti haid. Karena itu sebagai patokan untuk menghitung/mengetahui usia kehamilan dan perkiraan waktu persalinan Anda. Walaupun demikian, perlu di ketahui bahwa haid yang tidak tepat waktu bisa juga disebabkan oleh hal-hal lain. Ada baiknya konsultasi pada dokter/bidan untuk memastikan kondisi Anda.

 

2.       Mual atau disertai muntah

 

Seperti yang telah diungkapkan diatas, bahwa Mual muntah ini sering disebut sebagai “morning sickness” karena adanya peningkatan kadar hormon estrogen pada tubuh. Ini terjadi pada sebagian banyak wanita hamil, dan biasanya terjadi di pagi hari. Biasanya, kedua tanda ini mulai terasa pada usia kehamilan 2-8 minggu setelah pembuahan. Dan akan berhenti setelah memasuki bulan ke-4. Meski begitu, kondisi pada setiap ibu hamil tidak sama. Bahkan, ada beberapa yang mengalami muntah-muntah berat (hiperemesis gravidarum)
 

3.       Muncul flek dan kram


Flek atau bercak sering pula menjadi pertanda bagi kehamilan, munculnya flek berwarna pink atau lebih muda dari haid ini dikarenakan implantasi atau saat dimana embrio menempel di dinding uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari menyusul ovulasi, sedikit lebih awal dibanding datangnya waktu haid. Selain itu, flek seringpula dibarengi dengan Kram perut di awal kehamilan.

 

4.       Sering buang air kecil

 

Saat awal kehamilan, kondisi ini, akan sangat mungkin Anda alami, karena kandung kemih tertekan oleh rahim Anda yang mulai membesar. Keluhan buang air kecil ini biasanya akan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan akan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu atau saat sudah mendekati persalinan.

 

5.       Lelah berlebihan


Kelelahan, tubuh terasa berat dan tidak bergairah merupakan gejala yang umum terjadi pada usoa kehamilan 8 hingga 10 minggu pertama. Karena saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme yang signifikan. Seluruh bagian tubuh Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap proses baru, yaitu bertumbuhnya janin. Namun, untuk sebagian besar wanita, kondisi ini akan hilang saat memasuki usia 12 minggu kehamilan.

6.       Perubahan payudara


Wanita hamil, akan mengalami perubahan pada bagian payudaranya, diantaranya ukuran payudara yang membesar atau terasa bengkak, serupa dengan saat menjelang haid, perubahan areola (daerah gelap yang mengelilingi puting payudara) yang mulai menjadi lebih gelap dan diameternya membesar, atau  saat Anda meraba puting payudara Anda akan terasa lebih lembut dan berwarna gelap bahkan terkadang terasa sangat gatal dan sakit.

 

7.       Sembelit


Saat  buang air besar (BAB) Anda menjadi sulit dan tidak lancar? Tak perlu khawatir, karena ini lazim terjadi di awal kehamilan. Penyebabnya adalah hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan usus halus lebih lentur dan justru kurang efisien.

 

8.       Nafsu makan berkurang

 

Bisa disebabkan karena mual yang diderita ibu hamil

 

Selain itu, ada pula tanda-tanda yang berkaitan dengan kondisi dalam tubuh diantaranya;

 

1.       Naiknya temperatur basal tubuh


Saat Anda hamil, secara otomatis suhu basal tubuh meningkat, karena saat masa haid yang harusnya datang terlewat dan tidak turun ke level sebelum terjadi ovulasi. Dan saat basal tinggi, maka disitulah terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopii, dan membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, dimana ovum terbuahi akan menempel di dinding rahim.

 

2.       Rahim dan leher rahim melunak


Ini  terjadi sekitar usia kehamilan 2-8 minggu.

 

3.       Vaginal Discharge /Keputihan

 

Keputihan, bisa diartikan keluarnya cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal.
Memang biasanya wanita hamil mengalami keputihan ini, namun perlu perhatian khusus bila  keputihan terjadi perubahan warna , bau dan terjadi gatal2 atau rasa "burning", segera cek ke dokter.

 

4.        Insomnia


Kondisi sulit tidur sering pula dialami oleh wanita hamil

 

5.        Rahim membesar


Rahim membesar ditandai dengan membesarnya dinding perut luar, fase ini dimulai pada usia kehamilan 8-12 minggu. Perut Anda akan terlihat buncit.

6.       Kelainan di gigi dan rongga mulut.


Pada sebagian wanita, kehamilan akan berpengaruh pada kesehatan gigi. Umumnya akan timbul karies pada gigi, dan kerapuhan gigi.

 

7.       Gejala Influenza

 

Seperti Flu, batuk , pusing-pusing, migraen sampai hidung berdarah(mimisan) Jika gejala ini muncul, lakukan pengobatan secara alami untuk meredakannya, jangan panik dan buru-buru menelan obat. ini wajar pada wanita hamil dikarenakan turunnya daya tahan tubuh.
 

Setiap wanita memiliki tanda kehamilan yang sangat bervariasi. Sebagian mengalami kondisi yang berat namun tidak sedikit yang  bahkan tidak mempunyai keluhan sama sekali. Ada juga yang mengalami kondisi yang dinamakan ngidam atau keinginan tertentu dari wanita hamil biasanya menginginkan makanan-makanan atau hal lain dalam periode bulan –bulan pertama kehamilan. Nah, bila tanda tanda kehamilan diatas belum ada, dan Anda yakin bahwa Anda hamil, sebaiknya hubungi dokter/petugas medis setempat dan lakukan tes kehamilan. Pemeriksaan atau tes yang dapat dilakukan diantaranya :

 

·         Home pregnancy test

 

lazimnya dengan tes pack kehamilan yang bisa dibeli di apotek, tes ini dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan suami di rumah.

 

·         Pemeriksaan USG

 

Menggunakan sinar ultraviolet yang disambungkan dengan perangkat computer medis, ini dilakukan oleh tenaga medis professional.

 

·         Office pregnancy test

·         Pregnancy blood test

 

Test kehamilan dengan media darah calon ibu (wanita hamil)

 

·         Internal exam

 

Biasa disebut pemeriksaan panggul atau serviks.
 

 

 


 
 

 

Video

Video Perkembangan Janin dalam Rahim

Video berikut menampilkan Perkembangan Janin dalam Rahim secara runtut

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh keputihan tanda hamil. Keputihan tanda hamil. Keputihan tanda kehamilan. Tanda hamil keputihan. Keputihan di awal kehamilan. Http://carapedia.com/mengetahui_tanda_tanda_kehamilan_info858.html. Contoh flek tanda kehamilan.

Keputihan tanda awal kehamilan. Contoh gejala hamil 1 minggu. Keputihan awal kehamilan. Keputihan apakah tanda kehamilan. Contoh tanda tanda hamil muda. Apakah keputihan tanda kehamilan. Keputihan berlebihan apakah tanda hamil.

Payudara gatal tanda hamil. Contoh sakit perut tanda hamil. Keputihan diawal kehamilan. Apakah keputihan tanda hamil. Keputihan tanda awal hamil. Sakit gigi tanda hamil.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.