Previous
Next
  • Home
  • »
  • Bisnis
  • » Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat

Bisnis

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat

 

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sektor usaha mikro, kecil, dan menengah adalah penyelamat ekonomi negara yang sebenarnya. Saat terjadi krisis ekonomi dan perusahaan kolaps, mereka mampu menggerakkan perekonomian bangsa. Kendala umum para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah masalah permodalan. Masih banyak yang belum mengetahui cara mengajukan kredit UMKM ke perbankan. Ada beberapa banka pemerintah yang menyediakan fasilitas perkreditan UMKM, dikenal dengan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Kredit Usaha Rakyat ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Proses lebih cepat dengan persyaratan mudah
  • Suku bunga bersaing dengan jangka waktu hingga 5th
  • Plafond hingga maksimal 500 juta



Berikut ini adalah cara mengajukan kredit ke bank pemerintah untuk mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR):

  1. Usaha yang dijalankan memiliki pasar yang jelas dan memiliki prospek
  2. Melampirkan surat identitas diri (KTP, Surat Nikah, Kartu Keluarga)
  3. Melampirkan surat legalitas usaha (Surat Izin Usaha dari pemrintah setempat, NPWP, akta pendirian badan usaha, dan bukti lokasi usaha)
  4. Laporan keuangan 2 tahun terakhir sebagai sarana pihak bank memeriksa kesehatan keuangan usaha anda
  5. Jika bank meminta agunan dari anda, sertakan bukti kepemilikan barang yang diagunkan kepada bank
  6. Tidak sedang menikmati fasilitas serupa di bank lain


Ajukan semua syarat tersebut ke bank pemerintah yang menyediakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat. Kemudian tunggu pihak bank memproses apliaksi kredit kita. Biasanya tidak lama setelah aplikasi kita masuk dan memenuhi syarat, pihak bank akan segera melakukan survey lapangan dan kredit akan segera dikucurkan tidak lama setelah pengajuan kredit kita disetujui
 

Video

Video Iklan Kredit Usaha Rakyat

Video ini menayangkan salah satu iklan Kredit Usaha Rakyat versi pengrajin anyaman

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kur bri. Dana kur. Http://carapedia.com/mendapatkan_kredit_usaha_rakyat_info605.html. Kredit usaha rakyat bri. Kur bri 2014. Pinjaman bri untuk usaha. Bri kur.

Syarat pengajuan kredit usaha rakyat. Syarat kur bri 2014. Pinjaman kur bri. Cara mendapatkan kur. Dana kur bri. Kur bri tanpa agunan. Syarat kur bri.

Persyaratan kur. Kredit kur bri. Syarat pinjaman kur bri. Cara mendapatkan kredit usaha rakyat. Dana kur bank bri. Kuk bri.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (40)
14 Jul 2014 21:13
roy sumando
Apakah kita harus punya rumah sendiri baru bs mendapakan kur. Saya usha keliling yg sudah lama mengajukan pinjaman dan samapai sekarang belum bs mendapatkan pinjaman kur
14 Jul 2014 21:13
roy sumando
Apakah kita harus punya rumah sendiri baru bs mendapakan kur. Saya usha keliling yg sudah lama mengajukan pinjaman dan samapai sekarang belum bs mendapatkan pinjaman kur
14 Jul 2014 16:22
sanita
yang jelas saya sangat kecewa ternyata keluhan hampir sama dengan yang saya pikirkan..tolong kemudahan dan kebijaksanaan untuk calon debitur yg betul-betul baru mau membuka usaha seperti saya ini ..mungkin dengan syarat -syarat membuat proposal rencana usaha setelah itu pihak bank yang akan memantau dan membina..bukanya itu tugas komite KUR jangan hanya mensurvai..mencairkan ..lalu selesai asal pembayaran lancar...
10 Jul 2014 17:15
alvin
oya mas ini q kecewa barusan tgl10/07/2014 pelunasan Di bri KUR seharusnya sya senang bisa pelunasa e sebaliknya menyedihkan gimna tidk menyedihkan dulu waktu pencairan di bilangin ma petugasnya kl mau pelunasan sisa pokoknya berpa ?terus ditambah dgn 2 kali banyar bunga ?akantetapi barusan tadi pelunasan kok sebaliknya bayar 2kali pokok+bungga coba di alasisa kl seperti ini bnk bri kok kaya renterir merugikan nasabah kecil.mohon yg belm terlanjur pijam modal kridit di bri KUR dipelajari betul betul
20 May 2014 22:05
wahyu haq
Bank bri tu awalnya aja pelayanan nya bagus... ujung2nya calon nasabah yg mau ambil kredit kayak pengemis dibuatnya... saya sudah rasakan... terutama bank bri sudah 4 eks persyaratannya di pegang ma org bri... asli deh kecewa
15 Apr 2014 22:44
M.Rydho amrullah
Bleh tuh sy pinjam bt tambah modal warteg sy........
30 Mar 2014 08:40
ramlah hutabarat
Apabila lokasi tempat usaha yang kita pake itu tdk memiliki legalitas atw dokumen,atw sperti istilah di batam disebut Ruli,tp telah kita tempati atw jalankan 10 thun,apakah bisa mngajukan Kur,mohon informasinya
30 Mar 2014 08:40
ramlah hutabarat
Apabila lokasi tempat usaha yang kita pake itu tdk memiliki legalitas atw dokumen,atw sperti istilah di batam disebut Ruli,tp telah kita tempati atw jalankan 10 thun,apakah bisa mngajukan Kur,mohon informasinya
10 Mar 2014 15:34
WAWAN
mau pinjam harus punya jaminan sama aja boong, mau pinjem tu karna tidak punya modal malah suruh memakai jaminan, badan saya punya...... SAMA AJA BOONG KL BEGITU KL PUNYA YG BUAT JAMINAN MAH MENDING PAKE MODAL SENDIRI
20 Feb 2014 13:37
Mawar
sudah tiga hari ini bpk saya ga kerja.. karena di janjiin sama org BRI.kata mreka mau datang kerumah.tapi sampai detik ini batang hidungnya ga kelihatan. kalau emang ga bsa.. mbok ya di konfirmasi.ini di telpon juga ga diangkat..janji jam sekian mau datang.tapi ga ada..janji lagi jam sekian.ga ada juga. kalau org kaya ga kerja tiga hari.anak istri masih bisa makan.tapi kami seorang nelayan.sehari ga melaut.makan apa keluarga kami.. kalau saya sarankan.lebih baik kita ngajukan KTA di mandiri aja.proses cepat ga pakai ribet.jangan di BRI.. omong doang di situ
20 Feb 2014 13:37
Mawar
sudah tiga hari ini bpk saya ga kerja.. karena di janjiin sama org BRI.kata mreka mau datang kerumah.tapi sampai detik ini batang hidungnya ga kelihatan. kalau emang ga bsa.. mbok ya di konfirmasi.ini di telpon juga ga diangkat..janji jam sekian mau datang.tapi ga ada..janji lagi jam sekian.ga ada juga. kalau org kaya ga kerja tiga hari.anak istri masih bisa makan.tapi kami seorang nelayan.sehari ga melaut.makan apa keluarga kami.. kalau saya sarankan.lebih baik kita ngajukan KTA di mandiri aja.proses cepat ga pakai ribet.jangan di BRI.. omong doang di situ
08 Feb 2014 11:35
dimas
mungkin akan sama pula jika saya mengajukan KUR..tempat usaha saya bisa dipastikan strategis..blum ada kompetitor dilokasi saya..modal awal saya dr bantuan ortu..saya rasakan bagus labany sekelas usaha saya..saya technisi servis hp,sekaligus plus kelengkapan nya sebagai usaha seluler..apabila saya ajukan KUR,saya yakin proses nya akan berbelit belit& lama,bahkan mungkin tidak disetujui walaupun sya punya angunan sekalipun,..yg sya herankan,sebenar nya ada apa tentang progam2 pemerintah yg gembar gembor nya ditujukan untuk usaha kecil???
07 Feb 2014 15:17
Idha
Sy sdh punya usaha tp kata orng bank usaha sy tdk bisa untuk mengajukan bantuan dana kur,karna usaha sy bergerak di bidang penjualan pulsa tp sy bukan pengecer sy adalah agen Yg berbentuk server (operator pulsa) gimana sih sudah punya usaha tp tetap dipersulit...????
30 Jan 2014 01:27
jhon
saya ngajuin beserta anggunan sudah siap .. usaha saya layak .. tempat saya usaha pun tempat sendiri .. pertama saya ngajuin .. hampir 2 bulan .. udah di survei .. saya ajuin lagi di bank yg sama tp di tempat yg lain .. udah 3 minggu..ngk ada kabar .. keburu harga modal udah naik semua .. dan saya pun bangkrut baru salesnya mau survei
28 Jan 2014 23:36
hakiki
banyak usaha rakyat yang bisa di majukan tapi di mohonkan agar petani dan pekebun juga dapat kur.
28 Jan 2014 07:12
subaer
tpi mohon pemerintah mengawasi seluruh bank yang mengucurkan dana KUR jangan berbelit-belit dan menyusahkan masyarakat krn KUR adalah program pemerintah tpi biasanya pihak Bank yang menyusahkan, jadi pemerintah harus turun tangan dan terlbat dalam hal kemudahan kepada masyarakat yang bermohon, trmhkasih
25 Jan 2014 08:32
edi
Betul banget tuh, harus nya dana kur untuk orang yang baru buka usaha, bukan yang sudah ada usaha, bahkan usaha sudah 2 tahun, bagaimana orang mau buka usaha, dana saja tidak ada. yang sudah ada usaha malah di pinjamkan. yang belum malah tidak. salah kaprah.
24 Jan 2014 16:57
alfidoni
syaratnya seperti yg diatas... kenyataan dilapangan berbelit-belit..... kenapa sih Pak...Buk...?
23 Jan 2014 13:04
munif
Saya mau.buka usaha...bisa gak saya mengajukan KUR dan syarat nya jgn ribet....
23 Jan 2014 02:24
CHOLID
KUR ADALAH BUKAN PENYELAMAT MALAH SUSAHKAN RAKYAT CARA BRI PINJAMNYA SUSAH ARTINYA ORANG YANG BARU BUKA USAHA TIDAK BISA PINJAM MODAL HARUS 2 TAHUN SUPAYA MISKIN DAN SUSAH DULU BARU PINJAM. HARUSNYA KUR MEMBINA ORANG YANG MAU BUKA USAHA SUPAYA RAKYAT TIDAK MISKIN CUMAN PROMOSI BANYAK BOHONGNYA,
13 Jan 2014 17:17
ANDI SAPUTRA
Bagaimana saya ingin mempunyai modal untuk pertanian seperti tanam singkong jangka 10 bulan.dan pinjaman akan di bayar setengah untuk panen berikutnya akan di lunasi gi mana persyaratannya
08 Jan 2014 12:29
eko Prasetyo
saya hampir 1bulan pengajuan tp belum ada respon apa memang segitu lamanya prosesnya trimakasih
07 Jan 2014 08:41
Sofian Firmansyah
saya sudah baca semua syarat2 untuk pengajuan KUR...dari syarat2 yang ada saya belum semuanya punya..karena baru mau buka usaha ne...kalau seperti saya ini gmn cara nya yha untuk mendapat KUR??Tolong Penjelasannya Yha...Terima Kasih.
07 Jan 2014 08:41
Sofian Firmansyah
saya sudah baca semua syarat2 untuk pengajuan KUR...dari syarat2 yang ada saya belum semuanya punya..karena baru mau buka usaha ne...kalau seperti saya ini gmn cara nya yha untuk mendapat KUR??Tolong Penjelasannya Yha...Terima Kasih.
03 Jan 2014 15:02
sutrisman
saya buka usaha mable semulah dari sepotong demi sepotong kemudian bertambah menerima tempahan dari kantor-kantor tapi saya tak punya npwp dan siup saya hanya punya sepeda motor bagaimana saya mau pinjam modal, saya paling tdk bisa suap menyuap kata orang-orang kita harus kasih uang pelicin kepada tim surpe kalo gak pinjaman kita tidak bakal bisa keluar apa betul begitu pak ? mohon penjelasan.
24 Dec 2013 12:13
nining
gmn mau bk usaha mandiri,nkalau cara dapetin modalnya j susah banget..nribet dgn sgala persyaratan!!!n
13 Dec 2013 01:30
YUDA
Menambah kan Asumsi Teman2 smua..,sperti yang Kartika utarakan.., Bagaimana kalau wirausaha baru 5-8 bln berjalan dan memerlukan KUR guna penambahan Modal kerja dgn keterbatasan syarat2 permohonan Kredit yg di tentu kan pihak BANK tersebut....? >Mohon Pemjelasan guna kemudahan Kredit...> Tx....
13 Dec 2013 01:19
Kartika
Mohon maaf sebelum nya....! Saya perantau yg masih tinggal di rumah kontrak an, dan belum memiliki SIUP, apa bisa mendapat kan KUR dgn pekerja an di bidang Jual beli dan Jasa...? Tolong mohon penjelasan nya...! Trima kasih...
16 Nov 2013 10:47
cucun
Bagaimana kalo usaha baru di jalankan 3 bulan, apa bisa mendapatkan fasiltas pinjaman dari KUR. Terima kasih
13 Nov 2013 17:33
aji
Betul betul betul. Coba klo pmrth skrg buka kredit semacam Kredit Bimas spt zaman Pak Harto, petani merasa betul2 dibantu, tanpa jaminan, yg penting kredit cukup utk biaya musim tanam. habis panen bayar y beres. itu baru org kecil merasa ditolong dan dilindungi terutama klo puso.
28 Oct 2013 19:26
indri
Iyu bukan nya gampang syaratny.sama aja bikin pusing.bilang kur,usaha untk rakyat dr pemerintah tp kok pake jaminan bpkb dn sertifikat sgl.kalo yg ga punya bgmn!!
29 Sep 2013 19:09
bathok craft bantul
syarate gampang asal jelas usahanya ,punya jaminan bpkb ato sertifikat , sya sudah membuktikan, he he
29 Sep 2013 19:09
bathok craft bantul
syarate gampang asal jelas usahanya ,punya jaminan bpkb ato sertifikat , sya sudah membuktikan, he he
28 Sep 2013 01:11
HERMANTO
yang bisa mendapatkan dana KUR itu sepertinya orang-orang dalam pemerintahan saja yang mengerti seluk beluk bagaimana caranya duit pemerintah bisa keluar. kita orang2 yang kurang mampu dibuat alasan saja dibentuknya KUR. dengan persyaratan diatas pastinya berlaku untuk kalangan menengah bahkan menengah keatas. kita kalangan bawah hanya bisa mendengar saja. BIROKRASI DI NEGERI INI SEMAKIN MEMPERJELAS PERBEDAAN antara YANG BERKUASA dengan RAKYAT JELATA.
19 Sep 2013 18:47
For
Katanya mudaj, tp "NYEKIK" jg persyaratannya. Mana ada bikin SIUP gratis. Lagian org kecil sprti petani tuh ga kenal SIUP. Toh yg dipunyai paling sertifikat. Ribetlah
16 Sep 2013 07:50
sukoco putro
Bagaimana,cara mengajukan BRI kur...dan kapan batasan program ibi berakhir,,mohon jawabannya. ..
13 Sep 2013 14:56
fijar
coba pemerintahh membuatt kebijakan ke rakyat kecil ,, yg masih merintis usaha untuk meringankan hidupnya dengan persyaratan ktp , tempat usaha yg benar, kk, s nikah, pokoknya ngak harus pake siup dll , paling jaminann boleh lahh ,, masyarakat kecil akan merasa terbantu hidupnyaa ,,, pemerintah ada program balsem ,blt tapi ngak merata percumaaaaa..
28 Aug 2013 11:58
agen
bner..yg pny usha kcil it mzh sush,.blm pny prsyrtan yg hrz dpnuhn,.low usha dh gde npa mzti dituamakn,ushany aj dh lncar..
24 Aug 2013 10:24
ronggo
Iya,mo ngajukan kredit kok sulit ya,di.BRIn Unit jetis,kab bantul,ktanya kredit usaha rakyat lha nnnnnlnnnnBnnnn
20 Aug 2013 00:54
Febri syaputra
Katanya gampang,tapi kok banyak banget persyaratannya se..!!nKita ini pengusaha kecil buat nambah modal aja susah apa lagi untuk buat SIUP emang'y enggak pake duit gede tu..