Previous
Next

Kesehatan

Cara Mencegah Kurang Darah

 
 
 
 
 
Kurang darah atau anemia sebenarnya tidak bisa digolongkan sebagai sebuah penyakit. Namun, kurang darah bisa diindikasikan sebagai gejala dari sejumlah penyakit yang mengikutinya. Kurang darah dapat mengurangi produktivitas , menganggu kinerja, serta mengganggu penampilan kita sehari - hari. Terlebih bila kurang darah diidap oleh wanita hamil. Selain dapat mengganggu pertumbuhan janin juga bisa mempersulit proses persalinan karena dapat beresiko terjadi pendarahan.
 
Berikut ini adalah cara mencegah kurang darah:
  • Mengkonsumsi suplemen zat besi secara teratur
  • Banyak mengkonsumsi daging merah. Daging merah mengandung vitamin B12 yang dapat mencegah kurang darah
  • Untuk vegetarian, vitamin B12 bisa diperoleh dari susu kedelai, yoghurt, ekstrak ragi, dan sereal yang telah difortifikasi
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Seperti: kubis, ekstrak ragi, kacang-kacangan, jus jeruk, dan telur
  • Banyak mengkonsumsi buah yang dipercaya bisa mencegah kurang darah, seperti: anggur, mangga, melon, avokad, dan jeruk bali
  • Tidur minimal 8 jam sehari
  • Berolahraga secara teratur
 
Wanita paling rentan mengalami kurang darah. Hal ini disebabkan karena darah secara rutin terbuang oleh keluarnya darah haid. Wanita yang haidnya banyak serta mengalami cacingan dan wasir yang sering berdarah juga bisa dipastikan termasuk pengidap kurang darah. Oleh karena itu, dianjurkan kepada setiap wanita untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi serta berolahraga teratur untuk menghindari gejala kurang darah.
 
Idealnya, untuk mengetahui seseorang mengalami kekurangan zat besi atau kurang darah, kita harus melakukan screening zat besi di laboratorium. Langkah ini bisa diambil mulai anak umur 1 tahun. Walaupun masih terdapat pro dan kontra dimana screening zat besi dilakukan mulai bayi umur 4 bulan karena disinyalir jumlah kandungan zat besi pada ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi untuk bayi pada umur 4 bulan.  

Video

Video Gejala kurang darah

Dalam video ini akan diperlihatkan gejala serta ciri-ciri dari kurang darah

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pencegahan kurang darah. Mencegah kurang darah. Pencegah kurang darah. Ciri kurang darah. Ciri ciri kurang darah. Ciri anak kekurangan darah. Ciri anak 1 tahun kurang darah.

Http://carapedia.com/mencegah_kurang_darah_info2229.html. Alat untuk mengetaui kurang darah. Ciri ciri orang hamil kurang darah. Pencegahan kekurangan darah. Makanan pencegah kurang darah. Ciri ciri orang kekurangan darah dan cara pencegahanya. Gejala kurang darah harus makan apa ajh ia.

Ciri2 bayi kurang darah. Ciri bayi kurang darah. Cara terhindar dari kurang darah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.