Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Memperoleh SIUP

 

 

 

SIUP adalah surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa. SIUP diberikan kepada para pengusaha baik perorangan, Firma, CV, PT, Koperasi, BUMN, dan sebagainya.

SIUP dikeluarkan berdasarkan domisili pemilik atau penanggungjawabperusahaan. SIUP perusahaan kecil dan menengah diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat II atas nama menteri. Sedangkan SIUP perusahaan besar diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Daerah Tingkat I atas nama menteri.

Prosedur untuk memperoleh SIUP adalah sebagia berikut :


1. Pertama harus memiliki HO

2. Mengajukan permohonan ijin memiliki SIUP dengan mengisi Surat Permohonan Izin (SPI) pada kantor wilayah perindustrian dan perdagangan kabupaten/kotamadya setempat. SPI untuk masing-masing golongan usaha memiliki warna sendiri-sendiri, yaitu: putih (untuk jenis usaha kecil), biru (untuk jenis usaha menengah), dan kuning (untuk jenis usaha besar)

3. Melengkapi dokumen pendukung berupa :

  • pas foto pimpinan/pemilik ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar
  • fotocopy KTP pemilik
  • fotocopy akta pendirian / akta notaris
  • fotocopy HO tetap

4. Menyetorkan uang janiman (UJ) dan biaya administrasi (BAP) pada bank yang ditunjuk. Besar setoran menurut jenis usaha adalah sebaga berikut :

  • perusahaan kecil (modal dan kekayaan dibawah 25jt) : UJ = 5jt; BAP = 10jt
  • Perusahaan menengah (modal dan kekayaan (modal dan kekayaan antara 25jt - 100jt) : UJ = 5jt; BAP = 30jt
  • Perusahaan besar (modal dan kekayaan diatas 100jt) : UJ = 70jt; BAP = 60jt

5. Menyerahkan seluruh berkas SPI dan persyaratan lain sebagaimana telah disebutkan diatas kepada petugas. Biasanya dalam 7 hari setelah penyerahan, SIUP sudah dapat dimiliki dengan catatan bahwa saat petugas survey ke lapangan semua data telah sesuai dengan apa yang tertulis di SPI

6. SIUP berlaku selama perusahaan masih menjalankan usahanya.

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat siup. Cara mengurus siup. Cara buat siup. Cara bikin siup. Membuat siup. Prosedur pembuatan siup. Pembuatan siup.

Cara mendapatkan siup. Bikin siup. Cara pembuatan siup. Syarat pembuatan siup. Cara memperoleh siup. Syarat membuat siup. Siup dikeluarkan oleh.

Cara membuat siup perorangan. Prosedur pengurusan siup. Syarat siup. Mengurus siup. Buat siup. Siup perorangan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
28 Jan 2014 16:23
zaenal
HO itu singkatanya apa ?