Previous
Next

Mode / Fashion

Cara Memilih Jam yang Baik

 

Jam tangan yang berfungsi sebagai penunjuk waktu memang banyak ditemui di toko-toko, namun jika anda ingin membeli jam tangan yang awet dan tidak mudah rusak anda harus lebih dahulu mengenal jenis-jenis jam tangan serta istilah-istilahnya agar anda dapat mengambil keputusan yang tepat saat akan membeli jam tangan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Berikut ini beberapa macam jam tangan yang harus anda ketahui;

 

  1. Chronograph Watch

Jam tangan ini sering digunakan untuk mengukur waktu dalam acara perlombaan. Umumnya jam tangan chorongraph memiliki tiga tombol di bagian samping kanan. Tombol paling atas digunakan untuk mengukur detik yang dapat mengukur kecepatan sampai 1/100 (seperseratus) detik. Kemudian tombol tengah berfungsi untuk menyetel jam dan menit, sama seperti fungsi pada jam tangan biasa. Sedangkan tombol paling bawah berfungsi untuk menghentikan detik yang dinyalakan oleh tombol atas dan mebailkkannya ke posisi semula, yaitu di angka 12.

 

  1. Automatic Wacth

Dikenal juga dengan nama self winding watch, yaitu jam tangan mekanik yang tidak memerlukan baterai untuk sumber penggerak jam tersebut. Saat jam tersebut dikenakan, setiap gerakan si pemakai akan menggerakkan sebuah komponen bernama rotor (bentuknya seperti piringan) yang selalu berputar pada sumbuk aksis. Rotor tersebut akan menghasilkan energy yang kemudian disalurkan pada per untuk menyimpan tenaga, sehingga jam tangan tersebut akan selalu bekerja selama masih dikenakan. Apabila jam tangan automatic dilepas, jam ini masih tetap hidup sampai tenaga yang disimpan pada per tadi habis.

 

  1. Analog Watch

Jam tangan analog adalah jam tangan yang mempunyai tiga jarum penunjuk waktu yaitu jarum pangan untuk jam, jaru pendek untuk menit, dan jarum tipis untuk detik.

 

  1. Digital Watch

Jam tangan jenis digital adalah jam tangan yang menunjukkan waktu dengan angka digital yang menggunakan system LCD (Liquid Crystal Display).

 

  1. Ana-Dig

ni adalah singkatan dari Analog Digital dimana jam tangan tersebut memiliki penunjuk waktu baik secara analog maupun secara digital.

 

  1. Water Reistant Watch

Jam tangan ini memiliki ketahanana tertentu di dalam air. Tentunya setiap jam tangan water resistant memiliki batas ketahanan terhadap air yang berbeda-beda. Anda bisa melihatnya pada buku pedoman atau biasanya juga tertulis pada dinding sebelah dalam dari jam tangan tersebut.

 

  1. Quartz Watch

Jam tangan ini menggunakan mekanisme quartz, yaitu sejenis Kristal quartz yang berfungsi sebagai sumber energi jam tersebut. Keunggulan jam tangan quartz adalah dapat menunjuk waktu dengan akurat dan harganya sangat terjangkau.

 

  1. Sport Watch

Jam tangan sport biasanya dirancang untuk keperluan berbeda-beda. Misalnya jenis diver yang dirancang khusus untuk digunakan oleh penyelam. Contoh jam tangan diver adalah CX Swiss Military 20.000 Feet Diver yang pernah kami ulas sebelumnya. Atau jam tangan untuk pilot yang memiliki penunjuk waktu untuk banyak negara.

 

  1. Luxury Watch

Merupakan jam tangan eksklusif yang dibuat dengan material berkualitas tinggi seperti emas, platinum, berlian, dan batu berharga lainnya. Untuk mengimbangi tampilan luar, biasanya jam tangan ini juga menggunakan mesin yang rumit dengan ratusan sparepart kecil (contohnya: mesin tourbillon) agar dapat memuaskan konsumennya yang merupakan golongan menengah ke atas.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Jam tangan. Jam tangan paling bagus. Arti chronograph. Fungsi chronograph. Apa itu chronograph. Fungsi chrono di arloji. Jam paling bagus.

Chronograph artinya. Cara memilih jam tangan yang bagus. Maksud chronograph. Fungsi chrono. Jam tangan paling kuat. Macam jam tangan. Arti chronograph pada jam tangan.

Jenis jam tangan. Fungsi chronograph pada jam tangan. Cara menggunakan chronograph. Jenis jam tangan yang bagus. Cara memilih arloji digital. Apakah jam chronograph itu kuat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.