Previous
Next

Resep Masakan

Cara Memasak Nasi Yang Pulen

 

 

Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang mengandung karbohidrat tinggi. Walaupun saat ini mulai banyak masyarakat yang beralih ke sumber karbohidrat lain dengan alasan pertimbangan kesehatan, namun nasi tetap menjadi pilihan utama makanan pokok masyarakat Indonesia.

Di pasaran banyak dijual berbagai macam beras. Secara umum beras dibedakan antara beras pulen, sedang, dan pera. Hasil masakan dari beras pulen adalah empuk , agak lengket, dan gurih. Sebaliknya nasi pera rasanya lebih hambar dan keras.
 
Terkadang kita sering dibuat jegkel dengan nasi yang kita masak karena cepat basi dan cepat menguning walaupun kita sudah menggunakan beras jenis pulen sekalipun.

Berikut ini akan dijelaskan beberap tips dan cara memasak beras agar menghasilkan nasi yang pulen, enak, tidak cepat basi dan tidak cepat menguning :

  • Masukkan 2-3 lembar daun pandan saat akan memasak nasi
  • Perciki tempat memasak nasi dengan sedikit air jeruk nipis.
  • Gunakan air secukupnya saat memasak nasi.
  • Khusus untuk beras pera, saat memasak gunakan air sekitar 2-2,5 kali air yang dibutuhkan untuk memasak beras pulen.
  • Campurkan bubuk agar-agar warna putih ke dalam beras pera dengan perbandingan 1 liter beras membutuhkan 1/2 bungkus agar-agar putih sehingga hasilnya bisa lebih pulen.
  • Saat membeli beras, diusahakan membeli jenis beras yang memang sudah kita kenal jadi kita bisa tahu berapa air yang digunakan untuk memasak.
  • Pilihlah beras yang masih baru saat kita membeli beras. Ciri beras yang amsih baru adalah warnanya putih bersih, baunya harum, dan bentuknya panjang. Tidak banyak yang patah.
  • Bila kita menggunakan magic com untuk memasak nasi, kita bisa langsung mencabut kabel colokan saat nasi sudah matang, kita buka tutup magic com dan tunggu sampai uapnya habis baru kemudian kita tutup dengan serbet bersih. Cara ini bisa megurangi resiko nasi cepat menguning, berair dan cepat basi.
     

Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah karena beras merah mempunyai kandungan serat dan gizi yang jauh lebih tinggi bila dibanding dengan beras putih. Namun adakalanya kita malas menyantap beras merah atau bahkan memasak beras merah karena rasa dari beras merah yang pera. Walaupun sebenarnya dengan penanganan dan cara memasak yang benar kita juga bisa menikmati beras merah yang tidak kalah pulen dengan beras putih.

Berikut ini adalah cara memasak beras merah supaya hasinya pulen :

 

Bahan:

  • 300 gr beras merah, rendam 1 jam, tiriskan
  • 100 gr beras putih
  • 650 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Memasak :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker/magic com, kemudian masak seperti biasa hingga matang
  2. Apabila memasak menggunakan panci, maka masukkan semua bahan ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga air meresap ke dalam nasi. Matikan api dan biarkan hingga aronan nasi benar-benar menyerap air. Baru kemudian dikukus selama 30 menit sampai nasi benar-benar matang. Biasanya hasil nasi yang dimasak dengan cara di aron lebih enak bila dibanding dengan nasi yang dimasak menggunakan rice cooker / magic com.

 

Video

Video Cara Memasak Nasi Goreng

Dalam Video ini akan menunjukkan cara membuat nasi goreng yang mudah dan praktis ala anak kost

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara memasak nasi. Http://carapedia.com/memasak_nasi_pulen_info265.html. Cara memasak nasi yang enak. Cara memasak nasi yg enak. Cara masak nasi. Cara membuat nasi. Tips memasak nasi.

Cara masak nasi yang enak. Cara menanak nasi. Cara memasak nasi yang benar. Cara memasak beras merah dengan magic com. Cara menanak nasi yang enak. Cara memasak nasi dengan magic com. Nasi pulen.

Cara memasak beras. Tips masak nasi. Cara memasak nasi enak. Beras pulen. Resep nasi pulen. Cara menanak nasi dengan magic com.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.