Previous
Next

Kesehatan

Macam-macam Sakit Dada

 

 

Memiliki masalah dengan dada, tentu sangat mengganggu. Karena, dada adalah pusat pernafasan yang berarti area paling penting untuk hidup manusia. Ada berbagai gangguan yang seringkali menghampiri daerah dada ini, diantaranya rasa sesak, nyeri atau ngilu. Sebab gangguan tersebut, tentunya beragam. Namun, yang perlu diketahui dan diwaspadai adalah, penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kesehatan dada kita. Apa saja jenis penyakit tersebut?

 

1.Asma

 

Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu..

 

Penyebab & Gejala Asma


 

Penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti. Hanya yang dapat disimpulkan adalah saluran pernapasan penderita asma memiliki sifat yang khusus yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), udara dingin, hewan berbulu, tekanan jiwa, aroma menyengat (misalnya;parfum) bahkan olahraga juga makanan.

 

Gejala

 

·         Saat mengeluarkan nafasakan berbunyi (biasa dikatakan mengi/bengek)

·         Nafas terasa sesak

·         Batuk-batuk berkepanjangan saat cuaca dingin, atau pada malam hari

·         Dada terasa sempit

 

Gejala (pada  usia anak-anak)

 

·         Rasa gatal dirongga dada atau leher

·         Kecemasan yang berlebihan

·         Keluar banyak keringat.

 

Mengatasi Asma


Asma merupakan penyakit yang akut, atau timbul tenggelam, artinya aka nada keadaan dimana penyakit itu datang dan hilang/mereda. Untuk itu, dalam pengobatan asma, diperuntukkan sebagai tindakan mengatasi serangan yang timbul yang mana disesuaikan dengan tingkat keparahan dari tanda dan gejala itu sendiri. Obat-obatan yang bisa diberikan berupa suntikan (Hydrocortisone), syrup ventolin (Salbutamol) atau nebulizer (gas salbutamol) untuk membantu melonggarkan saluran pernafasan. Yang umum disarankan oleh dokter adalah menyediakan/menyimpan obat hirup (Ventolin Inhaler) dimanapun mereka berada yang dapat membantu melonggarkan saluran pernafasan saat serangan terjadi.

 

2.Hepatitis

 

Yang dikatakan hepatitis adalah kondisi peradangan pada hati karena racun, Bisa berasal dari bahan kimia, obat ataupun hal-hal penyebab infeksi. Hepatitis dapat diklasifikasikan berdasarkan virus yang menyerangnya, yaitu virus hepatitis A, B, C, D atau E. Namun, disamping karena virus, hepatitis juga bisa menjangkit karena factor non virus contohnya, karena rokok, alkohol dan obat-obatan. Rusaknya fungsi hati (liver) ini dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

 

 Gejala Hipatitis

·         rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan

·         badan lemas, mual

·         demam dan diare

·         sakit kuning yang ditandai kulit dan mata yang terlihat kuning

 

Harus diwaspadai, virus hepatitis dapat berpindah (menular) dari seorang penderita pada orang dengan kondisi sehat.  Ditentukan oleh kekebalan tubuh seseorang, jika sedang lemah, virus akan dengan mudah menjangkit. 

Mengatasi Hepatitis

Untuk mengatasi hepatitis, perlu segera dilakukan perawatan dini agar penderita dapat lebih mudah disembuhkan. Karena jika lambat ditangani, virus akan menjangkit semakin cepat dan kuat hingga  merusak hati dan bahkan menjadikan kanker. Pengobatan yang dilakukan, meliputi;

 

·         Vaksinasi. Diberikan  agar seseorang mendapatkan antibodi dari virus hepatitis

·         Konsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup

·         Melakukan pencangkokkan hati (jika kondisi hati sudah rusak parah)

 

 

3.Hipertensi

 

Yang dikatakan hipertensi adalah kondisi di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Hipertensi (Tekanan darah yang selalu tinggi) merupakan salah satu faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan merupakan penyebab utama gagal jantung. Pemicu gejala ini adalah kegemukan (obesitas), malas berolah raga (kurang aktifitas), stres, alkohol atau konsumsi garam yang berlebih.

Penyebab Hipertensi

 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat Anda kendalikan. Ada juga yang dapat Anda kendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi. Beberapa faktor tersebut antara lain:

 

·         Keturunan

·         Usia

·         Garam dan kolesterol

·         Stress

·         Rokok, kafein juga alcohol

·         Kurang olahraga/minim aktifitas

Mengatasi Hipertensi

·         Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Dan pebanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium, kalsium dan serat, seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.

·         Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol.

·         Olahraga teratur. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang dapat Anda pilih, lakukan rutin 3 kali seminggu. Olahraga juga dapat membantu mengatasi stress.

 

·         Berhenti merokok .

 

 

4.ISPA

 

Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau biasa disebut ISPA adalah infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan, hidung, sinus, faring, atau laring. Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur.

 

Gejala ISPA

 

Pada usia 2 bulan sampai 5 tahun

 

·         Terjadi gangguan saat  minum

·         Kejang,  kesadaran menurun

·         Gizi buruk (berat badan dibawah normal)  

 

Pada usia kurang dari 2 bulan, gejala hampir sama dengan golongan usia 2 bulan – 5 tahun, namun disertai dengan  wheezing (nafas berbunyi), demam dan dingin

 

Mengatasi ISPA

 

·         Memberikan parasetamol atau dengan kompres untuk menurunkan demam

·         Untuk mengurangi batuk, berikan obat herbal yaitu ½ sendok teh perasan jeruk nipis dicampur dengan ½ sendok madu

·         Berikan minum dengan frekuensi yang lebih sering

·         Tidak dianjurkan mengenakan pakaian atau selimut yang terlalu tebal dan rapat, lebih-lebih pada anak dengan demam.

·         Menjaga keadaan gizi agar tetap baik.

·         Immunisasi.

·         Menjaga kebersihan prorangan dan lingkungan.

·         Hindarkan anak dengan penderita ISPA

 

 

Video

Video Penyebab Sakit Dada

Video berikut menggambarkan hal-hal penyebab penyakit yang berkaitan dengan dada

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Dada sesak. Sakit dada. Dada terasa sesak. Dada sakit. Penyebab dada sesak. Http://carapedia.com/macam_macam_sakit_dada_info2030.html. Sesak dada.

Sesak di dada. Penyebab dada terasa sesak. Dada terasa sakit. Dada sesak kenapa. Penyakit dada. Dada sering sesak. Penyebab dada sakit.

Sakit di dada. Kenapa dada terasa sesak. Penyebab sesak dada. Penyakit sesak di dada. Dada sesek. Kenapa dada sering sesak.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (13)
02 Aug 2014 13:04
putri ria anggraini
saya mau tanya dok.dada saya terasa sakit di saat saya sedih dan nangis,,dan sering terasa sakit secara tiba-tiba????
26 Apr 2014 21:50
rindhy fajar
saya mau tanya dok. dada saya terasa sakit kalo kambuh, disertai sesak nafas. namun kalo nafas langsung di hembuskan lagi terasa nyeri banget di dada. sebenarny itu penyakit ap ya dok????
31 Mar 2014 00:06
sani sitorus
Saya mau tany dada saya sering sakit dan bagian atas perut saya juga sering sakit, penyakit ap sihhh it dok???
20 Mar 2014 17:53
lena
saya mau tanya,suami saya belakangan ini kalau batuk sering mengeluarkn darah dan dada sebelah kanannya sakit.kira-kira knapa ya dok dan jg ada benjolan di perut kanannya.gimana ya dok cara mengatasinya krna tuk ke dokter dia gk pernah mau. makasih dok
06 Mar 2014 16:38
ratnadeli,bandung cibaduyut.
Ada pembengkaan didada sebelah kiri,bengkaknya bergulir kalo dipegang.
06 Mar 2014 16:35
ratnadeli
Dada. Saya sering terasa sakit atau nyeri.
30 Jan 2014 10:45
wargatuban
sangat membantu bagi para penderita
30 Jan 2014 10:45
wargatuban
sangat membantu bagi para penderita
18 Nov 2013 03:21
jalal
Dada saya sering sakit jika trkna senduhan sedikt saja! Knapa itu sebab'a?
14 Nov 2013 19:16
dr. Faisal
Untuk konsultasi mengenai gejala atau sakit bagian dada silahkan saudara bisa SMS dr. Tatang Taodik specialis Jantung, 089699028666
26 Sep 2013 09:02
dodi
bu kalau dada kanan sakit jika di gerakkan apa ya penyebabnya trims
24 Apr 2013 20:42
yadi
klau kdinginan dan lngsng skit dada itu pnyakit pa? dan obtny pa?n
 
admin
Sebaiknya di konsultasikan ke dokter saja untuk lebih jelasnya.
19 Apr 2013 02:09
Dimas
Permisi, saya mau nanya ni.nKenapa yea sesering gitu di dada saya merasa sakit nyeri. Kayak di tusuk jarum hingga bernafas pun susah, . Dan juga di bagian dada kiri saya ini terasa sakit yang amat sakit.nTolong penjelasan dan solusinya.nTerima kasih
 
admin
Sebaiknya di konsultasikan ke dokter saja.