Previous
Next

Laporan

Contoh Laporan Prakerin

 

 
 
 
 
Prakerin atau Praktek Kerja Industri saat ini banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah kejuruan. Tujuan utama dari Prakerin adalah untuk memperkenalkan siswa kepada dunia industri yang sesungguhnya sehingga para siswa tidak hanya mengenak dunia industri secara teori tetapi juga menguasi secara praktik. Setelah mengikuti Prakerin, biasanya siswa akan membuat laporan yang berisi tentang segalam kegiatan siswa selama mengikuti Prakerin. Berikut ini adalah contoh laporan prakerin:
 
BAB I
PENDAHULUAN
 
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
NANINO BAKERY merupakan salah satu toko kue terkemuka di Semarang yang telah berdiri sejak tahun 1988. NANINO BAKERY yang berlokasi di Jl. Thamrin No 40 A Semarang ini termasuk toko kue yang berkomitmen untuk tetap menjual berbagai macam roti dan kue tradisional sepeti jajanan pasar, oetbinjoek, dll. Berbagai rintangan dalam menjalani usaha bakery ini telah dialami NANINO BAKERY. Dengan mempertahankan kualitas bahan dan rasa membuat NANINO masih tetap eksis di era persaingan dunia bakery saat ini. Walaupun tidak sedikit bakery-bakery baru yang bermunculan, NANINO BAKERY masih tetap memiliki pelanggan setia. Saat ini NANINO BAKERY telah memiliki 50 orang karyawan mulai dari bagian produksi sampai di bagian penjualan. Dengan omset per bulan mencapai 50 Juta, NANINO BAKERY tidak bisa dipandang sebelah mata. 
 
TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN
Melalui kegiatan Prakerin ini diharapkan siswa:
  • Dapat mengetahui proses pembuatan cake serta jajan pasar tradisional
  • Dapat mengetahui pengelolaan manajemen sebuah bakery
  • Terjun langsung ke dunia usaha bakery sehingga tidak kikuk saat harus berhadapan dengan dunia kerja yang sesungguhnya
  • Dapat mempraktekkan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah secara langsung saat pelasanaa Prakerin
  • Menjadi tenaga kerja yang handal setelah lulus nanti
  • Mampu membuka lapangan kerja dengan memiliki usaha sendiri di bidang bakery
 
 
BAB II
PROSES PELAKSANAAN
 
Prakerin ini dilaksanakan selama 1 bulan. Dimulai pada tanggal 1 Maret 2011 sampai dengan 1 April 2011. Adapun hal yang dipelajari selama proses pelaksanaan Prakerin adalah sebagai berikut:
Tanggal 1 Maret 2011 s.d 7 Maret 2011:
Pengenalan lapangan, pengenalan alat, pengenalan bahan, pengenalan produk, serta sosialisasi peraturan kerja perusahaan
 
# 8 Maret 2011 s.d 15 Maret 2011
Praktek proses produksi  dengan didampingi 1 karyawan NANINO BAKERY dan pengenalan cara pengelolaan manajemen termasuk proses pembukuan transaksi harian
 
# 16 Maret 2011 s.d 23 Maret 2011
Terjun langsung dalam proses penjualan dengan didampingi 1 karyawan NANINO BAKERY
 
# 23 Maret 2011 s.d 1 April 2011
Terjun langsung di proses produksi, pengelolaan manajemen serta proses penjualan secara mandiri
 
 
BAB III PENUTUP
Praktek secara langsung di dunia kerja memang tidak semudah teori yang didapat di bangku sekolah. Namun berkat tanggapan yang baik dari pihak NANINO BAKERY yang dengan secara total bersedia menularkan banyak ilmu mengenai dunia bakery membuat kesulitan-kesulitan selama praktek di lapangan bisa dengan mudah diatasi. Kegiatan Prakerin ini sangat bermanfaat bagi siswa di Sekolah Kejuruan yang memang dipersiapkan untuk terjun langsung di dunia usaha selepas lulus dari sekolah. Karena dengan diadakannya Prakerin membuat pengetahuan siswa menjadi bertambah dan menjadi semakin siap menghadapi persaingan kerja di bidang Bakery.
Akhir kata, dengan mengucap syukur kepada Tuhan YME kami bisa menyelesaikan Prakerin sesuai dengan jadwal tanpa menemui hambatan yang berarti. Tidak lupa kam i ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua jajaran NANINO BAKERY yang telah menerima kami dengan tangan terbuka dan mengajari kami banyak hal. Kami yakin apa yang telah kami dapatkan selama Prakerin di NANINO BAKERY akan sangat berguna bagi masa depan kami kelak.
Demikian Laporan Prakerin ini kami buat, semoga bermanfaat bagi banyak pihak.
 
 
Semarang, 4 April 2011
 
                         Peserta Prakerin                                                                                                                         NANINO BAKERY
 
 
 
 
     YUNNI ARETA                     DETA RIHANUN                                                                                                 NY. ANNE LIAUW
NIS: 2345.789.00.981         NIS: 2345.798.00.986                                                                                     OWNER NANINO BAKERY

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh deskripsi kegiatan prakerin. Contoh sistem penulisan prakerin patiseri. Contoh laporan pkl bagian produksi. Penjelasan kegiatan jika pkl di pabrik roti. Contoh laporan magang di toko roti. Contoh laporan keuangan bakery. Contoh proposal magang di pertokoan.

Laporan manajemen pemasaran ditoko roti. Contoh proposal kegiatan magang ditoko. Contoh laporan pkl yang ada hal hal yang di pelajari. Contoh laporan magang bekri. Laporan prakerin fashion. Contoh laporan hasil akhir prakerin. Hal hal yang di pelajari prakerin.

Hal hal yang dipelajarin prakerin. Contoh proposal hasil pkl pembuatan roti di pabrik roti. Contoh proposal hasil pkl di pabrik roti. Hal hal yang dipelajari saat prakerin. Contoh laporan sesudag magang dibakery. Contoh laporan pkl industri roti.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.