Previous
Next

Dunia Kerja

Langkah-Langkah Menghemat Kertas Di Kantor

 

Jika Anda bekerja di kantor, ada kemungkinan bahwa Anda memakai terlalu banyak kertas tiap bulannya. Dokumen, surat perjanjian, surat kontrak, laporan, arsip, dan lainnya merupakan kebutuhan kantor yang bisa menghabiskan banyak kertas tiap harinya. Hasil riset terbaru menunjukkan bahwa orang Amerika Serikat menggunakan sekitar 4 juta ton kertas fotokopi per tahunnya, sebagian besar digunakan untuk keperluan kantor.

 

Sedangkan seorang pekerja kantor di Amerika Serikat rata-rata menggunakan 10.000 lembar kertas setiap tahunnya. Bisa jadi Anda dan orang di kantor Anda juga berada di angka yang tidak jauh berbeda. Sementara dunia sedang gencar menggalakkan preventif terhadap dampak global warming, jangan sampai kebutuhan pekerjaan Anda malah menjadi hal yang kontradiktif. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat perubahan sederhana mulai sekarang.

 

Langkah 1

Kurangi jumlah kertas cetak di kantor. Anda bisa mengusulkan untuk membuat kesepakatan bahwa karyawan harus mencetak pekerjaan di kedua sisi halaman kertasnya, setidaknya mulai dari dokumen internal kantor. 

 

Langkah 2

Kemudian, atur komputer dan printer pada moda double sided print. Format fail ketika akan mencetak di kertas, gunakan font yang kecil dan margin yang sempit. Buat tulisan Anda lebih ringkas untuk menghemat space di kertas yang akan dicetak. 

 

Langkah 3

Kurangi jumlah stok kertas di kantor Anda, terutama untuk surat dari dan ke kantor Anda. Anda bisa mencetak nama langsung pada amplop jika ingin mengirim surat pada klien, daripada menggunakan pelabelan yang harus melakukan dua kali kerja.

 

Langkah 4

Sebisa mungkin pakai kembali kertas yang sudah dicetak di kantor. Sediakan tray atau tempat khusus untuk mengumpulkan kertas bekas di kantor. Kumpulkan dan bagi kertas menjadi dua, yang tercetak di kedua halaman dan yang tercetak hanya satu halaman. 

 

Langkah 5

Buat kebijakan eksplisit di kantor untuk membeli kertas dengan presentase konten daur ulang tinggi. Badan Pertahanan Sumber Daya Alam dunia menyarankan bahwa sebaiknya kantor menggunakan kertas yang memiliki recycled content (bahan daur ulang) minimal 30%.

 

Langkah 6

Berikan atau minta pendidikan/pelatihan untuk meningkatkan kesadaran karyawan mengenai pentingnya mengurangi penggunaan kertas di kantor Anda. Pasang pesan informatif mengenai manfaat penghematan sumber daya alam di dinding dekat printer, atau gunakan pesan informatif tersebut sebagai aksesoris atau hiasan interior kantor. 

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara hemat sumber daya alam di kantor. Penggunaan kertas di dunia kerja. Pengurangan penggunaan kertas di kantor. Memanfaatkan kertas bekas untuk pekerjaan kantor. Pemanfaatan kertas bekas di kantor. Penghematan kertas dikantor.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.