Previous
Next

Mode / Fashion

Kimono dan Yukata, Serupa Tapi Tak Sama

 

Di dalam tradisi budaya Jepang, kita mengenal dua macam pakaian tradisional Jepang yakni Kimono dan Yukata. Dua pakaian ini memiliki potongan lebar dengan tidak menunjukkan lekuk tubuh si pemakai seperti halnya pakaian tradisi Eropa. Namun ternyata meskipun dilihat sekilas sama Kimono dan Yukata memiliki beberapa perbedaan.

Dari sisi kain, Kimono terbuat dari kain sutra lembut, sedangkan yukata menggunakan kain katun. Itulah sebabnya saat pencucian kimono harus esktra hati-hati karena jika tidak kain akan cepat rusak dan tidak awet. Biasanya orang-orang Jepang mencucikan kimono ke tempat laundry khusus kimono untuk menjaga kain. Sedangkan yukata  bisa dicuci dengan mesin cuci atau cuci dengan tangan biasa.

Kimono Wanita

Penyimpanan kimono jika dilakukan dengan baik biasanya akan awet hingga beberapa generasi. Itulah sebabnya banyak orang Jepang memiliki tradisi memberikan warisan pakaian kimono dari generasi ke generasi selanjutnya.

Pemakaian yukata biasanya digunakan saat acara santai, perayaan festival, dan biasanya banyak orang menggunakan yukata pada musim panas karena kain katunnya membuat sejuk si pemakai. Namun yukata tidak cocok jika digunakan untuk musim dingin dan acara resmi.

Sedangkan kimono karena bahannya terbuat dari sutra maka bisa fleksibel digunakan di musim apa saja. Jika pada musim dingin, biasanya orang Jepang menambahkan lapisan khusus untuk menjaga tubuh tetap hangat. Pemakaian kimono hanya untuk acara resmi seperti jamuan pesta kenegaraan, upacara pernikahan, upacara keagamaan, perayaan kelulusan.

Pada segi pemakaian kaos kaki, kimono harus dilengkapi dengan aksesoris kaos kaki yang dipasangkan dengan sandal kayu khas jepang atau geta. Sedangkan yukata tidak perlu menggunakan kaos kaki  saat memakainya.

Yukata Wanita

Perempuan-perempuan Jepang biasanya menggunakan kimono dan yukata  dengan menambahkan obi. Obi yaitu lilitan kain panjang yang  dililitkan melingkar tubuh di bawah dada. Namun perbedaannya, obi pada kimono bentuknya lebih mewah dan ukurannya lebar. Biasanya dibagian belakang dibuat simpul  bentuk kupu-kupu. Ada pula yang memakai obi kimono dengan menambahkan bantal pada sisi belakang agar terlihat lebih anggun.

Obi pada yukata perempuan biasanya bentuk lebih sederhana dan hanya dibuat simpul pita,  selain itu mereka tidak membutuhkan bantal tambahan pada sisi belakang.

Kimono dan Yukata Pria

Pada pria Jepang, obi pada yukata lebih tipis dan dililitkan pada bagian pinggang. Pria Jepang yang menggunakan kimono pada acara formal memadukannya dengan bawahan hakama.

 

Video

Cara Memakai Kimono dan Yukata

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara bikin kimono pria. Cara membuat obi kimono. Cara membuat kimono. Cara menjahit kimono. Http://carapedia.com/kimono_yukata_serupa_tapi_tak_sama_info4298.html. Video cara pakai baju kimono. Membuat kimono.

Cara menjahit baju kimono. Foto 2 cewek menggunakan kimono. Jual yukata. Video baju kimono. Cara memakai kimono. Kain yang cocok untuk membuat yukata. Baju jepang yang di gunakan laki laki.

Video cara pakai yukata. Foto gadis hot kimono jepang. Cara menjahit baju kimono anak. Cara pakai baju yukata jepang. Juak baju kimono pria. Cara menjahit kimono versi gambar.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
13 Feb 2014 09:24
mawar
bgaimana cara membuat/menjahit kimono dan yukata ? arap balas