Previous
Next

Olahraga

Kiat Mengenalkan Olahraga Pada Anak

 

Siapa bilang gaya hidup sehat hanya milik orang dewasa? Anda tentu saja ingin mempunyai keluarga yang sehat. Anda juga pasti tidak mau memiliki anak atau keponakan yang mungkin bisa sering sakit karena jarang atau tidak mau berolahraga. Ngemil dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa jadi mengundang penyakit atau bahkan membuat anak obesitas. 

 

Anda bisa menjadikan penerus keluarga Anda (baca : anak-anak) untuk tumbuh sehat dan kuat dengan mengenalkan olahraga atau aktifitas di luar ruangan sejak dini. Bagaimana caranya? Berikut tips untuk Anda dalam mengenalkan olahraga pada anak. Better to have healthy habit than nothing, right? Selamat mencoba.

 

1. Beri contoh pada anak Anda

Hal ini tentunya menjadi aturan dasar bagi Anda yang ingin mengenalkan olahraga pada anak. Anda tidak bisa melarang anak untuk ngemil atau mengonsumsi makanan tidak sehat sementara Anda masih melakukannya. Sama dengan olahraga, Anda tidak bisa meminta anak Anda untuk berolahraga jika tidak memberikan contoh pada mereka.

 

Tunjukkan pada anak Anda apa yang dimaksud gaya hidup sehat dengan memberi contoh perilaku Anda. Anak akan lebih banyak meniru lingkaran terdekatnya, yaitu Anda. Ajak si kecil untuk berolahraga bersama, misalnya jalan sehat, bermain bulutangkis, berenang, atau bersepeda.

 

2. Ajarkan pola hidup sehat

Aktifitas anak untuk melakukan pola hidup harus juga dibarengi dengan pengetahuan. Ajarkan pada anak apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat, dari makanan hingga aktifitas. Misalnya, Anda bisa mengajarkan pada anak mengenai pengetahuan buruknya junk food pada tubuh atau juga ajarkan bagaimana olahraga bisa membuat tubuh semakin kuat, sehat, serta bagus untuk pertumbuhan. Mengingat tidak banyak orangtua yang mengajarkan pengetahuan pola hidup sehat pada anaknya, bukan berarti Anda juga tidak bisa. 

 

3. Ajak anak melakukan pekerjaan rumah

Pekerjaan rumah tangga merupakan tanggung jawab penghuni rumah, bukan? Ajarkan hal tersebut pada anak untuk selalu rajin dan disiplin membersihkan rumah seperti menyapu lantai dan halaman, merapikan ruang bermain, atau mencuci sepeda mereka sendiri. Aktif berolahraga bisa dimulai dengan kebiasaan melakukan aktifitas fisik dengan mengerjakan hal yang kecil. Hal tersebut akan membuat anak tidak malas untuk bergerak dan berolahraga nantinya.

 

4. Dukung kegiatan olahraga anak di sekolah

Frekuensi kegiatan olahraga anak di sekolah memang tidak rutin, namun Anda tetap bisa mendukung kegiatan olahraga yang dilakukan anak agar tetap mau aktif berkegiatan di luar rumah. Misalnya datang ke pertandingan olahraga sekolah anak Anda, atau libatkan anak dalam kegiatan sekolah yang memerlukan kerja fisik seperti pramuka atau yang lainnya.

 

5. Bekali makanan sehat saat sekolah

Daripada memberi uang jajan dengan nominal besar pada si kecil, lebih baik Anda menggantinya dengan bekal makan siang yang sehat. Makanan atau jajanan di kantin sekolah belum tentu sehat, apalagi karena Anda tidak bisa selalu bersama si kecil setiap saat untuk mengawasinya. Pastikan menu makan siang Anda menarik dan disukai oleh anak Anda. Kreasikan bekal makan siang anak dengan mempraktikkan resep makanan yang bisa Anda dapatkan dari internet atau buku resep makanan. Namun jangan lupa untuk menanyakan pada anak tentang menu apa yang mereka inginkan.

 

6. Olahraga di luar rumah dan sekolah

Ajak dan ajarkan anak untuk tetap mau beraktifitas di luar rumah dan sekolah. Anak-anak disarankan untuk aktif berolahraga minimal tiga kali dalam satu minggu. Anda bisa mengisi kegiatan di luar sekolah dengan mengajaknya beraktifitas, misalnya mengajaknya berwisata atau mendaftarkan si kecil ke klub olahraga atau kursus alat musik. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah menanyakan kesukaan anak Anda, jangan pernah memaksakan kehendak pada anak untuk melakukan kegiatan yang tidak mereka sukai. 

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh gambar kerjasama di rumah. Gambar anak bekerjasama membersihkan rumah. Anak olahraga. Membersihkan halaman rumah bersama. Gambar membersihkan rumah bersama keluarga. Contoh perilaku malas olahraga. Bekal sehat anak paud.

Contoh gambar kerja sama dirumah. Kerjasama anak dalam menbersihkan rumah. Pengertian olah raga anak. Menu sehat anak sekolah. Cara mengenalkan anak pada olahraga. Kegiatan olah raga. Gambar kerjasama membersihkan rumah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.