Previous
Next

Daerah

Kesenian Wayang Golek

Wayang golek adalah pertunjukan wayang yang paling populer di Jawa Barat. Pertunjukan wayang golek adalah pertunjukan menggunakan boneka yang terbuat dari kayu. Boneka itu bentuknya menyerupai sosok manusia.


Ada 4 macam tokoh dalam wayang golek, yaitu tokoh Rahwana, dengan boneka memakai mahkota. Tokoh lain adalah Arjuna, yang menggambarkan pejuang sejati yang tampan dan gagah berani. Tokoh lainnya adalah Garuda Mungkur, yaitu muka garuda dengan lidahnya yang keluar. Selain itu juga ada tokoh Bineka Sari, yaitu pohon cemara yang disusun ke atas.


Pada pertunjukan wayang golek, biasanya terdiri dari dalang yang memainkan boneka/golek berdasarkan cerita, golek atau boneka yang berjumlah ratusan, serta nayaga, yaitu grup atau orang yang memainkan gamelan.


Pertunjukan wayang golek biasa dilakukan pada saat-saat tertentu, misalnya pada waktu acara pernikahan, khitanan, ataupun perayaan kemerdekaan. Waktu pertunjukannya bisa beberapa jam saja atau semalam suntuk.
 





Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Artikel kesenian. Pengertian wayang golek. Artikel tentang kesenian. Artikel kesenian daerah. Cara membuat wayang golek. Kesenian wayang golek. Cara memainkan wayang golek.

Definisi wayang golek. Contoh proposal kesenian daerah. Makalah wayang golek. Kesenian dan adat nusantara. Artikel wayang golek. Kliping kesenian. Artikel kesenian jawa.

Kliping wayang. Artikel tentang wayang golek. Cara pembuatan wayang golek. Kliping kesenian daerah. Contoh artikel kesenian daerah. Contoh kesenian daerah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.