Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Cara Kerja Diesel

 

 
 
 
 
Mesin diesel atau yang biasa disingkat dengan diesel adalah mesin kalor yang memiliki prinsip kerja dengan menggunakan siklus diesel. Cara kerja diesel adalah melalui 2 proses adiabatik, yaitu proses isobarik dan proses isokhorik. Perbedaan mendasar antara cara kerja mesin diesel dan mesin bensin adalah pada diesel bahan bakr disemprotkan ke ruang pembakaran melalui nozel injector sehingga ketika ruang pembakaran memiliki tekanan yangs angat besar akan cukup panas untuk menyalakan bahan bakar secara spontan.
 
Pada diesel, gas yang amsuk hanya merupakan udara biasa, bukan campuran antara bahan bakar dan udara sehingga proses isap dan proses buang tidak terjadi pada cara kerja diese. Udara yang masuk akan dimampatkan secara adiabatik sehingga suhunya menjadi cukup tinggi. Kemudian udara tersebut disatukan dengan minyak yang disemprotkan secara perlahn pada keadaan hampir isobar. Setelah itu, akan terjadi pembakaran dan piston bergerak. Cara kerja diesel yang singkat tersebut membuat mesin diesel lebih banyak menghasilkan tenaga.
 
Mesin diesel dibedakan menjadi 2, yaitu mesin diesel 4 tak dan mesin diesel 2 tak. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing cara kerja diesel pada mesin diesel 4 tak dan 2 tak:
 
# MESIN DIESEL 4 TAK
 
1. Langkah pertama, disebut dengan suction stroke.
 
 
 
Udara murni akan tersedot oleh piston yang bergeser ke bawah.
 
2. Langkah kedua, disebut juga dengan langkah kompresi
 
 
 
Piston akan memampatkan udara keatas dengan memanfaatkan kekuatan dari therby yang dilakukan oleh crankshaft
 
3. Langkah ketika, disebut juga dengan power stroke.
 
 
 
Pada bagian atas yang tertutup, udara dalam kondisi terkompresi scara maksimal. Tekanan dan suhu menjadi sangat tinggi. Kemudian pompa yang berwarna hitam menyuntikkan bahan bakar ke dalam udara yang panas. Sehingga pada suhu bahan bakar yang tinggi bisa menekan piston ke bawah. Proses ini dilakukan bersama dengan bagian crankshaft.
 
4. Langkah keempat, disebut juga dengan langka pembuangan
 
 
 
Gas yang dihasilkan dari proses pembakaran akan dikeluarkan dari silinder melalui katup kedua oleh piston yang kemudian akan bergerak keatas lagi
 
 
 
# MESIN DIESEL 2 TAK
 
 
 
1. Langkah 1A
Pada permulaan gerakan, piston akan bergerak keatas sedangkan LM dan LB dalam keadaan terbuka. Udara bertekanan dari karter akan masuk ke silinder dan meniup sisa gas pembakaran melalui LB.
 
2. Langkah 1B
Piston akan bergerak ke atas, LM dan LB dalam keadaan tertutup oleh dinding piston. Udara bersih yang berada dalam silinder akan dimampatkan. Kemudian bahan bakar disemprotkan dan akan terjadi ledakan.
 
3. Langkah 2A
Kemudian piston akan bergerak ke bawah dengan dorongan gas yang diledakkan
 
4. Langkah 2B
Pada bagian akhir gerakan, piston akan bergerak ke bawah dimana LB sudah terbuka sehingga gas hasil pembakaran mulai keluar karena efek dari aktifitas pemompaan.
 
 
 
 
 
 

Video

Video cara kerja diesel

Dalam video ini akan diperlihatkan cara kerja diesel

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara kerja mesin diesel. Animasi cara kerja mesin diesel. Pengertian mesin diesel. Cara kerja mesin. Gambar mesin diesel. Http://carapedia.com/kerja_diesel_info2560.html. Cara kerja mesin 2 tak.

Cara kerja mesin diesel 2 tak. Animasi piston bergerak. Gambar bergerak mesin 4 tak. Animasi mesin diesel. Animasi cara kerja mesin 4 tak. Prinsip kerja mesin 2 tak. Prinsip kerja mesin 4 tak dan 2 tak.

Gambar dan penjelasan tentang mesin diesel. Gambar langkah kerja mesin 4 tak. Jelaskan secara singkat cara kerja mesin diesel. Animasi piston bergerak gif. Motor diesel 2 tak. Video cara kerja mesin diesel.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (4)
23 Oct 2013 13:46
mustopa
te ngarti aing mahh !!!!!!!!!!!!!!!!!!
15 Oct 2013 23:40
Tara F
gan, itu yg prinsip kerja diesel 2 langkah bener dan sesuai dengan gambarnya?
30 Apr 2013 19:33
nurhan r
thanks ya :)
 
admin
Terima kasih, semoga bermanfaat.
23 Apr 2013 19:28
Ali
terimakasih :)
 
admin
Terima kasih. Semoga bermanfaat.