Previous
Next

Resep Masakan

Cara Membuat Kecap Ikan

Banyak orang mengira bahwa kecap ikan adalah kecap yang terbuat dari kacang kedelai yang kemudian ditambahkan sejumlah ekstrak daging ikan untuk mendapatkan aroma dan rasa ikan. Padahal yang sebenarnya terjadi tidak seperi itu. kecap ikan dibuat dari sari daging ikan yang sengaja dibuat khusus dari ikan dimana sari daging ini merupakan produk sampingan dari proses pengolahan ikan.

Harga kecap ikan yang lebih tinggi dari harga kecap kedelai karena proses pembuatan kecap ikan ini sendiri mebutuhkan waktu yang cukup lama. Pada dasarnya kita bisa menggunakan semua jenis ikan untuk membuat kecap ikan namun kadang untuk menghasilkan kecap ikan dengan aroma dan cita rasa yang khusus kita juga harus menggunakan ikan yang khusus juga.

Disini akan dijelaskan cara membuat kecap ikan dengan menggunakan cara tradisonal karena dinilai lebih sehat untuk konsumsi pribadi. walaupun saat ini telah ditemukan metode pembuatan kecap ikan dengan menggunakan enzim bromelain yang berasal dari ekstrak buah nanas dan berfungsi sebagai katalisator penguraian protein  sehingga proses pembuatan kecap ikan dapat selesai dalam 3 hari.

 



KECAP IKAN

Bahan:

  • ikan segar
  • Garam dapur

 

*Sengaja tidak diberi takaran pasti karena nanti pada saat praktek pembuatan kecap ikan baru diketahui berapa jumlah kebutuhan ikan dan garam dapur.



Cara membuat kecap ikan :

  1. Cuci bersih ikan, keluarkan isi perut dan kotoran ikan.
  2. Tata dan susun ikan yang telah dicuci bersih ke dalam gentong yang terbuat dari kayu yang mempunyai kran di bagian bawahnya (seperti gentong bir yang di luar negeri)
  3. Beri garam pada setiap lapisan ikan yang kita tata di dalam gentong kayu.
  4. Pemberian garam pada setiap lapisan tidak sama. Pada lapisan paling bawah, taburkan garam seberat 20% dari berat total ikan. Semakin ketas, jumlah garam yang ditaburkan semakin banyak sampai pada lapisan paling atas, kita taburkan garam dengan berat 30% dari berat total ikan.
  5. Taburkan garam setebal 1-2 cm pada permukaan lapisan ikan sampai ikan tidak terlihat lagi. Ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan lalat hinggap dan bertelur.
  6. Tutup permukaan atas ikan dengan anyaman bambu dan beri pemberat supaya penggancuran daging ikan bisa berlangsung lebih cepat.
  7. Biarkan selama 4 - 6 bulan.
  8. Setelah 4 - 6 bulan, buka sedikit kran gentong kayu supaya air endapan dari dalam gentong kayu keluar sedikit demi sedikit.
  9. Urutan cairan yang keluar akan berwarna kuning sampai coklat jernih. Ini merupakan kualitas kecap ikan nomer 1
  10. Jemur cairan yang ditampung tadi di bawah sinar matahari lagsung selama beberapa hari sampai kental
  11. Simpan di dalam tabung bambu selama beberapa hari
  12. Kecap ikan siap dimasukkan ke dalam botol untuk disimpan dan bisa dikonsumsi.
     

Video

Video Cara Membuat Kecap Kedelai

Dalam video ini akan menunjukkan cara membuat kecap kedelai untuk skala rumahan

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kecap ikan. Cara membuat kecap ikan. Cara membuat kecap. Pembuatan kecap ikan. Pembuatan kecap. Cara pembuatan kecap. Cara pembuatan kecap ikan.

Saus ikan korea. Resep kecap ikan. Harga kecap ikan. Proses pembuatan kecap ikan. Resep kecap. Membuat kecap. Gambar kecap ikan.

Membuat kecap ikan. Cara bikin kecap. Resep membuat kecap. Gambar kecap. Bioteknologi kecap. Cara membuat ikan kecap.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.