Previous
Next

Paragraf

Karangan Argumentasi Bahasa Indonesia

 

 
 
 
 
Karangan argumentasi adalah karangan yang memberikan alasan kuat dan meyakinkan mengenai suatu hal. Penalaran yang sehat dan didukung oleh penggunaan bahasa yang baik dan efektif sangat menunjang sebuah karangan argumentasi. Dasar karangan argumentasi bahasa Indonesia adalah berpikir kritis dan logis. Oleh karena itu, karangan argumentasi harus berdasarkan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Fakta - fakta tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber, antara lain: buku, majalah, surat kabar, angket, wawancara, penelitian, dan pengamatan langsung melalui observasi.
 
Hal - hal yang harus diperhatikan dalam membuat karangan argumentasi Bahasa Indonesia adalah: berfikir sehat-kritis-logis, mampu mencari-mengumpulkan-memilah fakta yang sesuai dengan tujuan dan topik serta mampu merangkaikan untuk membuktikan keyakinan atau pendapat, menjauhkan emosi dan unsur subjektif, mampu menggunakan bahasa secara baik-benar-efektif dan tidak menimbulkan salah penafsiran. 
 
Karangan argumentasi dapat dikembangkan dengan pola penalaran  sebab akibat, yaitu menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut. Karangan argumentasi bahasa Indonesia biasanya bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca meyakini kebenaran itu. Pembuktian dari karangan argumentasi bahasa Indonesia ini sudah pasti memerlukan data dan fakta yang meyakinkan. 
 
Pada dunia periklanan banyak menggunakan bahasa argumentasi dimana konsumen diajak untuk melihat keunggulan dari sebuah produk berdasarkan fakta penunjang yang diyakini bisa membuat konsumen tergerak untuk memutuskan membeli produk tersebut. Contoh karangan argumentasi bahasa Indonesia yang lain adalah skripsi serta karangan ilmiah yang lain. Sebuah karangan argumentasi dianggap memenuhi syarat bila didukung data serta fakta yang akurat sehingga apa yang disampaikan penulis dalam karanga argumentasi tersebut dapat meyakinkan orang yang membacanya 

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Karangan argumentasi bahasa indonesia. Paragraf argumentasi bahasa indonesia. Wacana argumentasi bahasa indonesia. Argumentasi bahasa jawa. Argumentasi bahasa indonesia. Wacana argumentasi bahasa jawa. Argumentasi basa jawa.

Cara membuat argumentasi. Karangan basa jawa. Tuladha argumentasi basa jawa. Contoh artikel bahasa indonesia. Karangan persuasi bahasa indonesia. Cerita argumentasi bahasa jawa. Karangan b.indonesia.

Contoh argumen bahasa indonesia. Artikel argumentasi bahasa jawa. Contoh wacana argumentasi dalam bahasa jawa. Contoh karanga argumentasi. Mengarang bahasa indonesia. Bahasa indonesia argumentasi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.