Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Jenis dan Macam - Macam Limbah

Umum

Jenis dan Macam - Macam Limbah

 

 
 
 
 
Di sekitar kita terdapat banyak sekali limbah baik yang kita sadari maupun tidak. Selain bertugas untuk mengendalikan jumlah limbah, sudah seharusnya bagi kita untuk mengurangi jumlah limbah dengan cara melakukan penanganan yang tepat. Untuk bisa melakukan penanganan limbah dengan tepat, kita harus mengenal dan mengetahui jenis dan macam - macam limbah. Dibawah ini adalah penjelasan tentang jenis dan macam - macam limbah berdasarkan karakteristiknya.
 
 
JENIS DAN MACAM - MACAM LIMBAH
 
1. LIMBAH PADAT
 
Limbah padat adalah sisa hasil kegiatan industri ataupun aktivitas domestik yang berbentuk padat.
Contoh dari limbah padat adalah: kertas, plastik, serbuk besi, serbuk kayu, kain, dll
Penanganan limbah padat bisa dibedakan dari kegunaan / fungsi limbah padat itu sendir. Ada limbah padat yang bisa didaur ulang / dimanfaatkan lagi, namun ada juga yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Untuk limbah padat yang tidak bsia dimanfaatkan lagi biasanya dibuang, dibakar, atau ditimbun begitu saja
 
 
2. LIMBAH CAIR
 
Limbah cair adalah sisa hasil buangan proses produksi atau aktivitas domestik yang berupa cairan. 
Pemerintah sempat dipusingkan olehnya banyaknya jumlah limbah cair yang tidak ditangani dengan tepat. Banyak masalah yang timbul sebagai akibat dari adanya limbah cair ini, seperti: mencemari sumur warga, menjadi sumber penyakit, dll.
Walaupun tidak begitu diperhatikan, limbah cair dari keluarga / aktivitas domestik juga jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit. Limbah air deterjen sisa cucian  bila dibiarkan dalam jangka panjang akan menjadi sumber masalah juga bagi kehidupan manusia.
Kunci pemecahan masalah limbah cair ini adalah dengan penanganan / pengolahan limbah cair sehingga menjadi tidak berbahaya bagi kehidupan manusia. Pengolahan limbah car itu sendiri bisa digolongkan menjadi 3, yaitu: pengolahan secara biologi, pengolahan secara fisika, dan pengolahan secara kimia
 
 
3. LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3)
 
Limbah ini dikenal dengan nama limbah B3. Semua jenis limbah, baik  limbah gas, limbah cair, maupun limbah padat bisa masuk ke dalam golongan limbah B3 ini karena pada dasarnya sebuah limbah dikategorikan sebagai limbah B3 bila limbah tersebut mengandung bahan berbahaya beracun yang memiliki sifat baik langsung maupun tidak langsung bisa merusak atau mencemari lingkungan hidup serta bisa emmbayakan kesehatan amnusia.
 
 
4. LIMBAH GAS
 
Pencemaran udara merupakan salah satu contoh paling nyata tentang limbah gas ini. Limbah gas adalah udara yang mengandung partikulat (zat limbah) yang bisa berupa asap / jelaga, hidrokarbon, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, timah, serta karbon monoksida. Udara merupakan satu-satunya media pencemar dari limbah gas ini.

Video

Video permasalahan sampah di Indonesia

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa permasalahan yang terjadi di Indonesia yang diakibatkan oleh sampah

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Macam macam limbah. Http://carapedia.com/jenis_macam_macam_limbah_info3679.html. Macam macam limbah industri. Macam limbah. Macam macam limbah dan contohnya. Jenis jenis limbah. Macam2 limbah.

Sebutkan macam macam limbah. Jenis limbah. Nama nama limbah. Macam macam limbah b3. Jenis limbah secara umum. Jenis jenis b3. Macam macam jenis limbah.

Nama limbah. Macam macam sampah. Macam macam limbah pabrik. Macam macam limbah domestik. Macam macam contoh limbah. Sebutkan jenis jenis limbah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.