Previous
Next
  • Home
  • »
  • Dunia Kerja
  • » Ingin Mudah Dapat Pekerjaan? Pilih Jurusan Ini Saat Masuk PT

Dunia Kerja

Ingin Mudah Dapat Pekerjaan? Pilih Jurusan Ini Saat Masuk PT

 

Ruang-ruang kerja para alumnus muda semakin sempit seiring dengan laju globalisme yang semakin cepat. Pemuda yang mudah memperoleh pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi bisa jadi karena factor kemampuan pribadi ataupun faktor pendidikan. Pendidikan bisa mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini sehingga mempengaruhi mudah atau tidaknya seseorang mendapatkan pekerjaan.

saat penentuan jurusan kuliah tentukanlah tekad apakah kita ingin segera mendapat penghasilan dari bekerja atau untuk pencarian ilmu pengetahuan semata, maka jangan asal-asalan dalam memilih jurusan kuliah kita. Memilih jurusan kuliah haruslah berdasarkan kalkulasi prospek pekerjaannya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Higher Education Statistics Agency di Inggris, seperti dikutip dari Telegraph, ada 10 jurusan yang alumninya paling mudah memperoleh pekerjaan. Apa saja?

10. Fisika
Sekitar 89,9 persen dari seluruh sarjana Ilmu Fisika di rentang waktu 2010-2011 menemukan pekerjaan atau melanjutkan studi mereka paling lambat 6 bulan setelah lulus. Menjadi seorang fisikawan memang bukan pilihan faforit namun kebanyakan perusahaan  terkenal di dunia mencari lulusan fisika sebagai seorang ahli  dalam sebuah divisi.

9. Matematika
Para lulusan Matematika memang terkenal di kalangan pencari pekerja. Menurut survei ini, ada 89,9 persen alumni  Matematika yang lulus tahun 2010/2011 sudah mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus. Mereka yang berasal dari jurusan matematika  rata-rata mengambil profesi sebagai akuntan publik setelah mengambil profesi akuntan, ahli statistik, peneliti dan lain sebagainya.

8. Sejarah dan Filsafat
Sangat mengejutkan jika melihat jurusan Sejarah dan Filsafat merupakan jurusan yang dianggap sama membosankannya dengan Matematika. Namun faktanya, sekitar 90,1 persen lulusannya juga telah menemukan pekerjaan atau meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi hanya dalam 6 bulan. Mereka sering dengan mudah menyingkirkan pencari kerja lainnya dalam setiap peluang lapangan kerja umum, bahkan  jurusan Teknik, Arsitektur, dan Ilmu Komputer harus tersingkir dari jurusan ini. Rata-rata lulusan sejarah dan  filsafat berprofesi sebagai ahli sejarawan, reporter, penulis dan lain sebagainya.

7. Bahasa
Kemampuan bahasa merupakan syarat utama pelamar kerja cepat diterima bekerja. Modal berharga ini menjadi motivasi para pendaftar jurusan PT untuk memilih jurusan Bahasa. Pada rentang waktu 2010/2011, sekitar 90,3 persen lulusan Bahasa bekerja sesaat setelah lulus paling lama 4-6 bulan. Akhir-akhir ini ahli bahasa sangat dibutuhkan, terutama bahasa-bahasa asing yang sedang mendunia selain bahasa Inggris. Biasanya pelamar yang memiliki penguasaan 3 bahasa asing lebih mudah diterima daripada hanya 1 penguasaan bahasa asing.

6. Biologi
Biologi selalu erat hubungannya dengan jaringan kultur tanaman atau hewan. Banyak bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan ini, apalagi yang terkait bioteknologi dan industri terkait yang kini sedang populer. Tercatat, sekitar 90,9 persen sarjananya segera memperoleh pekerjaan atau melanjutkan studi setelah lulus. Rata-rata mereka berprofesi sebagai petugas laboratorium, peneliti, asisten peneliti, asisten ahl, ahli biologi, dosen, guru dan lain sebagainya.

5. Pertanian dan jurusan lain yang terkait
Karena Indonesia merupakan Negara agraris, maka banyak sekali membutuhkan lulusan pertanian untuk mengembangkan teknik pertanian terbaru. Di banyak perguruan tinggi,
pertanian sering dianggap kurang elite. padahal sebenarnya lapangan kerja bidang pertanian sangatlah luas, bahkan sangat sesuai jika mengaplikasikan ilmu pertanian di tanah Indonesia.  Tercatat dalam survei ini, sekitar 91,3 persen sarjana pertanian yang lulus pada tahun 2010/2011 cepat menemukan pekerjaan hanya dalam 4-6 bulan setelah mereka lulus.

4. Hukum
Sudah sejak lama jurusan Hukum mmendulang kepopuleran, banyak calon mahasiswa berminat masuk dalam dunia hukum. Karena, kebanyakan lulusan hukum dijamin lulus cepat dengan jaminan pula cepat mendapat pekerjaan. Menurut survei, 91,9 persen lulusan Hukum di tahun 2010/2011 langsung bekerja setelah lulus. Namun perlu diingat juga, sudah banyak sekali alumni lulusan hukum sehingga persaingan dalam dunia kerja juga semakin ketat.

3. Jurusan terkait obat-obatan
Jika ada dunia kedokteran dan kesahatan tentunya diperlukan ahli obat-obatan yang mampu meramu obat sesuai dengan fungsinya. Saat ini, lapangan pekerjaan jurusan yang berhubungan obat-obatan sangat luas, misalnya saja biomedis serta neurologi. Berdasarkan survei, sekitar 94 persen alumni jurusan ini cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus. Kebanyakan mereka bekerja di perusahaan obat sebagai tenaga produksi, apoteker, dan lain sebagainya.

2. Pendidikan
Profesi guru akan selalu dibutuhkan, dimanapun. Itulah sebabnya mengapa pendidikan menjadi jurusan faforit yang mampu menyita perhatian para pendaftar perguruan tinggi. Menurut survei, sekitar 94,8 persen alumninya langsung bekerja setelah lulus dari perguruan tinggi.

1. Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan
Jangan dibayangkan lagi, bahwa lulusan dari jurusan ini memang terkenal cepat memperoleh pekerjaan begitu lulus.Sebab biasanya ada hubungan kerja antara Perguruan Tinggi dengan Instansi Rumah Sakit terkait yang membutuhkan tenaga dokter. Bahkan saat ini dokter dibutuhkan pula di daerah pelosok-pelosok daerah di Indonesia untuk meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat Indonesia. Survei menunjukkan sekitar 99,4 persen para lulusan kedokteran mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.

 

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pekerjaan jurusan ips. Http://carapedia.com/ingin_mudah_dapat_pekerjaan_pilih_jurusan_ini_info4016.html. Jurusan kuliah yang cepat dapat kerja. Pekerjaan untuk jurusan ips. Jurusan smk yang bagus. Jurusan kuliah paling mudah dapat kerja. Jurusan dengan prospek kerja bagus.

Jurusan ips yang prospek kerjanya bagus. Jurusan kuliah paling mudah. Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Jurusan dengan prospek kerja bagus ips. Pekerjaan dari jurusan ips. Jurusan yang prospek kerjanya bagus. Kuliah langsung dapat kerja.

Jurusan kuliah ips yang mudah dapat kerja. Kuliah jurusan apa yang cepat dapat kerja. Peluang kerja jurusan ips. Jurusan kuliah yang gampang cari kerja. Jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus ips. Jurusan yang cepat dapat kerja.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
20 Jul 2014 15:18
dian
Kalau masuk jurusan ips tetapi cita citanya jadi apoteker bgaimana ?
29 Jan 2014 18:02
anjelin
Saya setuju.nLulusan kedokteran memang masih banyak sekali yang dibutuhkan.