Previous
Next
  • Home
  • »
  • Ekonomi
  • » Ingin Menghemat Gaji Bulanan? Ini Caranya

Ekonomi

Ingin Menghemat Gaji Bulanan? Ini Caranya

Merencanakan penghematan dalam pembelanjaan pendapatan tentunya tidak akan mudah jika  tidak Anda mulai dengan sebuah kebiasaan. Terutama jika Anda yang sedang berencana melakukan penghematan pertama kali. Mungkin Anda mempunyai beberapa alasan mengapa harus menjalani hidup hemat seperti masih di awal-awal pernikahan yang perlu beradaptasi dengan kehidupan baru,  memulai hidup sendiri terpisah dari orang tua dan fasilitas keluarga misalnya Anda pindah ke kota lain atau apartemen, atau bisa juga karena biaya hidup yang semakin mahal dan pendapatkan Anda harus dicukupkan hingga satu bulan ke depan.

Ada banyak cara membiasakan hidup hemat agar Anda setidaknya bisa menabung sebagian kecil pendapatan Anda untuk keperluan mendesak yang tak terduga. Berikut ini hal yang dapat Anda lakukan agar rencana penghematan Anda berhasil:

1. Membuat rencana belanja

Setiap bulan Anda pasti membelanjakan sebagian pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari. Rencanakan daftar kebutuhan yang akan Anda belanjakan di supermarket agar tidak terjadi keinginan membeli barang yang sebetulnya belum Anda butuhkan. Sesuaikan rencana belanja dengan anggaran yang Anda siapkan. Anda juga dapat mensiasati belanja karena kenaikan harga bahan pokok dengan beberapa tips (klik disini).

2. Subtitusi kebiasaan konsumtif

Mungkin Anda termasuk tipe orang yang senang menikmati secangkir kopi di sebuah gerai café. Bayangkan jika harga secangkir kopi 10.000 dan Anda melakukan kebiasaan minum kopi keluaran café setiap pagi maka dalam sebulan Anda sudah menghabiskan anggaran 300.000. Kebiasaan konsumtif yang tidak pernah Anda sadari ini akan sangat berpengaruh pada rencana penghematan Anda. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika gaji Anda mencukupi untuk mengkonsumsi kopi keluaran café.

Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengganti kebiasaan tersebut dengan menikmati kopi rumahan. Kurangi pula kebiasaan mengkonsumsi makanan luar dengan memasak makanan sendiri di rumah.

3. Mengkontrol pengeluaran pulsa telepon

Pengeluaran untuk pulsa telepon juga sebenarnya perlu dievaluasi. Sebaiknya Anda waspada dengan tagihan yang tiba-tiba melonjak tinggi karena ketidaksadaran Anda menggunakan telepon karena hal tidak penting. Anda bisa menggunakan paket pulsa telepon untuk menekan kebiasaan pemakaian pulsa secara tidak wajar. Dengan menggunakan paket tentunya Anda akan berusaha berpikir bagaimana pakaet tersebut bisa cukup selama waktu yang sudah ditentukan (biasanya satu bulan jatuh tempo).

4. Menghemat Listrik

Seiring dengan biaya hidup yang semakin mahal tentunya juga berpengaruh pada biaya listrik yang harus Anda keluarkan dalam satu bulan. Sebaiknya Anda mulai mengkontrol pengeluaran listrik sehari-hari. Misalnya mematikan AC jika tidak digunakan, mengecilkan daya pendingin pada lemari es, tidak menggunakan alat-alat listrik secara berlebihan, mematikan lampu saat siang atau menjelang tidur. Langkah ini selain menghemat pengeluaran juga merupakan langkah efektif menyelamatkan bumi dari global warming.

5. Menyimpan uang di bank

Sebaiknya Anda tidak menyimpan semua pendapatan Anda di rumah atau tabungan rumah. Hal ini sebenarnya dapat memicu Anda mengeluarkan banyak biaya karena tersedianya cukup uang di depan Anda. Batasi memegang uang secara berlebihan saat belanja. Menyimpan uang di bank juga dapat membantu Anda saat ada kebutuhan tak terduga.

6. Berikan cacatan pada kartu kredit

Bagi Anda yang terbiasa berbelanja dengan kartu kredit juga harus menekan keinginan berbelanja secara berlebihan. Berikan sebuah notes berupa teguran misalnya “Buat apa kamu beli ini?”, “Pentingkan barang ini kamu beli?”. Secara tidak langsung saat Anda mengeluarkan kartu kredit dan membaca cacatan tersebut menjadi alarm pribadi bahwa Anda masih memiliki kebutuhan lain yang belum terpenuhi dan lebih penting. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang melakukan belanja online. Sebaiknya Anda membiasakan tidak tergiur dengan promo barang murah.

Tentunya ada banyak cara lain untuk menghemat gaji bulanan Anda. Hal terpenting adalah niat dan keinginan kuat Anda ingin berhemat  dalam kebutuhan sehari-hari.

Video

Hemat Listrik, Hemat Biaya

Dengan cara membiasakan hemat pengeluaran daya listrik secara otomatis Anda juga menghemat bisa pengeluaran Anda.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tips berhemat dengan gaji kecil. Cara menghemat uang gaji. Cara menghemat uang gaji kecil. Cara menghemat uang bulanan. Cara menghemat gaji. Http://carapedia.com/ingin_menghemat_gaji_bulanan_ini_nya_info4218.html. Menghemat uang gaji.

Cara hemat gaji. Menyiasati gaji kecil. Cara menghemat penghasilan. Cara berhemat uang gaji. Cara berhemat dengan gaji kecil. Cara menghemat uang gaji bulanan. Cara membagi penghasilan bulanan.

Cara menghemat gaji kecil. Agar bisa hemat belanja sehari hari. Hemat uang gaji. Cara hemat uang bulanan. Membuat penghematan pengeluaran bulanan. Cara hemat memegang uang.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.