Previous
Next

Hukum & Politik

Indonesia Versus Malaysia

 

 
 
 
 
Walaupun merupakan tetangga dekat, Indonesia sering sekali terlibat konflik dengan Malaysia. bahkan hal ini sudah terjadi sejak dulu. Bila dirunut dari peristiwa sejarah yang pernah terjadi, konflik Indonesia versus Malaysia diantaranya seperti kasus perebutan wilayah sampai pada kasus hak milik kebudayaan. Bila kita mencari referensi di dunia maya, banyak sekali hujatan - hujatan yang ditujukan untuk Malaysia maupun Indonesia dimana kedua belah pihak merasa paling benar. Tentu saja bila hal ini terus menerus dibiarkan akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi hubungan kedua negara.
 
Beberapa hal yang membuat masyarakat Indonesia sangat marah adalah saat Malaysia mengklaim beberapa kebudayaan Indonesia sebagai kebudayaan asli Malaysia, termasuk jenis makanan yang sudah umum ada di Indonesia. Orang - orang Malaysia yang kerap menyebut orang Indonesia dengan kata "Indon" merasa bahwa kebudayaan dan makanan yang mereka klaim itu adalah benar berasal dari Malaysia. Walaupun sebenarnya kalau kita runut ke belakang, makanan dan kebudayaan tersebut dibawa oleh orang Indonesia yang berada di Malaysia sehingga. 
 
Indonesai versus Malaysia ternyata tidak hanya terjadi dalam hal makanan dan kebudayaan, serta politik (pada jaman pemerintahan Soekarno). Namun urusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga sempat memancing emosi masyarakat Indonesia. Penyiksaan yang dilakukan terhadap TKI serta berbagai macam kasus yang lain termasuk kasus TKI yang tidak dibayar merupakan salah satu bentuk penghinaan terhadap masyarakat Indonesia. Namun disisi lain, banyak juga masyarakat Indonesia yang menjadi TKI dengan cara ilegal ke Malaysia. Hal ini juga lah yang memicu perlakuan tidak adil para TKI Indonesia di Malaysia.
 
Terlepas dari segala konflik yang terjadi antara Indonesia Versus Malaysia, Pemerintah Indoensia juga sudah mengambil beberapa tindakan, diantaranya adalah dengan menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia dan beberapa langkah lain yang dianggap perlu. Mematenkan jenis kebudayaan serta makanan yang asli dari Indonesia dirasa sangat perlu untuk menghindari terjadinya konflik di kemudian hari. Selain itu, edukasi bagi masyarakat akan pentingnya arti kerukunan juga mutlak diperlukan untuk menghindari sikap permusuhan. Menanggapi dengan sikap emosi segala hal yang memicu konflik yang selama ini diciptakan oleh Malaysia bukan merupakan langkah yang elegan. Justru dengan bersikap lebih arif dan dengan kepala dingin membuat kita menjadi bangsa yang lebih berbudaya dan beretika bila dibandingkan dengan hanya berbalas kata - kata kasar di dunia maya.  

Video

Video konflik perbatasan Indonesia - Malaysia

Dalam video ini akan diperlihatkan konflik antara Indonesia dan Malaysia karena patok perbatasan wilayah

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh konflik politik. Contoh konflik di indonesia. Contoh konflik politik di indonesia. Sengketa internasional indonesia dengan malaysia. Konflik indonesia vs malaysia. Sengketa internasional antara indonesia dan malaysia. Sengketa internasional indonesia.

Masalah indonesia dengan negara lain. Sengketa indonesia dengan negara lain. Contoh kasus sengketa internasional indonesia. Contoh konflik. Contoh sengketa internasional antar negara. Contoh persengketaan internasional. Contoh kasus hukum internasional di indonesia.

Sengketa internasional antara indonesia dengan negara lain. Contoh sengketa internasional antara indonesia dengan negara lain. Sengketa internasional antar negara. Contoh kasus hukum internasional terbaru. Contoh sengketa internasional di indonesia. Sengketa internasional terbaru.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.