Previous
Next

Hukum & Politik

10 Ikonik Momen Dalam Karir Margaret Thatcher

Margaret Thatcher (13 Oktober 1925- 8 April 2013) meninggal setelah melawan penyakit selama beberapa tahun. Dia meninggal di London, setelah menderita stroke, pada usia 87 tahun. Bulan Desember lalu, dia telah menjalani operasi pada kandung kemihnya. Dikenal sebagai perempuan besi untuk ketangguhannya, Thatcher telah menjabat sebagai satu-satunya Perdana Menteri perempuan di Inggris Raya, memimpin negaranya dari tahun 1979-1990 sebagai ketua Partai konservatif. 

 

Cintai dia atau benci dia, Margaret Thatcher adalah salah satu politisi yang paling ikonik di zaman ini. Ketika ia meninggalkan jabatannya pada tahun 1990, Inggris mewariskan pada pengganti yang sama sekali berbeda dari saat Thatcher pertama kali terpilih sebagai pemimpin. Berikut adalah 10 momen paling ikonik selama karir Margaret Thatcher.

 

Masa bakti terpanjang

Thatcher adalah PM Inggris dengan masa bakti terpanjang pada abad ke-20, tercatat menjabat selama 11 tahun. Dia juga seorang perdana menteri yang punya sifat memecah-belah, dan punya lebih banyak musuh dari Vito Corleone. Namun, tidak dapat disangkal bahwa warisannya adalah hal yang paling ikonik dari setiap politisi Inggris setelah Churchill. 

 

The Poll Tax

Pemungutan Cukai atau The Poll Tax ini tanpa diragukan lagi adalah kesalahan terbesar Thatcher selama menjabat. Pada dasarnya The Tax Poll ini dilihat sebagai cara yang tidak adil untuk pembilasan populasi. Kerusuhan meletus dan tersebar di seluruh Inggris, puncaknya pada kerusuhan panjang di Trafalgar Square di London yang menandai akhir kepemimpinan Thatcher. Pajak dan kerusuhan, peringkatnya mencapai titik terendah, wakilnya mengundurkan diri.

 

Pemogokan Pekerja Tambang

Pada dasarnya, pekerja The National Union of Mine tidak siap dengan kebijakan Thatcher. Pemogokan berlarut-larut berubah menjadi pertikaian yang panjang dan pahit; melibatkan kebrutalan polisi, berurusan dengan Uni Soviet dan menutup basis manufaktur Inggris. 

 

The Dead Parrot

Salah satu cerita terbaik tentang Thatcher berasal dari sambutannya di konferensi 1990. Di Inggris ada Monty Python yaitu grup komedi yang terkenal dengan sketsa burung beo mati. Ketika partai politik saingan mengubah logonya menjadi burung, Thatcher yang tidak pernah melucu mengeluarkan lelucon barnstorming dengan membandingkan The Dead Parrot dan kepemimpinan partai saingan. 

 

Privatisasi 

Tidak ada kebijakan Thatcher lain yang berdampakbesar sebagai privatisasi. Bersama dengan Reagan, Thatcher memperjuangkan pasar bebas dan semua yang kemudian disimpulkan oleh Gordon Gecko bahwa serakah itu baik. Namun, tidak seperti Partai Republik yang dipimpin Reagan, Inggris merupakan sebuah negara dengan tradisi kuat yang dekat dengan sosialisme. Jadi deregulasi berarti lebih dari sekedar melonggarkan pembatasan, itu berarti restrukturisasi masyarakat dari bawah ke atas. Kereta api dan dijual, industri nasional ditutup dan mendirikan usaha pribadi. Banyak orang menjadi kaya.

 

Susu

Pada dasarnya, segera setelah WWII, sebuah inisiatif kesehatan besar melihat peluang besar susu menjadi pokok di sekolah seluruh negeri. Semua itu berubah selama kegilaan moneter pada tahun 70an. Sebagai Menteri Pendidikan pada tahun 1970, Margret Thatcher mengalami nasib sial menandatangani undang-undang penolakan susu gratis. Sejak saat itu sampai hari ini, julukan Milk Snatcher mengikuti dia di hampir setiap penampilan publik.

 

Falklands War

Thatcher dipakda untuk membuat sebuah keputusan menyusul laporan bahwa Argentina telah menduduki Falklands. Dalam konflik tahun 1974 itu, hampir seribu orang tewas dan banyak yang cidera sementara Thatcher mendapat dukungan dari publik yang besar dan dinyatakan sendiri oleh pemerintah. Konsensus saat ini melihat bahwa Perang Falklands lebih dari kejahatan yang disengaja.

 

Brighton Bombing

IRA terkena ledakan sebuah bom di Brighton Hotel saat menjadi tuan rumah Konferensi Partai Konservatif. Untungnya, Thatcher berada di ruang bekerja ketika ledakan terjadi, dan bisa melarikan diri tanpa cedera. Yang lain tidak begitu beruntung. Lima orang tewas, termasuk perdana menteri konservatif. Setelahnya, tiba-tiba menjadi salah satu kemenangan terbesar Thatcher dari karier politiknya: di mana banyak orang akan menghabiskan waktu lima tahun ke depan yang bersembunyi di bawah tempat tidur dan menangis, perempuan besi ini menggelar konferensi pers dan berpidato luas. Hal itu dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari Thatcher. 

 

Mengambil Alih IRA

Sementara Tony Blair sedang menangani kesepakatan perdamaian abadi pertama di Irlandia, Thatcher memiliki metode sendiri untuk berurusan dengan teroris yaitu tidak ada kompromi. Hal ini yang menyebabkan tahanan Bobby Sands mogok magan di tahun 1981, yang diikuti kematiannya. 

 

Pemilihan 

Ketika Thatcher mulai berkuasa, Inggris diibaratkan dengan “orang sakit” bagi Eropa. Istilah tersebut ditandai dengan Thatcher yang membawa Inggris kembali ke panggung keuangan dunia, bekerja sama dengan Ronald Reagan dan melibatkan dirinya dalam perang dingin yang tidak berkesudahan. Tapi pemilihannya sendiri adalah prestasi yang memecahkan rekor dunia: untuk pertama kalinya seorang perempuan dipilih untuk memimpin sebuah negara Barat yang besar. Tamparan yang besar kala itu, bagi budaya chauvanistic. Thatcher menjadi perempuan pertama yang memasuki Downing Street, dia membuka jalan bagi Julia Gillard, Jerman Angela Merkel dan Hillary Clinton.

Video

Pidato Margaret Thatcher Tentang The Dead Parrot

(tere/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.