Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Hewan Pendeteksi Gempa Bumi secara Alami

Umum

Hewan Pendeteksi Gempa Bumi secara Alami

 

Manusia tidak dapat menebak kapan datangnya gempa di suatu tempat. Gempa juga tidak dapat diprediksi dengan perhitungan ilmu pasti karena periode terjadi gempat tidak teratur. Biasanya manusia hanya mengandalkan peringatan dini melalui ilmu pengetahuan. Walaupun beberapa negara sudah mempunyai alat untuk mendeteksi gempa secara dini namun kadang alat tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Dari pengalaman manusia, mereka menggunakan beberapa kejadian dan kebiasaan binatang untuk mendeteksi dini terjadinya gempa bumi di wilayah mereka. Berikut ini binatang yang dapat memberikan sinyal akan terjadi gempa di wilayah Anda, jika Anda cermat memperhatikannya.

1. Kodok

Hewan ini sudah beberapa kali terbukti memberikan sinyal kepada manusia akan terjadi gempat. Contohnya yang terjadi di wilayah L'Aquila, negara Italia, sekawanan kodok di sebuah kolam raib, lalu tiga hari kemudian terjadi gempa bumi di wilayah tersebut.

Beberapa ilmuwan kemudian meneliti mengapa ada kejadian aneh pada binatang kodok sebelum terjadi gempa. Ternyata, proses terjadinya gempa yang mengalami retakan pada batu-batu di kerak dan mengeluarkan sejumlah partikel gas semacam ion beracun sehingga mempengaruhi kakdar kimia pada air dan berbahaya bagi binatang air di sekitarnya. Itulah mengapa perubahan kimia air tersebut memicu hewan air untuk berpindah ke tempat yang lebih aman dari racun-racun tersebut.

2. Ikan Oar

Kejadian aneh terjadi di Jepang sebelum tsunami melanda wilayah pantai Timur pada 11 Maret 2011. Jepang yang memiliki alat pendeteksi gempa dan tsunami canggih nyatanya tidak mampu mencegah banyaknya korban tsunami. Bahkan alat-alat canggih tersebut kalah cepatnya memberikan sinyal dengan ikan Oar (oarfish).

Ikan oar banyak ditemukan warga terdampar mati di sepanjang  pantai dan satu minggu kemudian tsunami menerjang kawasan pantai sebelah timur Jepang. Bahkan hal ini juga terjadi di wilayah Cili yang juga menemukan ikan oar berenang ke permukaan laut pada tahun 2010 sebelum terjadi gempa bumi di Cili dan Haiti.

Habitat ikan oar adalah di 1 kilometer dari dasar laut (atau kedalaman lebih dari 3.000 kaki). Ikan ini jarang muncul di permukaan laut yang dangkal. Memiliki panjang tubuh sekitar 17 meter. Orang Jepang Kuno sudah mengetahui kebiasaan ikan oar yang akan muncul ke permukaan saat akan terjadi gempa. Binatang laut ini memiliki daya sensitif mendeteksi gerakan bumi. Binatang ini akan secara otomatis bergerak ke permukaan dan daratan jika ada yang aneh dengan gerakan bumi (gempa). Selain ikan ini, orang Jepang Kuno juga memperhatikan perilaku ikan lele untuk mendeteksi adanya gempa bumi dan tsunami.

3. Semut Kayu Merah

Semut rupanya juga mempunya daya sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi gempa bumi. Seperti yang terjadi di Jerman dan berdasarkan penelitian Gabriele Berberich, seorang peneliti Jerman dari University of Duisburg-Essen. Semut kayu merah memiliki kebiasaan membangun habitat di atas patahan aktif lempengan bumi.

Setelah dilakukan penelitian tersendiri terhadap morfologi semut, rupanya semut kayu merah memiliki kemampuan detector kadar karbon dioksida karena mengandung reseptor kimia, serta bisa mendeteksi adanya medan elektromagnetik melalui reseptor magnet yang mereka punya.

Kebiasaan semut merah ini pada biasanya akan bergerak aktif meninggalkan sarang pada siang hari dan akan kembali ke habitat di sepanjang patahan aktif bumi. Mereka hanya akan bergerak jika akan terjadi gempa lebih dari 2 SR di wilayah tersebut. Namun jika gempa berada di bawah 2 SR, mereka akan tetap terjaga dan tetap di tempat merema walaupun sering terancam predator lainnya.

Masih banyak lagi hewan – hewan yang mampu mendeteksi secara alami akan adanya kejadian gempa bumi dan tsunami. Memang kita harus selalu tahu setiap perubahan hewan yang terjadi di sekitar kita. Misalnya, Gajah di wilayah Padang Sumatera Barat yang berpindah tempat dan digunakan sebagai navigasi alami untuk mencari daerah yang lebih aman. Mereka akan mencari tempat yang lebih tinggi saat tsunami akan menghantam daratan, binatang anjing juga biasanya tidak mau keluar rumah, ini adalah sebuah kebiasaan aneh jika kita mau memperhatikan. Selain itu ada pula burung bangau yang beramai-ramai meninggalkan tempat mereka untuk berkembang biak.

Video

Pembelajaran Gempa Bumi

Berikut ini adalah video pembelajaran gempa bumi yang harus diketahui oleh setiap orang

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Hewan pendeteksi gempa. Hewan yang dapat mendeteksi gempa. Gempa bumi. Http://carapedia.com/hewan_pendeteksi_gempa_bumi_alami_info4206.html. Hewan yang dapat mendeteksi gempa beberapa hari sebelum terjadi. Hewan pendeteksi bencana. Hewan yg dapat mendeteksi gempa.

Binatang pendeteksi gempa. Binatang pendeteksi gempa bumi. Pendeteksi gempa jepang. Hewan dan gempa bumi. Hewan yg dpat mendteksi gempa. Gempa dicili hari ini. Hewan pendeteksi gempa bumi.

Gambar gempa bumi. Ilmu pengetahuan umum tentang binatang. Alat pendeteksi ikan. Perilaku hewan sebelum gempa bumi. Alat untuk mengetahui terjadinya tsunami. Hewa yg dpt mendeteksi gempa.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.