Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Hemat Listrik Untuk Pemakaian Rumah

 

 
 
 
 
 
Kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari listrik terlebih bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Karena listrik merupakan energi yang tidak bisa diperbarui, maka tidak jarang kita mendengar berita bahwa terjadi krisis listrik sehingga harus dilakukan pemadaman. Sangat menyebalkan bukan bila daerah tempat tinggal kita terkena giliran pemadaman listrik. Oleh karena itu, kita harus menghemat pemakain listrik agar tidak terjadi krisis listrik yang pada akhirnya merugikan kita sendiri. Cara hemat pemakaian listrik untuk pemakaian rumah dibawah ini bisa menjadi referensi bagi kita dalam menghemat pemakaian listrik.
 
 
CARA HEMAT LITRIK UNTUK PEMAKAIAN RUMAH:
 
  • Matikan lampu dan alat elektronik saat tidak digunakan. Ini merupakan langkah termudah dan paling nyata yang bisa kita lakukan dalam menghemat pemakaian listrik di rumah.
  • Gunakan lampu hemat energi. Sekarang ini banyak lampu hemat energi yang dijual di pasaran. Walaupun harganya memang lebih mahal, namun besarnya energi penggunaan listrik yang bisa dihemat akan berdampak positif pada pengeluaran kita.
  • Bangun rumah dengan desain yang tinggi dan banyak jendela sehingga kita tidak perlu menggunakan ac dan menyalakan lampu pada siang hari karena sirkulasi udara dan cahaya yang cukup
  • Cabut kontak listrik/alat elektronik saat tidak digunakan. Kelihatannya memang sangat merepotkan. Namun bila kita telaten melakukannya, kita bisa melihat berapa jumlah iuran listrik yang bisa kita hemat
  • Gunakan timer saat menyalakan AC di malam hari. Pada saat menjelang pagi, bisa dipastikan suhu udara telah dingin sehingga kita tidak memerlukan AC untuk membuat udara menjadi sejuk. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan timer untuk mengatur waktu kapan AC akan mati secara otomatis tanpa harus membuat kita harus terbangun di tengah tidur nyenyak kita.
  • Singkirkan perakatan elektronik yang rusak. Alat elektronik yang rusak akan bekerja dengan tidak stabil dan akan boros penggunaan listriknya.
  • Pilih alat - alat elektronik yang hemat listrik. Namun tentu kita harus lebih bijak dan teliti karena ada kalanya slogan hemat listrik hanya berupa slogan belaka. Teliti dan bila perlu banyak bertanya kepada petugas bagian penjualan dan pelajari bagaimana cara kerja alat elektronik tersebut.
  • Tutup rapat lemari pendingin supaya mesin bekerja optimal. Dengan adanya celah "bocor" pada lemari pendingin akan membuat mesin pendingin boros penggunaan listriknya.
  • Tutup semua jendela dan pintu saat menyalakan AC. dengan penjelasan yang sama seperti pada lemari pendingin diatas, maka dengan menutup jendela dan pintu saat menyalakan AC membuat AB bekerja dengan optimal tanpa harus menyedot banyak daya listrik.
 
 

Video

Video cara menghemat listrik

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana cara menghemat listrik

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/hemat_listrik_pemakaian_rumah_info3336.html. Irit listrik. Keterangan cara membuat alat penghemat listrik. Slogan hemat listrik. Listrik irit. Cara membuat listrik irit. Cara pasang timer listrik.

Cara mengiritkan listrik. Cara.listrik.jadi.irit. Mengapa kita harus menghemat listrik. Cara kerja timer listrik. Alat penghemat listrik rumah. Agar listrik irit. Cara menghemat token listrik.

Tips irit listrik. Cara hemat listrik token. Penjelasan pemakaian listrik di rumah. Supaya listrik irit. Cara menghemat listrik. Slogan listrik.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.