Previous
Next

Kesehatan

Efek Kurang Tidur

Bila anda termasuk orang yang memiliki jadwal kerja dan aktivitas sosial yang sangat padat, seringkali akan membuat anda merasa bahwa 24 sehari itu masih sangat kurang. Dan kalau sudah seperti itu, biasanya waktu tidur atu beristirahat menjadi sangat langka. Padahal efek kurang tidur bukan sekedar akan membuat anda mengantuk keesokan harinya saja, tetapi akan mempengaruhi konsentrasi anda saat bekerja.

Lebih lanjut, beberapa pakar syaraf meyakini bahwa salah satu tujuan tidur adalah memberikan peluang pada otak untuk membangun dan menguatkan jaringan penghubung syaraf. Orang yang biasa tidur cukup akan mempelajari informasi baru dengan lebih cepat dan memiliki memori yang lebih tajam.

Namun apa yang akan terjadi bila anda selalu kekurangan waktu untuk tidur dalam jangka waktu yang lama? Ternyata akan ada efek langsung dan efek jangka panjang bagi anda yang mengalami kurang tidur dalam waktu yang lama.

  • Efek langsung

Efek langsung yang anda dapat dari kekurangan jam tidur adalah ketika anda terbangun dalam keadaan kaget karena mendengar suara alam, anda cendering akan menjalani hari dengan mood yang kurang baik. Seiring berjalannya hari, anda juga akan merasa bingung dan mudah jenuh. Selain itu waktu tidur yang hanya sebentar akan mengurangi kecepatan reaksi anda, sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

  • Efek jangka panjang

Tahukah anda kalau jam tidur yang kurang dan terjadi dalam jangka waktu yang lama akan mengacaukan fungsi tubuh. Salah satu buktinya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kadar hormone leptin, yang berguna untuk mengontrol nafsu makan. Akibatnya, ketika anda kurang tidur anda akan cendrung makan berlebih.

Tidak hanya sulit mengontrol nafsu makan saja, efek lain dari kurang tidur juga akan meningkatkan kadar hormon stress. Hal ini akan membuat tubuh mengirimkan lebih banyak glukosa pada aliran darah, yang mengakibatkan tubuh menjadi kurang sensitive pada insulin.

Lalu, efek jangka panjang dari kurangnya jam tidur anda akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, karena terhentinya produksi senyawa kimia tertentu

Kemudian, menurut penelitian para ahli, ketika anda mengurangi jatah tidur dari delapan jam menjadi enam jam sehari, akan menimbulkan kadar peradangan kronis. Kondisi ini akan meningkatkan berbagai resokp untuk penyakit lain termasuk serangan jantung, stroke dan osteoporosis.

Jadi kesimpulannya, meskipun anda merasa terbiasa dan cukup kuat untuk menjalani aktivitas hanya dengan waktu tidur lima jam per hari, anda harus mulai memikirkan efek jangka panjangnya. Bila anda memang menderita susah tidur, cobalah untuk mengurangi rutinitas yang kurang penting menjelang tidur seperti menonton TV, mengecek E-mail, membaca buku dan chatting melalui ponsel. Pelan-pelan tambahlah jam tidur anda setengah jam setiap minggunya hingga mencapai tujuh atau delapan jam sehari setiap malam.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Nafsu makan kurang dan susah tidur. Tidur sebentar tapi seperti lama. Apa yang terjadi jika kurang tidur. Susah tidur dan kurang nafsu makan. Akibat kurang tidur dalam jangka lama. Apa akan terjadi kurang tidur makan dan stress. Kerja kurang tidur.

Kurang tidur mengurangi kosentrasi. Mengapa susah tidur dan kurang nafsuh makan. Pengaruh susah tidur. Http://carapedia.com/efek_kurang_tidur_info2904.html. Apa yg terjadi jika kurang tidur. Apa resikonya kalau kurang tidur. Arti kurang tidur.

Apa yang terjadi jika seseorang kekurangan tidur. Nama lain dari tidur dalam jangka waktu yang lama. Akibat tidur yang cukup lama. Yang terjadi apa.bila.kurang tidur. Apa yg teerjadi apabila kurang tidur. Apa yang terjadi bila kurang tidur.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.