Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Deskripsi Geografis Provinsi Jawa Barat

Daerah

Deskripsi Geografis Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki alam dan pemandangan indah, serta memiliki berbagai potensi yang beragam. Keadaan geografis yang strategis merupakan keuntungan bagi daerah Jawa Barat, terutama bagi sistem komunikasi dan perhubungan. Daerah di sebelah utara merupakan daerah berdatar rendah, sedangkan daerah selatan berbukit-bukit dengan sedikit pantai. Dataran tinggi yang bergunung-gunung terdapat di daerah tengah.


Di daerah pegunungan terdapat puncak gunung, antara lain Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Ceremai, Gunung Pandayangan, serta Gunung Galunggung.
Sedangkan sungai-sungai yang melewati wilayah Jawa Barat antara lain sungai Ciujung, Ciliwung, Citarum, Cisadane, Cimanuk, Ciwulan, serta Cilaki.


Jawa Barat merupakan penghasil hutan non kayu, antara lain sutra alat jamur, pinus, gerah damar, kayu putih, rotan, bambu, dan sarang burung walet. Di bidang perikanan, Jawa Barat terkenal sebagai penghasil ikan mas, nila, bandeng, lele, udang windu, kerang hijau, gurame, patin, rumput laut, dan udang vaname.


Sementara itu,  sapi perah, domba, ayam buras, dan itik adalah unggulan di Jawa Barat dari bidang Peternakan. Provinsi ini juga memiliki keunggulan di bidang perkebunan, antara lain teh, cengkih, kelapa, karet, kakao, tembakau, kopi, tebu, dan akar wangi.


 Jawa Barat juga menghasilkan produksi tambang unggulan seperti zeolit, bentonit, serta pasir besi, semen pozolan, felspar, dan barn permata/gemstone.



Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Deskripsi provinsi jawa barat. Keadaan alam di jawa barat. Contoh deskripsi kondisi fisiografis. Deskripsi wilayah jawa barat. Kondisi fisiografis jawa barat. Deskripsi tentang provinsi jawa barat. Daerah penghadil kakao jabar.

Keunggulan provinsi jawa tengah dari letak geografis. Mendeskripsikan tentang jawa barat. Deskripsi kondisi fisiografi di jawa barat. Deskripsi kondisi fisiografis di jawa barat. Contoh deskripsi paragraf tentang geografi. Contoh deskripsi kondisi fisiografis cibening. Daerah penghasil ikan di jabar.

Contoh deskripsi dengan topik di gunung. Deskri[si jawa barat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.