Previous
Next

Ekonomi

Definisi Ekonomi Menurut Adam Smith

 

 
 
 
 
John Adam Smith atau yang lebih terkenal dengan Adam Smith adalah seorang ahli filsuf berkebangsaan Skotlandia. Beliau dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi dunia setelah menerbutkan sebuah buku yang berjudul: The Wealth of Nations. Secara garis besar, buku ini membahas mengenai: apa yang menentukan tingkat kemakmuran suatu bangsa dan bagaimana taraf hidup rakyat dapat ditingkatkan dan didistribusikan.
 
Menurut Adam Smith, secara sistematis ilmu ekonomi mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu. Ini yang banyak dikenal sebagai teori ekonomi klasik. Dalam analisisnya, Adam Smith banyak menggunakan istilah-istilah normatif seperti: nilai (value), kekayaan (welfare), dan utilitas (utility) berdasarkan asumsi berlakunya hukum alami.
 
Dari ajaran ekonomi klasik yang dikembangkan oleh Adam Smith, dikembangkan juga sistem ekonomi liberal-kapitalis yang lebih mempercayakan perekonomian pada pasar ketimbang perencanaan-perencanaan oleh pemerintah. Adam Smith berpendapat bahwa kegiatan ekonomi seseorang yang bertujuan untuk keuntungan pribadi sebaiknya juga memiliki efek yang baik untuk masyarakat secara umum. Menurutnya, pasar bebas memiliki mekanisme untuk memperbaiki kondisi yang tidak normal dengan istilah invisible hand  (tangan tak terlihat).
 
Fenomena invissible hand juga dapat dilihat dari kemampuan pasar memperbaiki situasi yang tidak sehat. Menurut Adam Smith, efek dari pasar bebas adalah kebaikan bagi seluruh masyarakat. Adam Smith juga sangat menekankan pentingnya meritokrasi. Sistem ini digunakan oelh institusi untuk memilih orang yang memikul tanggung jawab berdasarkan kemampuan atau bakatnya. Meritokrasi adalah faktor penting yang ditekankan untuk mendorong masyarakat agar selalu memperbaiki dirinya sendiri. Meritokrasi juga mendorong spesialisasi dan efisiensi dalam ekonomi.   

Video

Video tentang Adam Smith

Dalam video ini akan diperlihatkan video tentang Adam Smith yang merupakan seorang Bapak Ekonomi.

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Teori ekonomi adam smith. Teori adam smith. Pengertian ekonomi menurut adam smith. Teori ekonomi menurut adam smith. Ilmu ekonomi menurut adam smith. Pengertian ilmu ekonomi menurut adam smith. Teori klasik adam smith.

Teori ekonomi klasik adam smith. Ekonomi menurut adam smith. Definisi ilmu ekonomi menurut adam smith. Definisi ekonomi menurut adam smith. Konsep ekonomi. Pengertian ekonomi klasik. Pengertian invisible hand.

Pengertian ekonomi kesehatan. Pengertian pasar menurut para ahli ilmu ekonomi. Adam smith. Pendapat adam smith. Pengertian pasar bebas menurut para ahli. Pasar menurut para ahli.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.