Previous
Next
  • Home
  • »
  • Hobi
  • » Daftar Perlengkapan (Wajib) Mendaki Gunung

Hobi

Daftar Perlengkapan (Wajib) Mendaki Gunung

 

 

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang tidak bisa diremehkan dan harus dipersiapkan dengan matang. Persiapan yang benar dan cermat akan membuat proses mendaki gunung lebih menyenangkan. Persiapan fisik dan mental merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendaki gunung, seperti latihan fisik sebulan sebelum mendaki dan mempersiapkan perlengkapan pendakian.

 

Perlengkapan mendaki gunung merupakan pokok dari pendakian yang akan dilakukan. Setiap pendaki gunung wajib mengetahui apa saja perlengkapan yang harus dibawa. Perlengkapan yang dibawa merupakan salah satu cara pula untuk mengurangi bahaya yang mungkin terjadi. Gunung dan segala aspeknya mau tidak mau merupakan lingkungan yang asing bagi kita, terutama untuk orang yang terbiasa hidup di dataran rendah. Oleh karena itu, perlengkapan pendakian itu wajib hukumnya.

 

Biasakan untuk membuat checklist atau daftar perlengkapan yang harus dibawa untuk mendaki gunung. Daftar ini dimungkinkan untuk memeriksa kekurangan barang yang belum ada. Perlu diketahui bahwa daftar perlengkapan setiap orang bisa jadi berbeda, namun ada patokan minila daftar perlengkapan yang bisa dibawa. Beberapa barang di bawah ini merupakan barang wajib masuk daftar perlengkapan.

 

Checklist perlengkapan mendaki gunung :

 

1.Sepatu

Perlindungan terhadap kaki harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, aktifitas utama dalam mendaki gunung adalah berjalan dan berpeluang untuk terluka karena batu atau halangan lainnya selama perjalanan. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu gunung adalah solnya. Pilih sepatu yang solnya terbuat dari karet atau sintetis, terutama yang memakai tumit. Sol ini akan membantu kaki dan menunjang gerak badan dengan baik selama perjalanan di gunung.

 

2.Ransel

Ransel atau carrier merupakan tempat yang tepat untuk membawa barang yang dibutuhkan selama pendakian. Ransel akan menahan beban yang dibawa di kedua bahu secara merata dan sempurna. Titik berat beban jatuh di tulang belakang yang kuat. Pengepakan barang (packing) dengan tepat merupakan hal yang terpenting dilakukan oleh setiap pendaki gunung. Barang yang paling berat diletakkan di bagian atas agar berat keseluruhan ransel tidak jatuh di pinggang atau punggung.

 

Ada beberapa pilihan ransel yang disesuaikan dengan kebutuhan, tipe perjalanan, dan bentuk tubuh pendaki. Kapasitas ransel mulai dari 40 liter hingga 120 liter. Ransel yang berkapasitas besar biasanya dipakai pada perjalanan yang panjang.

 

3.Tenda

Pilih tenda yang mempunyai ventilasi. Tenda yang tidak mempunyai ventilasi akan menyebabkan udara panas dalam tenda tertahan sehingga menaikkan kelembaban dalam tenda.

 

4.Pakaian

Gunakan pakaian yang terbuat dari wol, katun, parasut, atau bahan yang mudah mengering. Hindari pemakaian pakaian yang berbahan jeans sekalipun terlihat kuat namun bahannya sulit untuk mengering dan justru akan semakin terasa berat.

a.     Jaket (tahan air)

b.     Kaos

c.      Celana panjang

d.     Celana penek

e.     Pakaian ganti : kaos, kaos kaki, pakaian dalam, sweater, hem lengan panjang, dll.

f.      Scarf

g.     Sarung tangan

h.     Kerpus atau balaclava (pelindung kepala atau muka)

 

 

5.Perlengkapan Tidur

a.     Matras

b.     Sleeping bag (kantung tidur)

 

6.Perlengkapan Masak

a.     Kompor

Pilihan : kompor paraffin, kompor gas

b.     Nesting, sendok, cangkir, pisau, dll.

c.      Bahan makanan : makanan siap pakai (instan) seperti mie, cokelat, biskuit, roti, sarden, telur, dll.

 

7.First Aid

a.     Obat keselo

b.     Plester luka

c.      Obat masuk angina

d.     Obat diare / sakit perut

Sesuai dengan kebutuhan.

 

8.Survival Kit

a.     Korek api (simpan dalam wadah waterproof)

b.     Senter atau headlamp

c.      Peniti, silet, cutter, pisau multifungsi, dll.

d.     Alat navigasi : peta, kompas, altimeter, GPS, dll.

e.     Tali

f.      Jas hujan ponco

g.     Botol air

h.     Tas plastik

 

9.Lain – lain

a.     Kartu identitas

b.     Uang

c.      Kamera

d.     Alat komunikasi

e.     Buku catatan perjalanan

f.      Baterai senter cadangan

g.    Topi

h.    Sunburn protection (sunblock)

i.     Kacamata

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sepatu gunung. Perlengkapan mendaki. Http://carapedia.com/daftar_perlengkapan_wajib_mendaki_gunung_info3796.html. Peralatan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Perlengkapan naik gunung. Perlengkapan mendaki gunung. Peralatan mendaki gunung.

Perlengkapan pendakian. Peralatan mendaki. Perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Peralatan yang dibawa saat mendaki gunung. Peralatan naik gunung. Perlengkapan naik gunung untuk wanita. Apa saja yang harus dibawa saat mendaki gunung.

Peralatan yang harus dibawa saat mendaki. Peralatan yg harus dibawa saat mendaki gunung. Daftar perlengkapan mendaki gunung. Yang harus dibawa saat mendaki gunung. Harga sepatu gunung. Perlengkapan yang dibawa saat mendaki gunung.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
31 Aug 2014 14:38
Arif
Moongo mampir gan, sis http://kedaipendaki.com
07 May 2014 12:26
erwinhadisaputra
Thank atas info nya di google...