Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Ciri-Ciri Jamur Beracun

Saat ini, jamur seringkali dipakai untuk para vegetarian sebagai penganti daging. Karena rasa dan teksturnya yang hampir sama, tak heran banyak yang menyukai jamur. Berbagai olahan makananpun mulai dibuat untuk membuat jamur semakin nikmat disantap. Mulai dari jamur goreng crispy, jamur oseng, jamur pepes dan masih banyak lagi.

 

Beberapa jenis jamur yang biasanya anda konsumsi antara lain adalah jamur tiram, jamur merang, jamur kuping, jamur shiitake, jamur kancing, jamur lingzhi, jamur hiratake dan jamur enoki. Sayangnya, selain jenis jamur di atas tadi, masih banyak jenis jamur lain yang beracun. Apabila dikonsumsi, bisa menyebabkan sakit bahkan hingga kematian.

 

Nah, agar tidak salah mengkonsumsi jamur tidak ada salahnya anda mengetahui ciri-ciri jamur yang tidak layak dikonsumsi atau beracun di bawah ini:

 

  • Warna terang mencolok

Jamur yang memiliki warna terang dan mencolok seperti merah, hijau, biru, hitam dan sebagainya biasanya termasuk jamur yang beracun. Jadi, bila anda menemukan jamur dengan warna yang mencolok sebaiknya jangan mengkonsumsinya.

 

  • Mengandung senyawa sulfida

Jamur yang beracun dan tidak layak untuk dikonsumsi biasanya mengandung senyawa sulfida sehingga menimbulkan bau busuk. Selain dari senyawa sulfida, bau busuk juga berasal dari senyawa cianida. Ciri dari jamur yang mengandung dua senyawa itu biasanya jarang dihinggapi serangga atau binatang kecil lainnya.

 

  • Memiliki cincin pada pangkal batangnya

Sebagian besar jamur beracun memiliki cincin pada pangkal batangnya kecuali pada jamur merang yang memiliki cincin namun layak dikonsumsi.

 

  • Meninggalkan bekas saat dipotong

Jika jamur beracun dipotong oleh pisau yang terbuat dari perak atau stainless steel, maka akan terbentuk noda warna hitam atau biru pada batang bekas potongannya. Hal ini menandakan bahwa jamur tersebut mengandung racun dan tidak layak anda konsumsi.

 

  • Menghasilkan bau menusuk hidung

Jenis jamur yang beracun biasanya menghasilkan bau yang menusuk hidung. Bau telur busuk atau amoniak biasanya muncul saat anda pegang. Jadi jika anda menemukan jamur yang berbau di pasar sebaiknya jangan membelinya.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ciri ciri jamur yang beracun. Jamur beracun. Jamur lot. Ciri ciri jamur beracun. Jamur sawit yang beracun. Macam jamur yang bisa dimakan. Http://carapedia.com/ciri_ciri_jamur_beracun_info3744.html.

Gambar jamur kuping. Gambar jamur beracun. Gambar jamur merang. Jamur layak konsumsi. Jamur. Jenis jenis jamur beracun. Cara mengetes jamur beracun dan tidak beracun.

Jamur yang beracun. Mengapa sebagian jamur apa yang beracun. Gambar jamur kancing. Gambar dan jenis jamur. Adakah jamur lingzhi di batang sawit. Gambar jamur.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.