Previous
Next
  • Home
  • »
  • Keluarga
  • » Ciptakan Quality Time 15 Menit Dengan Keluarga

Keluarga

Ciptakan Quality Time 15 Menit Dengan Keluarga

Seringkah Anda menghabiskan waktu bersama keluarga? Ditengah kesibukan pernahkah Anda meluangkan waktu khusus untuk keluarga? Kesibukan menjadi salah satu faktor susahnya menciptakan waktu khusus bersama keluarga. Oleh sebab itu, bagaimana meluangkan waktu berkualitas itu?

Dalam sebuah riset oleh Sari Wangi dan Kompas Gramedia, penelitian terhadap 200.000 ibu rumah tangga di usia produktif di kota besar di Indonesia menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hanya sebanyak 65 persen responden yang memiliki waktu berkumpul dengan keluarga sedangkan 95 persen mengatakan butuh waktu berkualitas dengan keluarga yang lebih lama.

Untuk mengetahui waktu berkualitas dengan keluarga di tengah kesibukan, peneliti menggunakan metode telesurvey. Dalam hal ini menunjukkan fakta bahwa meskipun keluarga terbiasa berkumpul bersama namun tidak ada kualitas hubungan keluarga yang tercipta. Hal ini kemungkinan disebabkan karena mereka masih disibukkan dengan urusan masing-masing contohnya gadget.

Dalam sebuah acara talkshow “SariWangi 15 Menit Sehari untuk Kebersamaan yang Asli”, seorang brang manager Sariwangi yakni Melinda Savitri menjelaskan 15 menit bersama keluarga tidak harus dalam suasana meriah. Dengan cara sederhana pun bisa misal membaca bersama, makan, bermain di rumah, membantu anak belajar atau beribadah bersama. Jika waktu memungkinan orang tua bisa mengajak anak jalan-jalan keluar sekedar karaoke, makan atau nonton di bioskop. Kegiatan bersama keluarga ini tentunya akan menciptakan moment berkomunikasi secara mendalam antar anggota keluarga.

Kebiasaan berkumpul dan ngobrol wajib dilestarikan di dalam tradisi keluarga. Hal ini untuk menjembatani komunikasi, saling tukar pikiran dan saling membuka masalah pribadi masing-masing dengan mendapat dukungan dari keluarga. Kepala keluarga sebaiknya juga harus pandai menciptakan hal tersebut. Orang tua tidak seharusnya mengajari kebiasaan rutin berkumpul namun masih sibuk dengan duniannya masing-masing.

Meskipun menciptakan quality time dengan keluarga perlu proses namun jadikan hal ini sebuah tradisi yang dampaknya akan sangat efektif menciptakan hubungan hangat antar anggota keluarga. Carilah kegiatan yang membuat antar anggota nyaman satu sama lain saat kebersamaan itu tercipta.

 

Video

Tips Menemukan Waktu Berkualitas untuk Keluarga

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara mengisi quality time dengan keluarga.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.