Previous
Next
  • Home
  • »
  • Anak
  • » Cara Cerdas Ajarkan Anak Mengelola Keuangan

Anak

Cara Cerdas Ajarkan Anak Mengelola Keuangan

 

 

Sejak dini si anak seharusnya sudah diajarkan bagaimana mengelola uang dengan baik. Tujuannya adalah agar saat dewasa nanti mereka bisa menjadi anak yang pandai mengelola uang dan tidak hidup boros. Namun sayangnya, hanya beberapa orangtua saja yang mengajarkan anaknya mengelola uang dengan baik.

 

Beberapa orangtua lainnya, membiarkan si anak menggunakan uang sesuka hatinya atau memenuhi apa saja yang diinginkan si anak. Padahal, hal tersebut malah akan membuat si anak manja dan jadi berpikiran kalau segala sesuatu yang diinginkannya pasti akan dipenuhi oleh orangtuanya.

 

Jika Anda sering memperlakukan anak seperti itu, maka alangkah baiknya untuk mengubah sikap. Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengajarkan si anak mengelola uang dengan baik. Hal tersebut demi masa depan si anak dan juga Anda. Inilah 4 cara mengajarkan anak mengelola uang dengan baik :

 

1.Menunjukkan caranya

Anda harus bisa menunjukkan pada anak bagaimana cara mereka mengelola uangnya dengan baik. Anda harus bisa menunjukkan cara membagi pengeluaran, menjelaskan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, dan berapa jumlah uang yang harus disisihkan untuk ditabung. Bila perlu, Anda memantau si anak agar mereka terbiasa akan hal itu.

 

2.Mengajaknya berbelanja

Anda juga perlu mengajak si anak berbelanja. Namun, jangan memenuhi semua apa yang diinginkannya saat berada di pusat perbelanjaan. Anda harus bisa mengajarkan si anak bagaimana mengelola keuangan dengan bijak. Ajarkan anak untuk menentukan barang apa saja yang dibutuhkan di rumah. Berikan mereka daftar belanjaan agar mereka tahu bagaimana cara berhemat.

 

3.Membelikan celengan

Hal penting yang harus dilakukan agar bisa mengajarkan anak mengelola uang dengan baik adalah dengan membelikan si anak celengan. Cara ini bisa mengajarkan mereka hidup hemat dan tidak boros. Jika si anak menginginkan suatu barang, maka ajak mereka untuk menabung uangnya agar bisa membelinya sendiri. Cara ini jika dibiasakan sejak kecil akan membuat anak jadi terbiasa juga untuk menabung nantinya.

 

4.Mengajaknya ke bank

Selain membelikan si anak celengan, sesekali Anda juga perlu mengajak anak ke bank. Dengan mengajaknya ke bank, Anda bukan hanya menunjukkan kebiasaan baik, tapi juga mengajarkan anak bagaimana membuat dan menyimpan tabungan di bank.


(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat mengelola uang dengan baik. Contoh gambar hidup hemat. Manfaat mengelolah uang dengan baik adalah. Manfaat mengelola uang dg baik. Http://carapedia.com/cerdas_ajarkan_anak_mengelola_keuangan_info3892.html. Sebutkan 3macam manfaat pengelola uang dengan baik. Sebutkan 3 macam manfaat pengelola uang dengan baik.

Cara mengelola keuangan sejak dini.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.