Previous
Next

Umum

Biaya Perpanjangan SIM

 

 
 
 
 
SIM atau Surat Ijin Mengemudi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Driving Lisence  adalah surat yang mutlak harus dimiliki oleh seseorang yang mengendarai kendaraan bermotor, bisa sepeda motor, mobil, dll. Masa berlaku SIM adalah 5 tahun sehingga sebelum masa berlaku habis, kita diwajibkan untuk memperpanjang SIM kita tersebut. Namun, bila karena satu lain hal terjadi keterlambatan memperpanjang SIM, maka ada ketentuan bahwa keterlambatan perpanjangan SIM maksimal 1 tahun, kita masih bisa melakuka proses perpanjangan SIM seperti biasa. namun, bila terlambat memperpanjang lebih dari masa 1 tahun, maka kita diwajibkan untuk mengikuti proses pembuatan SIM dari awal, tidak bisa melakukan proses memperpanjang SIM dan harus membuat SIM baru.
 
Biaya perpanjangn SIM sebenarnya sudah ditentukan oleh PP NO. 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada lampiran angka romawi I. Pada lampiran itu tertera jelas bahwa:
 
* Pada huruf A, nomor 2 tentang perpanjangan SIM A adalah sebesar Rp 80.000,- per penerbitan
 
* Pada huruf B nomor 2 tentang perpanjangan  SIM B1 adalah sebesar Rp 80.000,- per penerbitan
 
* Pada huruf D nomor 2 tentang perpanjangan SIM C adalah sebesar Rp 75.000,- per penerbitan 
 
* Pada huruf E nomor 2 tentang perpanjangan SIM D (SIM khusus untuk penyandang cacat) adalah sebesar Rp 30.000,- per penerbitan
 
* Pada huruf F nomor 2 tentang perpanjangan SIM Internasional adalah sebesar Rp 225.000,- per penerbitan  

 

Namun diluar biaya yag sudah ditetapkan diatas, akan ada tambahan yang dikenakan kepada seseorang yang memperpanjang SIM, diantaranya adalah:

  • Biaya pendaftaran : besarnya tergantung dari daerah tempat memperpanjang SIM tersebut. Bahkan ada beberapa wilayah yang tidak membebankan biaya pendaftaran ini.
  • Biaya cek kesehatan: biaya ini mutlak harus dikeluarkan karena setiap proses perpanjangan SIM pasti memerlukan surat keterangan dokter yang menyatakan kondisi kesehatan kita. Besarnya biaya cek kesehatan ini besarnya Rp 20.000,-
  • Biaya Asuransi: mungkin yang dimaksud disini adalah biaya asuransi jasa raharja bila terjadi kecelakaan. Tidak semua wilayah menambahkan biaya asiransi ini pada proses perpanjangan SIM. Besarnya antara Rp 30.000,- sampai dengan Rp 40.000,-
  • Biaya iuran PMI: biaya ini sebesar Rp 3.000,- yang pada kenyataannya tidak semua wilayah menarik biaya PMI ini. 

Video

Video mekanisme perpanjangan SIM

Dalam video ini akan diperlihatkan tentang mekanisme perpanjangan SIM

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Biaya perpanjang sim b1. Http://carapedia.com/biaya_perpanjangan_sim_info2419.html. Sim a umum. Biaya perpanjangan sim b1. Biaya perpanjangan sim b1 umum. Perpanjangan sim b1 umum. Biaya perpanjang sim a umum.

Perpanjang sim b1 umum. Biaya perpanjang sim b1 2014. Cara perpanjang sim b1. Biaya perpanjangan sim. Perpanjang sim b1. Biaya perpanjangan sim b di bogor. Biaya perpanjang sim b1 umum.

Biaya perpanjang sim b2 umum. Syarat perpanjang sim b1. Biaya perpanjangan sim b2 umum. Syarat perpanjangan sim b1. Perpanjangan sim b1 kota bandung. Biaya perpanjangan sim b2.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
06 Oct 2014 22:03
Joko
Perpanjangan sim b1 umum kayak bikin baru lagi, psikotesnya lebih mahal dari biaya perpanjangannya, Rp 90.000,- utk psikotes aja.
18 Jan 2014 20:31
Sam Tidar
Lagi2 biaya sim yg ditemukan selalu yg sim perseorangan, sim A umum, B 1-2 Umum berapa sih? Di PP 50 th 2010, tidak disebut biaya Sim Umumnya. Ini rawan permainan tarif. Tlg biaya yg transparan!
29 Nov 2013 05:39
wendi
Saya sangat kecewa dengan pengurusan sim di bogor saya mau pperpanjang sim b1saya harus ikut tes simulator lagi padahal sim saya belum habis jd percuma dong saya harus mengurus mutasi buat cabut berkas di jakarta kalau ternyata masih di persulit mending tarif untuk pengurusan sim tida usah dipajang di polres bogor klu ternyata tidak sesuai kenyataanya padahal tiap bulan saya bayar pajak dari penghasilan saya saya sangat kecewa denan pengurusan sim di polres bogor tlg buaat aparat yg bertugas jangan di pwrsulit dong