Previous
Next

Mahasiswa

Biaya Kuliah UGM

 

 
 
 
 
Universitas Gadjah Mada atau biasa disingkat dengan UGM merupakan salah satu perguruan tinggi nasional favorit di Indonesia. Tidak sedikit calon mahasiswa yang bermimpi bisa menjadi salah satu dari sekian ribu mahasiswa UGM. Sebelum menentukan untuk masuk ke perguruan tinggi mana serta fakultas/program studi apa, biasanya para orang tua / calon mahasiswa mencari informasi sebanyak - banyaknya tentang biaya kuliah sehingga segala sesuatunya bisa dipersiapkan dengan baik. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang bergengsi, UGM selalu menampilkan jumlah biaya pendidikan sehingga dapat diketahui oleh semua masyarakat.
 
Berikut ini adalah biaya kuliah UGM:
 
Biaya kuliah di UGM terdiri dari 3 komponen, yaitu: SPP (sumbangan pembinaan pendidikan), BOP (biaya operasional pendidikan), dan SPMA (Sumbangan penngkatan mutu akademik).
 
# SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan)
SPP berlaku rata untuk semua mahasiswa, yaitu sebesar Rp 500.000,- per semester
 
# BOP (Biaya Operasional Pendidikan)
Besarnya jumlah BOP yang harus dibayar dibedakan menurut program studi, eksakta & ilmu kesehatan dan non eksakta. Untuk prodi eksakta & ilmu kesehatan sebesar Rp 75.000,- per SKS dan untuk prodi non eksakta sebesar Rp 60.000,- per SKS
 
# SPMA (Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik)
SPMA dibayarkan sekali selama masa kuliah, yaitu pada saat mahasiswa masuk menjadi mahasiswa baru. Besarnya jumlah SPMA yang harus dibayar oleh mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh fakultas yang akan dimasuki namun juga berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua. Dalam hal ini, UGM mengelompokkan calon mahasiswa baru berdasarkan pendapatan orang tua seperti berikut ini:
* SPMA 0 
Mahasiswa dengan orang tua yang memiliki pendapatan dibawah Rp 1.000.000,-
* SPMA 1
Mahasiswa dengan orang tua yang memiliki pendapatan antara Rp 1.000.001,- sampai Rp 2.500.000,-
* SPMA 2
Mahasiswa dengan orang tua yang memiliki pendapatan antara Rp 2.500.001,- - Rp 5.000.000,-
* SMPA 3
Mahasiswa dengan orang tua yang memiliki pendapatan antara Rp 5.000.000,- - Rp 7.500.000,-
* SPMA 3
Mahasiswa dengan orang tua yang memiliki pendapatan diatas Rp 7.500.000,-
 
Berikut ini adalah rincian jumlah SMPA yang harus dibayarkan berdasarkan fakultas, jurusan, serta golongan SPMA:
 
* BIOLOGI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* EKONOMI & BISNIS / ILMU EKONOMI:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* EKONOMI & BISNIS / MANAJEMEN:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 50.000.000
 
* EKONOMI & BISNIS / AKUNTANSI:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 50.000.000
 
* FARMASI:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* FILSAFAT:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 8.000.000
SPMA 3 : Rp 10.000.000
SPMA 4 : Rp 10.000.000
 
* GEOGRAFI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* HUKUM:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* ILMU BUDAYA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 15.000.000
SPMA 4 : Rp 16.000.000
 
* ILMU SOSIAL & POLITIK / MANAJEMEN KEBIJAKAN PUBLIK:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* ILMU SOSIAL & POLITIK / ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* ILMU SOSIAL & POLITIK / ILMU KOMUNIKASI:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* ILMU SOSIAL & POLITIK / SOSIOLOGI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 15.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* ILMU SOSIAL & POLITIK / PEMBANGUNAN SOSIAL & KESEJAHTERAAN:
SSPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 15.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* ILMU SOSIAL & POLITIK / POLITIK & PEMERINTAHAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 15.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* KEDOKTERAN / PENDIDIKAN DOKTER:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 100.000.000
 
* KEDOKTERAN / ILMU KEPERAWATAN:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* KEDOKTERAN / GIZI KESEHATAN:
SPMA 1 : Rp 10.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* KEDOKTERAN GIGI / KEDOKTERAN GIGI:
SPMA 1 : Rp 15.000.000
SPMA 2 : Rp 20.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 60.000.000
 
* KEDOKTERAN GIGI / ILMU KEPERAWATAN GIGI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 35.000.000
 
* KEDOKTERAN HEWAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* KEDOKTERAN KEHUTANAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* MIPA / MATEMATIKA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* MIPA / STATISTIKA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* MIPA / ILMU KOMPUTER:
SPMA 1 : Rp 7.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* MIPA / FISIKA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* MIPA / GEOFISIKA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* MIPA / ELEKTRONIKA & INTRUMENTASI:
SPMA 1 : Rp 7.000.000
SPMA 2 : Rp 15.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* MIPA / KIMIA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 15.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* PERTANIAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* PETERNAKAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 20.000.000
 
* PSIKOLOGI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNIK / ARSITEKTUR:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 35.000.000
 
* TEKNIK / PERENCANAAN WILAYAH KOTA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* TEKNIK / ELEKTRO:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNIK / FISIKA TEKNIK:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* TEKNIK / NUKLIR:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* TEKNIK / TEKNOLOGI INFORMASI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNIK / GEODESI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* TEKNIK / GEOLOGI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000
 
* TEKNIK / KIMIA:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNIK / INDUSTRI:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNIK / MESIN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNIK / SIPIL & LINGKUNGAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 40.000.000
 
* TEKNOLOGI PERTANIAN:
SPMA 1 : Rp 5.000.000
SPMA 2 : Rp 10.000.000
SPMA 3 : Rp 20.000.000
SPMA 4 : Rp 30.000.000

Video

Video profil UGM

Dalam video ini akan diperlihatkan profil dari UGM

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/biaya_kuliah_ugm_info2410.html. Biaya kuliah di ugm. Biaya kuliah ugm. Biaya kuliah farmasi ugm. Biaya farmasi ugm. Biaya kedokteran gigi ugm. Biaya fakultas farmasi ugm.

Biaya kuliah kedokteran gigi ugm. Biaya masuk ugm. Biaya kuliah jurusan farmasi di ugm. Ukt ugm 2014. Biaya kuliah per semester di ugm. Biaya fkg ugm. Biaya fakultas kedokteran gigi ugm.

Ilmu keperawatan ugm. Biaya ugm. Biaya per semester di ugm. Rincian biaya kuliah di ugm. Biaya sks di ugm. Biaya kuliah ugm 2014.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (20)
17 Oct 2014 10:21
annisa chusnul hotimah
nama saya annisa,saya pengen kuliah di UGM fakultas dokter gigi,klo boleh tau berpa yah ka biaya masuk dan persemesternya..?
01 Sep 2014 18:23
Kisa sinaga
Kak uang kuliah persemester jurusan Fkm di ugm berapaan sih
07 Jul 2014 10:39
Yessi Wydia
Saya lulusan pbuk ugm 2014 jurusan farmasi...saya ingin tanya ? Bagaimana dgn biaya jalur ini...?bebar sngat mahal?saya dari keluarga tidak mampu..pemerintah saya tidak bisa mmbantu sepenuhnya..apa nnt stelah kuliah bisa jalur ini mndapatkan beasiswa?tlg dijawab ya..
01 Jul 2014 12:03
tata
saya lulusan ugm. di ugm banyak sekali beasiswa baik dr dlm negeri ato luar negeri. dr angkatanku hampir 80% dpt beasiswa baik dr ugm, dlm negeri maupun luar negeri. lalu bagi yg kurang mampu pun byk beasiswanya. tp emanh kuliah diugm, harus bisa menaikkan nilai ipk. kalo g akan susah. tp masuk ugm emang susuah yah keluarnya susah. selain duit tuk keluarnya tekat buat buat luluspun hrs ada. semangar yg mau masuk ugm adek2ku..
30 May 2014 15:49
waliza gustina
saya walizansaya pengen banget kuliah di UGM??nwalaupun saya orang susah tapi saya gak putus harapan buat kuliah. saya pengen banget kuliah di ugm, saya uda coba daftar ke ugm lewat seleksi SNMPTN TAPI GAK LULUS, padahal kuliah adalah mimpi sayua dari kecilnnmau daftar SBMPTN tapi gak punya uang buat daftarnya belum lagi ongkos kesananya , yea allah semoga tahun depan aku bisa masuk ke UGM amiiiin....!!
28 May 2014 00:26
widyastuti
Bagaimana dg biaya fk internasional UGM
31 Mar 2014 09:34
Annisa
Sy Annisa nAde sy pngen minat kuliah di UGM nApa Aja ya persyaratnya&nBiaya Nya berpa,,,nSampai biaya lulus kuliahnSaya sebagai Kka Cuma pegawai biasa nTrus Ada beasiswa Nya gk ya nnTolong ka jelasin ke sayannSy butuh jawab nnya
16 Mar 2014 22:19
Aqilla Hanif
Assalamu'alaikum. Saya berminat masuk jurusan PWK UGM. Mau tanya, apa saja syarat masuk jurusan tersebut? Terima kasih.
09 Mar 2014 16:53
aan heristian
ukt ini mksdnya apa? ga ngeerti.nkalau biaya masuk ilmu keperawatan ugm brapa?
04 Feb 2014 12:37
ADHA B.M.
saya dari Flores,NTT saya mw kuliah d UGM fakultas kedokteran hewan dan keperawatan. sy mw ikut lewat tes SBMPTN 2014.orang tua saya hanya seorang pedagang,apakah ada beasiswa d UGM?Insya Allah bsa
26 Jan 2014 20:12
hesty
saya hesty dari bengkulu .. saya mau bertanya apakah setelah lulus SNMPTN masih ada tes diUGM ??
24 Jan 2014 15:07
nyimas firda
saya seorang siswi dari jambinsaya berencana melanjutkan kuliah di jurusan psikolog di ugmnakan tetapi,orang tua saya seorang pengusaha biasanapakah ada jalur mahasiswa undangan ?nsebab,dr sekolah dasar sampai sekarang saya selalu peringkat tiga besarnterimakasih
14 Jan 2014 22:29
Maria
kalau boleh tau kalo ada snmptn gimana???
07 Jan 2014 13:22
Dery Hayu Rymasari
selamat siang ,saya mahasiswi keperawatan semester 8 . .saya akan melanjutkan profesi Ners , apakah di UGM bisa ?syaratnya apa saja ,melalui test atau tidak . .kemudian biayanya berapa ?terimakasih .
28 Dec 2013 23:17
hesty
saya mau kuliah di fakultas psikologi saya anak bengkulu ,, tetapi orang tua saya hanya pns ,, apakah di UGM ada beasiswa ?
13 Dec 2013 10:25
metry
Tamatan DIII kebidanan mw lanjut s1nPersyaratnnya apa y kk?nTrmksh
27 Sep 2013 12:25
silva
Assalammuallaikum.. sya lulusan DIII keshatan Lingkungan.saya mau tanya kalau mau lanjut Ke S1 UGM,tp aku mau ngambil keshtan Gizi.apa itu bisa mhon infonya nTerima kasih..
17 Sep 2013 09:24
Revi rahmadani
Pengen sekali kuliah kdokteran kehutanan,,nnilai apa yg dibutuhkan kak?
23 Aug 2013 21:37
dwi ayu rahmayanti
Pengen banget kuliah di ugm dgn jurusan keperawatan :(
09 Jul 2013 17:10
Septyandwipurnama
makasih infonya gan (y)
 
admin
Terima kasih, semoga bermanfaat.