Previous
Next

Wisata

Berwisata di Semarang

 

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, seakan tidak lengkap jika kita takmenyempatkan mampir ke ibukota propinsi di pusat pulau Jawa ini. Semarang, ya kota yang memiliki daya tarik tersendiri karena kehangatan dan kekhasan tradisi Jawa ini, selain memiliki ciri khas kuliner yang menggoda, ternyata pesona alamnya pun tak kalah memanjakan mata Anda. Cobalah menghabiskan liburan Anda di ibokota Jawa Tengah ini, kenangan manis siap Anda bingkai dari sana. Dari wisata pantai sampai wisata religi, memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda;

Pantai Marina

Pantai yang berlokasi di sebelah timur PRPP atau Perumahan Royal Family Semarang ini, tergolong taman rekreasi yang murah meriah. Sempatkan jalan-jalan ke pantai ini di Minggu pagi, karena udara yang masih segar dipagi hari akan menambah kenyamanan berjalan-jalan di bibir pantai atau sengaja untuk jogging kecil di sepanjang jogging trap yang ada di sekitar taman bermain. Selain hamparan panorama pantai yang indah, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain yang disediakan di taman wisata pantai marina, diantaranya ; kolam renang, taman bermain anak-anak, lapanan volley pantai, sky air sampai speed boat. Pantai marina, buka pukul 6.00 setiap hari.


Kampung Wisata taman Lele

Taman Lele, berlokasi di jalur pantura (Jakarta Semarang) menjadi sangat cocok untuk persinggahan bagi mereka yang berkunjung ke Semarang melalui jalan darat pantura. Obyek Wisata Kampoeng Wisata Taman Lele yang menawarkan pesona danau buatan yang dikelilingi gazebo, dan dilengkapi dengan arena wisata sepeda air, kolam renang untuk anak, permainan anak, dan beberapa satwa peliharaaan , seperti merak, ular phyton, buaya dan berbagai jenis burung adalah alternative wisata keluarga yang murah sekaligus menambah pengetahuan.

Pagoda Buddhagaya Watugong


Vihara Buddhagaya Watugong, menurut sejarah merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Pada tahun 1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut sebagai tempat sembahyang, diresmikan saat kedatangan YM Narada di Indonesia. Vihara Buddhagaya Watugong Semarang memiliki Pagoda Avalokitesvara. Yang terkenal karena  memiliki keistimewaan tersendiri, pasalnya,  Pagoda ini, menjadi salah satu wisata religi yang ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Tinggi pagoda yang dibangun tujuh tingkat ini, mencapai kurang lebih  45 meter.

Lawang Sewu


Bangunan yang ada di pusat kota, Jl Pemuda Semarang ini dijuluki Lawang Sewu ( pintu seribu ) karena memiliki banyak sekali pintu disamping busur – busur yang memenuhi facade bangunan. Komplek lawang Sewu yang kini dimiliki oleh Departemen Perhubungan (Perum Kereta Api) mulai dibangun belanda pada 1904. Fungsi aslinya adalah sebagai kantor jawatan kereta api belanda; Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Begitu penjajahan beralih ke tangan jepang, gedung ini dialihfungsikan menjadi penjara. Secara umum terbagi menjadi dua massa bangunan utama; gedung depan dan gedung belakang. Tiap gedung memiliki tiga lantai.  

 

 

Masjid Besar Kauman


Masjid Besar Kauman, terbilang sebagai masjid pertama di Semarang,  didirikan oleh Kyai Ageng Pandan Arang.  Ketika beliau hijrah ke kota Semarang bagian bawahan dan mendirikan kabupaten bubakan dan mendirikan masjid sebagai tempat ibadah. Dulu terletak di daerah mugas namun kini letak masjid besar kauman, ada di dua sisi jalan yang berbeda,  Jl alun alun barat no 11 Semarang di satu sisi, sedangkan sisi samping adalah jalan Kauman. Masjid Kauman merupakan rangkaian perkembangan dari sejarah pembangunan masjid di Semarang.  Keunikan Masjid Besar Kauman, terlihat dari bangunannya yang ditandai dengan  gapura yang tertera empat inskripsi pembangunan masjid dalam empat bahasa. Juga ciri arsitektur pantai utara jawa, pada bentuk atapnya. Namun masjid kauman juga mempunyai ciri arsitektur Persi atau Arab jika dilihat dari pintu gerbang masjid dengan lengkung-lengkung pintunya yang berbentuk rangkaian daun waru.

Klenteng Sam Poo Kong

Tempat ini konon adalah tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah asal  Tiongkok yang beragama Islam. Terletak di daerah Simongan Semarang, memiliki kekhasan dengan dua  Bangunan pemujaan utama yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong.  Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting di antara semuanya , dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan, selain itu terdapat Klenteng Tho Tee Kong, difungsikan sebagai tempat – tempat pemujaan Kyai Juru Mudi (makam dari jurumudi kapal), Kyai Jangkar (tempat meletakkan jangkar kapal) , Kyai Cundrik Bumi (tempat segala jenis persenjataan) dan mbah Kyai/Nyai Tumpeng (berkaitan dengan urusan makanan di kapal). Di Klenteng ini juga terdapat patung-patung dan lukisan atau gambar yang menggambarkan perjalanan Laksamana Cheng Ho mengarungi samudera.

Gereja Blenduk


Gereja yang merupakan salah satu landmark di kota lama ini  dibangun sejak kurang lebih tahun 1753. ada tahun 1894, gedung ini dibangun kembali oleh H.P.A. de Wilde dan W.Westmas dengan bentuk seperti sekarang ini. Bentuknya lebih menonjol gedung mengusung gaya Neo-Klasik, tampil  kontras dan berbeda dengan bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjol dari sisi bentuk.  Tepatnya terletak sangat depan di Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk straat (Jalan Gereja). Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal berbentuk seperti kubah masjid.  Memiliki dua buah Menara dikiri kanan yang bentuk dasarnya bujur sangkar namun pada lapisan paling atas berbentuk bundar berkubah kecil.

Rawa Pening


Obyek Wisata Rawa Pening dengan luas 2.670 hektare terletak Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran tepatnya di  kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Semarang merupakan danau sekaligus tempat wisata air. Wisata yang menarik di danau Rawa Pening, diantaranya taman wisata anak,  perahu tradisional, karya kerajinan dari enceng gondok. dermaga tepi danau, sering dijadikan sebagai tempat hunting pemotretan, terutama di pagi hari (sebelum jam 5 pagi) karena dipercaya konon suasana pagi dirawa pening sangat misterius dan mistis tentu saja sangat menarik. 

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tempat jogging di semarang. Sam poo kong dan pantai marina. Tempat hunting foto di semarang. Jam buka pantai marina semarang. Nama tempat hunting foto di semarang. Royal family semarang. Jam buka prpp semarang.

Pantai marina semarang tutup. Sam poo kong jam buka. Wisata prpp semarang. Jam buka sam po kong terbaru. Jalan menuju prpp semarang. Tempat hunting foto di pinggir semarang.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.