Previous
Next

Olahraga

Cara Bermain Bulu Tangkis

 

 

Bulu tangkis dikenal sebagai olah raga yang banyak menggunakan pergelangan tangan. Oleh karena itu, benar atau tidaknya cara memegang raket akan sangat menentukan kualitas pukulan seseorang

berikut ini adalah cara bermain bulu tangkis:

# Cara memegang raket:
cara memegang raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes, rileks, namun tetap bertenaga pada saat memukul kok. Ada 2 cara memegang raket, yaitu cara forehand dan cara backhand


# Memukul Kok
Agar bisa bermain bulu tangkis kita harus bisa memukul kok baik dari atas maupun dari bawah. jenis pukulan kok yang harus dikuasai adalah servis, lob, dropshot, smash, netting, underhand, dan drive. Semua jenis pukulan tersebut harus dilakukan dengan menggunakan grip dan footwork.
 

  • Lob / overhead clear: bola yang dipukul dari atas kepala. Posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan ke atas pada bagian belakang lapangan.
  • Dropshot/pukulan potong: merupakan pukulan yang dilakukan seperti smash. Perbedaannya, kok dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. dropshot yang baik adalah apabila jatuhnya kok dekat bet dan tidak melewati garis ganda.
  • Smash: adalah pukulan overhead atau atas yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini merupakan pukulan menyerang
  • Netting: adalah pukulan yang dilakukan dekat net dan sangat halus. Pukulan netting yang baik adalah apabila kok dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.
  • Underhand: merupakan pukulan dari bawah. Siku harus dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tegak sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk. Pada saat memukul kok, gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan.



# Hitting position
Hitting position adalah posisi memukul kok atau sering disebut preparation. Posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan baik dalam upaya menghasilkan pukulan yang berkualitas


# Tehnik pengembalian kok
Tehnik pengembalian kok sangat penting dikuasai dengan benar. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Prinsipnya penempatan kok yang tepat. Lawan akan bergerak untuk memukul kok itu sehingga lawan terpaksa meninggalkan posisi strategisnya si titik tengah lapangan

 

Video

Video Tips Bermain Bulu Tangkis

Dalam video ini akan diperlihatkan tips serta tehnik permainan kaki dalam bermain bulu tangkis

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

3 hal penting yang harus dikuasai untuk bisa bermain bulutangkis. Cara bermain bulu tangkis. Cara bermain badminton. Http://carapedia.com/bermain_bulu_tangkis_info703.html. 3 hal penting yang harus dikuasai dalam bermain bulutangkis. Cara bermain bulutangkis. 3 hal penting untuk bisa bermain bulutangkis.

3 hal penting yang harus dikuasai untuk bermain bulutangkis. Sebutkan 3 hal penting yang harus dikuasai untuk bisa bermain bulutangkis dengan baik. 3 hal penting yang harus dikuasai untuk bisa bermain bulu tangkis. Perbedaan pukulan lob dan pukulan dropshot. Tata cara bermain badminton. Sebutkan 3 hal penting yang harus dikuasai untuk bisa bermain bulu tangkis dengan baik. 3 hal penting dalam bermain bulutangkis.

Hal penting yang harus dikuasai untuk bisa bermain bulu tangkis. 3 hal penting untuk bisa bermain bulu tangkis. Sebutkan 3 hal penting yang harus di kuasai untuk bisa bermain bulutangkis dengan baik. Teknik bermain badminton. 3 hal penting yang harus dikuasai untuk bisa bermain bulutangkis dengan baik. 3 hal penting yg harus dikuasai untuk bisa bermain bulutangkis.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.