Previous
Next

Bayi

Bayi Dalam Kandungan

 

Masa kehamilan merupakan masa terindah yang dialami oleh setiap wanita. Ada banyak moment - moment yang terlupakan pada saat kita hamil. Mulai dari fase morning sick, sibuk mencari dokter kandungan yang oke, belanja keperluan bayi, sampai dengan rasa cemas campur excited saat menjelang melahirkan. Semua itu merupakan sebuah fase yang sangat didambakan oleh setiap wanita. Terlepas dari proses melahirkan secara normal atau operasi caesar, selama masa kehamilan pasti kita sebagai wanita akan tetap merasa sempurna sebagai seorang wanita bila berhasil memberikan keturunan bagi suami dan keluarga kita. Bayi dalam kandungan mengalami berbagai macam fase yang biasanya setiap fase dibedakan menjadi beberapa tahapan. Istilah yang paling umum digunakan adalah fase per 3 bulan (trimester).
 
Berikut ini adalah fase bayi dalam kandungan mulai dari trimester 1 sampai dengan trimester 3:
 
# TRIMESTER I
 
 
 
 
 
Pada trimester I kehamilan, janin sangat sensitif terhadap pengaruh luar tubuh ibunya. Seperti: infeksi, obat - obatan , serta pengaruh makanan yang tidak sehat. Pada trimester I ini infeksi yangs ering terjadi adalah TORCH yang terkadang bisa menimbulkan kelainan kongenital atau kelainan bawaan. Oleh karena itu, hal pertama yang disarankan oleh dokter kandungan saat pertama kali diketahui kita hamil adalah melakukan test TORCH untuk mengetahui kita terinfeksi TORCH atau tidak. 
Biasanya pada minggu ketiga, embrio mulai terbentuk dan melekat pada lapisan dinding rahim, kemudian pada minggu kelima embrio yang terbentuk sudah memiliki sistem vaskuler (peredaran darah), jantung, serta sistem syaraf. Pada minggu ke-7 dan 8, kondisi rahim semakin membesar, janin sudah menyerupai manusia namun ukuran kepala lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran badan. pada minggu ni, daun telinga juga sudah mulai nampak dan bola mata tertutup oleh kelopak mata yang akan tetap menutup sampai pada minggu ke-24. Panjang janin sekitar 2.5cm namun jantung sudah mulai berdenyut, darah telah mengalir, serta ginjal juga sudah mulai berfungsi. 
 
 
TRIMESTER II
 
 
 
 
 
Pada fase ini, organ - organ mulai dibentuk. Misal: hidung, telinga, jari - jari, kelopak mata, leher, alat genitalia eksterna (walaupun belum terdeferensiasi). Pada fase ini panjang janin bisa mencapai 10,2cm dan berat tubuh sekitar 1/3 ons. Bagian lengan, tangan, jari - jari tangan, jari - jari kaki termasuk kuku dan tungkai mulai tumbuh. Sedangkan saluran kemih dan organ - organ lain sudah mulai berfungsi. Organ genital juga sudah mulai terbentuk namun masih sulit untuk dilihat. Bagi ibu, masa kehamilan trimester II ini merupakan masa kehamilan terbaik. Karena sudah tidak lagi merasakan mual, perut belum terlihat besar dan biasanya akan merasa lebih energik dan nyaman untuk beraktifitas. Kondisi janin hingga usia 28 minggu berat badannya bisa mencapai 1,1kg dan panjang tubuh sekitar 35 - 38 cm. Gerakan bayi dalam kandungan semakin kuat. Bahkan denyut jantungnya juga bisa didengar. Ukuran kepala dan tubuh sudah mulai proporsional dan janin masih akan terus berputar sehingga posisi kepala belum bisa dipastikana akan selalu berada di bawah.
 
 
TRIMESTER III
 
 
 
 
 
Pada fase ini merupakan fase persiapan menjelang proses kelahiran. Ukuran panjang tubuh bayi bisa mencapai 45 - 50 cm dengan berat tubuh kira - kira 3,3 kg. Jika bayi laki - laki maka testisnya sudah turunke skrotum. Sedangkan pada bayi perempuan, labia mayora (bibir kemaluan bagian luar) telah berkembang dengan baik sehingga menutupi labia minora (bibir kemaluan bagian dalam). Pada usia kandungan 40 minggu, perlu diwaspadai untuk selalu mengecek kondisi air ketuban. Karena dikhawatirkan bila sampai usia kandungan 40 minggu dan bayi masih di dalam perut maka akan terjadi resiko air ketuban keruh atau terminum oleh bayi sehingga berdampak pada kondisi kesehatan bayi.

Video

Video proses terbentuknya bayi dalam kandungan

Dalam video ini akan ditunjukkan proses terbentuknya bayi dalam kandungan

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Posisi bayi 7 bulan. Gambar posisi janin usia 7 bulan. Http://carapedia.com/bayi_kandungan_info2455.html. Posisi janin dalam kandungan. Posisi janin 7 bulan. Gambar janin usia 7 bulan. Posisi janin 7 bulan dalam kandungan.

Letak janin usia 7 bulan. Gambar bayi laki laki. Foto bayi laki laki. Posisi janin 1 bulan dalam perut. Letak janin. Posisi janin usia 7 bulan. Posisi bayi 7 bulan dalam kandungan.

Bayi laki laki dalam kandungan. Bentuk perut ibu hamil usia 10 minggu. Gambar posisi janin 8 bulan. Posisi bayi dalam kandungan usia 7 bulan. Posisi janin 6 bulan dalam kandungan. Gambar posisi janin 7 bulan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.