Previous
Next

Wisata

Bangunan-Bangun Unik di Dunia

 

Selama ini anda tentu sudah biasa melihat bangunan-bangunan tinggi pencakar langit yang memenuhi kota-kota besar di seluruh penjuru dunia. Biasanya, bangunan-bangunan tinggi itu hanya berbentuk standar seperti kubus ataupun persegi panjang.

 

Namun, ternyata ada beberapa bangunan yang “nyeleneh” dengan bentuknya yang tidak biasa. Tentu saja bangunan-bangunan ini dibuat dengan berbagai macam tujuan dari arsiteknya, mulai dari konsep yang unik, hingga mempertimbangkan bangunan sesuai kebutuhan. Lalu apa sajakah bangunan-bangunan unik yang terdapat di beberapa tempat di dunia ini? Yuk, simak beberapa daftar bangunan di bawah ini,

 

  1. Cubic Houses, Rotterdam, Belanda

 

Bangunan pertama yang memukau anda dengan bentuknya yang unik adalah Cubic Houses di Rotterdam, Belanda yang dibangun atas ide Piet Blom pada tahun 1970. Sesuai namanya, bangunan dengan nuansa kuning ini memang berbentuk menyerupai permaian kubik yang bisa diputar-putar walaupun tentu saja bangunan ini tidak bisa diputar-putar.

 

Cubic houses sendiri terdiri dari beberapa gedung atau perumahan yang dibangun melintang di atas jembatan penyebrangan pada jalanan Helmond, Rotterdam.

 

  1. Dancing Building, Praha, republic Ceko

 

Kalau anda berkunjung ke Praha, sempatkan untuk menengok bangunan yang terletak di sudut jalan Rasinovo dan Reslova, tepatnya berada di sebanjang Vltave River untuk menikmati keindahan sebuah bangunan yang bernama Dancing Building. Ya, sesuai namanya, Dancing Building yang dirancang oleh arsitek asal Celko Kroasia bernama Vlado Milunic dan Frank Gehry pada tahun 1996 ini memang mempunyai bentuk yang tidak biasa, yaitu seperti orang yang sedang menari, atau berdansa.

 

Jika anda tertarik untuk berkunjung, anda bisa mencoba sensasi makan di restaurant yang berada di dalam dancing house yang fenomenal ini.

 

  1. Para Ufo House, Sanjhih, Taiwan

 

Bangunan selanjutnya yang tidak kalah unik adalah Para Ufo House yang berada di negara Taiwan ini. Dengan desainnya yang futuristic, anda akan menikmati sensasi tinggal di luar angkasa.

 

Sayangnya, pembangunannya tidak pernaj selesai karena terjadinya banyak kecelakaan kerja yang menimpa kuli-kuli bangunan. Sehingga sampai saat ini Para Ufo House di Sanjhih terlihat mangkrak dan tidak dihuni.

 

  1. Kansas City Public Library, Missouri, Amerika Serikat

 

Jika anda suka atau hobi membaca, pasti anda akan menyukai bangunan yang berada di Missouri, Amerika Serikat ini. Dan, sesuai dengan bentuknya, bangunan yang berada di pusat kota Kansas ini memang dijadikan perpustakaan yang menyediakan ribuan koleksi buku-buku dari berbagai genre.

 

  1. Ferdinand Cheval Palace, Perancis

 

Siapa yang menyangka kalau Ferdinand Cheval Palace yang berada di negara Perancis ini dibangun oleh seorang tukang pos yang tinggal di Hauterives. Awalnya, bangunan yang seperti istana ini dibangun dengan maksud untuk tempat pemakanannya sendiri. Sayangnya sampai saat ini pemerintah belum memberikan izin bagi sang pemilik bangunan.

 

  1. Forest Spiral Hundertwasser Building, Darmstadt, Jerman

 

Bangunan yang unik dengan nuansa warna pelangi yang berwarna-warni ini dibangun pada tahun 2002 dan dirancang oleh seorang arsitek yang juga mempunyai hobi sebagai pelukis bernama Friendensreich Hundertwasser.

 

Selain berwarna-warni, bangunan ini juga ramah lingkungan karena dibangun dan didesain secara organic. Saat ini bangunan yang berada di kota Darmstandt, Germany ini dijadikan apartemen yang berisi 105 ruangan.

 

  1. Guggenheim Museum, Bilbao, Spanyol

 

Nervion Guggenheim Museum adalah museum seni modern dan kontemporer dirancang oleh arsitek Amerika-Kanada Frank Gehry. Siluet bangunan menyerupai kapal ,desainnya yg acak menurut arsiteknya untuk menangkap cahaya.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Bangunan wisata di dunia. Bangun yang unik. Macam macam teh unik di dunia. Http://carapedia.com/bangunan_bangun_unik_dunia_info3472.html. Bangun unik. Bangun ruang unik. Daftar bangunan dan arsiteknya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.