Previous
Next

Daerah

Baju & Pakaian Pengantin Aceh

Pakaian Pengantin Pria

Busana Penganti laki-laki disbut Linto baro. mempelai pria dalam busana adat perkawinan Aceh Barat mengenakan gaya jas tutup berkancing lima. Selain gaya ini terdapat pula gaya jas terbuka berkancing dua disebut baje kot.


Pakaian pengantin laki-laki memakai celana yang dalam bahasa daerah disebut siluweue, berbentuk runcing kebawah, terbuat dari kain wol serupa dengan baju (jas). Sarung, istilah daerahnya adalah ija krong, terbuat dari sutera dalam teknik songket, umumnya dengan warna dasar gelap. Senjata yang disandang adalah rencong atau siwah berkepala emas atau perak yang berukir clan bertahtakan permata. Sepatu, berwarna hitam sedangkan aneka aksesoris terbuat dari emas antara lain talo takue, sejenis kalung pada leher.


 

Pakaian Pengantin Wanita

Busana penganti wanita disebut Dara baro, mempelai wanita dalam busana adat perkawinan Aceh Barat. Aneka perhiasan emas di kepala, dada, tangan dan pinggang mengungkapkan pengaruh-pengaruh asing yang ikut memperkaya budaya lokal seperti pengaruh Minangkabau, India, Arab dan Cina.


Pakaian dara baro ini, mempelai wanita dalam busana adat perkawinan Aceh Barat, memakai aneka perhiasan emas. Perhiasan pada bagian kepala meliputi sunting-Âsunting keemasan yang amat dekoratif clan terdiri atas berbagai bentuk flora yang disebut culok. Culok Dara Baro, mempelai wanita, memakai perangkat busana yang lebih rumit dari mempelai pria, mulai dari berbagai perhiasan kepala, baju, celana, kain sarung, selendang, tali pinggang serta aksesorisÂaksesoris lainnya pada leher dan jari ini memiliki namanya masing-masing seperti culok ok bungong, got-got, bungong sunting clan sisir. Selain itu ada juga hiasan bunga-bungaan asli, bungong pekan, seperti bungan jeumpa, bungong seulango clan sebagainya. Pada telinga terpasang subangsubang atau antiong-anting besar yang bertatahkan permata disebut subang meukundam walaupun saat sekarang ini sudah amat jarang dipakai dan diganti dengan kerabu.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Aksesoris pengantin aceh. Pakaian adat aceh dan aksesorisnya. Pakaian pengantin adat aceh. Jual baju pengantin aceh. Jual perlengkapan adat aceh. Gaun pengantin aceh muslim. Gaya foto pernikahan aceh.

Cara menghias dara baro aceh. Gaun pernikahan aceh islma. Asesoris penganten aceh. Gambar cara menghias pengantin aceh. Pengatin aceh. Gaun pengantin aceh muslimah. Cara memakai sunting aceh.

Pakaian penganten aceh. Jual baju pengantin adat aceh. Jual aksesoris pengantin adat aceh. Nama aksesoris pakaian aceh. Foto pengantin pria aceh. Aksesoris busana aceh.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.