Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Ayam Tasak Telu, Masakan Khas Batak

Daerah

Ayam Tasak Telu, Masakan Khas Batak

Selain Kidu, masyarakat Batak juga mengenal masakan lainnya yaitu ayam tasak telu. Masakan ini sangat dikenal dalam masyarakat Batak.


    “Tasak telu” secara harafiah berarti “masak tiga” atau “tiga masakan”. Masakan pertama adalah ayam rebus. Setelah direbus dengan bumbu, air rebusannya disisihkan dan disajikan sebagai kuah atau sup. Ayam rebusnya - termasuk jeroannya - dipotong-potong untuk disajikan. Bila dikehendaki, ayam rebus ini dapat dimasak lagi sebentar dengan darah ayam. Dalam bahasa setempat, darah disebut “gota” yang sebenarnya berarti getah.


Bagian tulang-tulangnya dimasak lagi dengan sebagian kuah dan dicampur dengan cipera. Cipera terbuat dari bulir jagung tua yang ditumbuk halus. Dengan tambahan bumbu-bumbu, campuran ini menjadi kuah kental yang gurih. Kuah kental ini adalah elemen kedua dari sajian ayam tasak telu - nanti diguyurkan pada ayam rebus ketika menyantapnya.

Elemen ketiganya adalah cincang sayur. Berbagai sayur rebus - kacang panjang, batang pisang, jantung pisang, daun pepaya, daun singkong, tauge - diurap dengan parutan kelapa berbumbu.





Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Sumatera Utara

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Masakan batak. Resep masakan batak. Makanan khas batak karo. Masakan khas batak. Masakan khas batak karo. Resep masakan khas batak. Resep masakan batak karo.

Masakan khas karo. Masakan karo. Resep masakan khas batak karo. Tasak telu. Resep tasak telu. Resep makanan khas batak. Masakan batak karo.

Resep masakan khas batak toba. Cara membuat tasak telu. Resep tasak telu karo. Aneka masakan batak. Resep masakan khas karo. Sejarah makanan khas sumatera utara.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.