Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Arti Lambang Provinsi Jawa Barat

Daerah

Arti Lambang Provinsi Jawa Barat

Lambang Provinsi  Jawa Barat berbentuk bulat telur, yang merupakan bentuk perisai yang banyak dipakai oleh laskar kerajaan zaman dulu. Di dalamnya terdapat kujang berlubang lima, padi kapas, gunung, sungai, terusan sawah, perkebunan, dan bendungan serta sebuah kalimat bertuliskan “Gemah Ripah Repeh Rapih”.


Kujang adalah alat yang sangat terkenal dalam rumah tangga Sunda. Lubang Lima menggambarkan kalimat unsur Pancasila. Padi kapas melambangkan kemakmuran. Gunung, sungai, sawah, dan perkebunan melambangkan daerah Jawa Barat kaya akan sumber daya alam. Kalimat “Gemah Ripah Repeh Rapih” adalah sebuah pepatah lama di masyarakat Sunda, yang menyatakan bahwa Jawa Barat yang kaya raya bersama penduduknya hidup cukup dan damai.



Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Lambang provinsi. Lambang jawa barat. Lambang provinsi jawa barat. Arti lambang provinsi jawa barat. Arti gemah ripah repeh rapih. Simbol daerah jawa barat. Arti lambang jawa barat.

Simbol jawa barat. Lambang provinsi jawa barat dan artinya. Lambang daerah jawa barat. Lambang jawa barat dan artinya. Gemah ripah repeh rapih. Lambang jawa barat dan penjelasannya. Lambang jawa barat beserta artinya.

Gambar lambang daerah. Logo jawa barat dan artinya. Arti lambang daerah jawa barat. Gemah ripah repeh rapih artinya. Simbol provinsi. Arti jawa barat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.