Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Membuat Animasi 3 Dimensi

 

 
 
 
 
Membuat animasi 3 dimensi merupakan sebuah keasyikan tersendiri bagi para animator. Mereka bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk membuat animasi 3 dimensi. Sebagai bahan pengetahuan kita, berikut ini adalah cara membuat animasi 3 dimensi:
 
1. PRE PRODUKSI
 
Sebelum memulai membuat animasi 3 dimensi, langkah pertama yang harus diambil adalah menentukan konsep sehingga animasi yang dihasilkan tidakn akan 'melebar' kemana mana. 
 
* STORY BOARD
Ini untuk membantu mengembangkan dan menyelesaikan alur cerita. Story board bisa berupa gambar dalam bentuk script komik yang digunakan untuk memvisualisasikan animasi dan mengkomunikasikan gagasan dengan jelas.
 
* LAYOUTS
Setelah story board disetujui, maka kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi, background, dan juga kostum dari setiap karakter
 
* MODEL SHEET
Ini merupakan tahap terpenting. Karena pada tahap ini kita harus membuat model sheet dimana setiap karakter dibuat dalam berbagai sudut dan angel yang berbeda dengan ekspresi yang berbeda pula. Pada model sheet ini, setiap karakter dibuat sedetail mungkin sehingga bisa terlihat jelas karakter dari masing - masing tokoh
 
 
 
* ANIMATIC
Dalam proses ini, setiap tokoh dianalisa untuk menentukan gerak dan waktu urutan animasi
 
 
 
2. PROSES PRODUKSI
 
Merupakan tahap dimulainya produksi pembuatan animasi 3 dimensi.
 
* TATA LETAK
Tata letak menghasilkan versi 3D dari sebuah story board yang telah ditetapkan
 
* PEMODELAN
Dalam proses ini dilakukan tahap membangun karakter yang dibuat dengan cara membuat kerangka sehingga bisa terbentuk karakter dan ekspresi seperti yang dikehendaki
 
 
 
* TEKSTURING
Pada proses ini, kita harus bisa membangun daya imajinasi kita untuk membuat tekstur  sesuai dengan kebutuhan adegan
 
* PENCAHAYAAN
Ini merupakan hal terpenting yang paling sering diabaikan. Padahal kita harus bisa memiliki pertimbangan bagaimana kita bisa menyatukan berbagai karakter dalam sebuah frame
 
* RIGGING
Merupakan proses penambahan tulang untuk pendefisian pergerakan benda mekanik. Ini adalah hal terpenting dalam proses animasi. Tidak jarang para animator gagal menciptakan efek rigging ini.
 
 
 
* ANIMASI
Animasi erupakan proses terakhir dalam membuat / produksi animasi 3 dimensi.
 
 
 
3. PASCA PRODUKSI
 
* COMPOSITING
Ini merupakan proses penyatuan semua elemen 3D yang sudah dihasilkan. 
 
* EDITING SUARA
Segala hal yang berhubungan dengan suara diedit dalam tahap ini
 
* VIDEO EDITING
Merupakan proses memanipulasi dan menata ulang gambar untuk membuat hasil akhir yang bagus
 

Video

Video tutorial cara membuat animasi 3D

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana cara membuat 3D animasi

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat animasi 3d bergerak. Gambar 3 dimensi kartun. Kartun 3 dimensi. Gambar 3 dimensi dan cara pembuatannya. Konsep dasar desain 3 dimensi (carapedia.com). Cara membuat 3 dimensi. Gambar 3 dimensi bergerak.

Cara membuat karakter 3 dimensi. Animasi 3 dimensi. Cara membuat orang 3 dimensi. Contoh animasi 3 dimensi. Gambar gambar hewan tiga dimensi. Animasi 3 dimensi bergerak. Gambar 3 dimensi lucu.

Cara membuat gambar kartun 3d. Menggambar kartun 3 dimensi. Animasi kartun kesehatan bergerak. Gambar tiga dimensi bergerak. Cara gambar 3 dimensi kartun. Gambar 3 dimensi beserta cara pembuatannya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.