Previous
Next
  • Home
  • »
  • Binatang
  • » Cara Membuat Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis

Binatang

Cara Membuat Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis

 

 
 
 
 
Bagi kita yang memelihara ikan di kolam, apapun jenis ikan yang dipelihara, pasti pernah merasa kerepotan saat harus pergi meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam beberapa hari. Biasanya kita akan merasa bersalah karena tidak memberi makan ikan peliharaan kita sesuai jadwal. Namun, sekarang kita bisa menemukan alat pemberi makan ikan otomatis sehingga bisa mengurangi rasa bersalah kita selama kita bepergian. Walaupun kita bisa dengan mudah membeli alat pemberi makan ikan otomatis tersebut, namun tidak ada salahnya bila kita mengetahui tentang cara membuat alat pemberi makan ikan otomatis yang akan dijelaskan di bawah ini.
 
 
CARA MEMBUAT ALAT PEMBERI MAKAN IKAN OTOMATIS
 
1. ALAT, PERLENGKAPAN, DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN:
 
 
 
 
Berikut ini adalah alat, perlengkapan, dan bahan yang diperlukan untuk membuat alat pemberi makan ikan otomatis:
 
- botol plastik, kita bisa menggunakan botol air mineral 
- motor 12 volt DC
- mesin bor
- adaptor 12 volt (sesuaikan dengan kapasitas motor yang kita gunakan)
- timer (ini digunakan bila kita ingin membuat mesin pemberi makan ikan otomatis yang terdiri dari beberapa jenis makanan ikan)
- kayu / triplek
- pipa air
- akrilik
 
 
2. MEMBUAT AKRILIK BERBENTUK ULIR
 
 
 
 
 
Kita panaskan akrilik diat permukaan api sampai akrilik terasa lebih lentur. Kemudian kita bentuk menjadi bentuk ulir. Jangan terlalu rapat, dan jangan terlalu longgar. Ulir akrilik ini yang berfungsi sebagai jalan bagi makanan ikan. Pastikan ukuran ulirnya pas sehinga makanan ikan tidak akan tersangkut di dalam ulir akrilik ini.
 
 
3. MULAI MERAKIT ALAT PEMBERI MAKAN IKAN OTOMATIS
 
Rakit semua bahan dan alat menjadi seperti bentuk sketsa dibawah ini. 
 
 
 
Hubungkan motor listrik dan gearbox. Kemudian sambungkan saklar yang sensitif sehingga ikan cukup menyentuh saklar tersebut untuk bisa mengeluarkan makanan ikan dari dalam botol. Spiral karilik akan berfungsi sebagai "pengerem" makanan ikan sehingga setiap kali ikan menyentuh saklar makan akan keluar makanan ikan dalam jumlah sedikit.
 
Setelah dirakit, maka bentuk dari alat pemberi makan ikan otomatis adalah sebagai berikut:
 
 
 

Video

Video cara kerja alat pemberi makan ikan otomatis

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana alat pemberi makan ikan otomatis bekerja

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Alat pemberi makan ikan otomatis. Http://carapedia.com/alat_pemberi_makan_ikan_otomatis_info3710.html. Pemberi makan ikan otomatis. Membuat tempat pakan ikan otomatis. Tempat makan ikan otomatis. Pakan ikan otomatis. Alat pemberi pakan otomatis.

Alat pakan ikan otomatis. Mesin pemberi makan ikan otomatis. Tempat pakan ayam otomatis. Cara membuat tempat makan kucing otomatis. Pemberi pakan ikan otomatis. Mesin pakan ikan otomatis. Cara membuat alat pemberi makan ikan otomatis sederhana.

Cara membuat makanan ikan otomatis. Tempat makanan ikan otomatis. Alat pakan ikan. Alat penyuplai makan ikan otomatis. Alat pemberi makan ikan. Alat pemberi makan ikan otomatis sederhana.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.