Previous
Next

Sekolah

Alat - Alat Ukur

 

Dalam kehidupan kita sehari - hari sebenarnya tidak pernah bisa lepas dari alat - alat ukur. Alat ukur yang kita gunakan biasanya disesuaikan dengan jenis benda yang akan kita ukur. Tidak bisa dibayangkan bila kita hanya menggunakan satuan kira - kira dalam mengukur sebuah benda. Terutama bila berhubungan dengan dunia dagang, dunia pertukangan, dunia penelitian, dll dimana sebuah benda sampai ukuran terkecilpun harus diukur. 
 
Berikut ini adalah alat - alat ukur beserta fungsinya:
 
# MENGUKUR PANJANG BENDA
 
 
 
 
 
Dalam mengukur panjang benda, kita memerlukan penggaris dan meteran. Satuan yang digunakan dalam mengukur panjang benda biasanya adalah: kilometer, meter, centimeter, inci, mil, dan kaki/feet. Konon sebelum ada penggaris dan meteran, orang jaman dahulu mengukur panjang suatu benda dengan cara meregangkan jari tangan dan menggunakan jarak terjauh antara jempol dengan kelingking untuk mengukur panjang benda. Sedangkan untuk mengukur jarak, orang jaman dahulu menggunakan langkah kaki sebagai patokan pengukuran jarak.
 
# MENGUKUR BERAT BENDA
 
 
 
 
Dalam mengukur berat benda, kita bisa menggunakan timbangan. bentuk dan macam timbangan berbeda - beda sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Untuk dunia laboratorium, biasanya menggunakan timbangan dengan skala pengukuran berat terkecil. Sedangkan di pasar tradisonal, kita biasa menemukan timbangan dengan model yang menggunakan anak timbangan. Sedangkan model timbangan yang lebih besar bisa kita temui di jembatan penimbangan dan pelabuhan yang fungsinya untuk mengukur berat kendaraan dan container. Akurasi timbangan digital tentu jauh lebih tepat bila dibandingka dengan timbangan manual. Satuan berat yang umum di masyarakat adalah: ton, kwintal, kilogram, serta ons.
 
# MENGUKUR LAMANYA WAKTU
 
 
 
 
 
Dalam mengukur lamanya waktu, kita bisa menggunakan jam dan stopwatch. Bila jam bisa mengukur watu mulai dari satuan jam, menit, dan detik; maka stopwatch lebih spesifik. Stopwatch biasa digunakan dalam dunia olahraga untuk mengukur kecepatan renang, lari, dll. Stopwatch biasa digunakan untuk mengukur waktu dalam satuan detik. Seperti halnya timbangan, jam dan stopwatch yang berbentuk digital jauh lebih akurat dalam mengukur waktu bila dibanding dengan jam dan stopwatch manual.
 

Video

Video manfaat dan fungsi alat ukur

Dalam video ini akan diperlihatkan manfaat dan fungsi dari alat ukur

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Gambar timbangan manual. Http://carapedia.com/alat_alat_ukur_info2369.html. Alat ukur berat dan alat ukur panjang. Nama meteran. Fungsi neraca pasar. Satuan waktu lari internasional. Alat alat sekolah.

Mesin tukang kayu. Alat ukur panjang. Macam macam timbangan jaman dulu. Ala alat ukur dan fungsix. Harga timbangan manual. Alat ukur meter. Cara mengukur benda dengan jari tangan.

Macam macam neraca. Macam timbangan. Meteran pengertian. Timbangan manual jaman dahulu. Alat ukur panjang dan fungsinya. Nama dan gambar timbangan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.