Previous
Next

Umum

Alat - Alat Teknik

 

Dunia teknik identik dengan dunia rekayasa. Karena pada dasarnya teknik merupakan penerapan dari ilmu dan teknologi yang bertujuan untuk meringankan atau bahkan menyelesaikan permasalahan manusia. Dunia teknik sangat berhubungan dengan ilmu pengetahuan, matematika, serta pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain sebuah objek. Oleh karena itu, ada begitu banyak alat - alat teknik yang bisa kita temukan di sekitar kita. Mulai dari yang sederhana sampai yang bentuknya sangat kompleks.
 
Berikut ini adalah contoh dari alat - alat teknik:
 
# ALAT PEMBATAS ALIRAN
 
 
 
 
 
Biasa juga disebut dengan peralatan trotel atau katup pembatas aliran. Pengurangan tekanan yang signifikan secara sederhana bisa dilakukan dengan memberikan penghalang ke dalam saluran dimana gas atau cairan yang mengalir melewatinya. Biasanya hal ini dilakukan dengan menggunakan katup yang terbuka sebagian dengan satu sumbat berpori. Satu contoh aplikasi sederhana dari proses pembatas aliran ini terdapat pada sistem refrijerasi kompresi - uap. Dimana satu katup digunakan untuk mengurangi tekanan dari zat refrijeran dari tekanan pada keluaran dari kondensor ke tekanan yang lebih rendah yang ada pada evaporator.
 
# ALAT PENUKAR PANAS
 
 
 
 
 
Alat ini berfungsi untuk memindahkan energi antara fluida yang memiliki perbedaan temperatur, melalui perpindahan kalor. Alat penukar panas atau biasa disebut dengan heat exchangers proses kerjanya secara sederhana adalah bisa kita lihat pada satu bejana dimana di dalamnya terdapat aliran panas dan dingin yang dicampur secara langsung. Contoh lainnya adalah bejana dimana gas atau cairan dipisahkan terhadap gas atau cairan yang lainnya dengan suatu dinding dimana energi melewatinya secara konduksi. 
 
# KOMPRESOR DAN POMPA
 
 
 
 
 
Kompresor adalah alat teknik yang cara kerjanya dilakukan terhadap gas yang lewat melaluinya untuk menaikkan tekanan. Sedangkan cara kerja pompa adalah dengan memanfaatkan tenaga yang masuk untuk mengubah keadaan cairan yang melaluinya. Pada kompresor, perubahan energi kinetik spesifik dan energi potensial spesifik dari sisi masuk ke sisi keluar seringkali relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan kerja yang dilakukan per satuan massa yang lewat melalui kompresor. Perpindahan kalor dengan sekelilingnya seringkali merupakan efek sekunder pada kompresor dan pompa.
 
# TURBIN
 
 
 
 
 
Cara kerja dari turbin adalah dengan cara memanfaatkan lewatnya gas atau cairan melalui satu set barisan sudu - sudu yang terpasang pada poros yang dapat dengan bebas berputar. Saat ini turbin banyak dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga uap, pembangkit tenaga gas, mesin pesawat, dll. Pada dasarnya kerja turbin adalah seperti ini: uap air panas atau gas masuk ke dalam turbin dan mengembang ke tekanan keluar yang lebih rendah sehingga menghasilkan energi. 
 
# NOSEL & DIFUSER
 
 
 
 
 
Nosel adalah suatu peralatan lintasan aliran dengan luas penampang pada kedua ujungnya berbeda, dimana kecepatan aliran gas atau cairab yang melaluinya akan meningkat searah dengan lintasan aliran. Sedangkan pada difuser, aliran gas atau cairan akan menurun kecepatannya seiring dengan arah lintasan aliran. 

Video

Video bagaimana cara kerja turbin pembangkit listrik tenaga angin

Dalam video ini akan diperlihatkan video animasi bagaimana cara kerja turbin pembangkit listrik tenaga angin

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat turbin air mini. Alat yang mengunakan kompressor. Cara membuat turbin. Contoh alat teknik. Alat alat kompresor. Contoh benda gas. Alat sederhana yang menggunakan prinsip teknologi rekayasa.

Cara buat kompresor dari pompa air. Cara membuat kompresor. Contoh alat yang menggunakan konsep perpindahan kalor. Peralatan teknik. Katup pembatas tekanan 50 psi. Alat yang menggunakan prinsip kalor. Alat teknik.

Animasi kompresor. Http://carapedia.com/alat_alat_teknik_info2378.html. Pengertian alat alat teknik. Cara membuat kompresor dari mesin pompa air. Contoh barang tehnik. Alat alat teknik dan pengertiannya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.