Previous
Next

Umum

Alat - Alat Berat

 

Alat - alat berat seringkali digunakan dalam menyelesaikan proyek - proyek kontraktor. Jenis dari alat - alat berat juga bermacam - macam. Dengan adanya alat - alat berat bisa menggantikan tugas manusia sehingga bisa mempercepat penyelesaian sebuah pekerjaan. Bila di luar negeri terdapat sekolah khusus bagi operator yang akan mengoperasikan alat - alat berat. selama di sekolah tersebut mereka diajari tidak hanya tentang bagaimana cara mengoperasikan alat - alat berat namun juga diajarkan tentang mekanik ringan seandainya terjadi kerusakan. Selain itu, yang terpenting adalah teknik pengoperasioan dari alat - alat berat tersebut.
 
 
Berikut ini adalah beberapa contoh alat - alat berat:
 
# PAY LOADER
 
 
 
 
Pay loader adalah alat berat yang biasanya digunakan untuk mengangkut puing - puing bongkaran bangunan, kotoran di sungai, batu, dll untuk kemudian ditaruh di dalam truk pengangkut.  Jenis dari Pay loader ini sendiri sebenarnya bermacam - macam yang disesuaikan dengan jenis barang yang akan diangkut. Bagian dari loadernya tidak hanya terdapat di depan, pada pay loader yang mengangkut log / kayu biasanya loadernya terdapat di bagian belakang.
 
 
# DOZER
 
 
 
Dozer atau yang terkadang disebut dengan bulldozer adalah alat tambahan yang diletakkan pada truk traktor. Alat ini berbentuk seperti pisau dari lempengan metal yang digunakan untuk mendorong tanah, puing - puing, serta benda yang lain dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya jenis alat berat ini banyak kita temukan pada daerah tambang, pabrik industri berat, proyek - proyek, serta terkadang di wilayah peternakan.
 
# BACKHOE
 
 
 
Backhoe adalah alat berat yang berfungsi untuk menggali. Alat ini dilengkapi dengan sekop yang berbentuk seperti "ciduk" sehingga bisa membawa hasil galiannya. Backhoe ini juga yangsering digunakan untuk menggali sungai supaya lebih dalam untuk menghindari terjadinya banjir. Sebenarnya alat pengeruk tidak hanya terletak di bagian depan. Pada jenis dan seri tertentu juga terdapat pengeruk yang terletak di bagian belakang.
 
# SCRAPER
 
 
 
Pada scraper terdapat hopper yang berbentuk vertikal dan bisa bergerak dengan leluasa. Selain itu juga terdapat bagian yang tajam di posisi horisontal. Kapasitas muat dari hopper pada scraper ini sekitar 8 - 34 m3 tergantung dari tipenya. Alat berat ini sangat efisien digunakan pada ladang pertanian karena selain memiliki fungsi sebagai pengangkut juga bisa berfungsi sebagai mesin pemotong. 
 
# PAY HAULER
 
 
 
 
Pay hauler atau sering juga disebut sebagai truk dump (di Inggris disebut dengan dumper truck) adalah truk yang digunakan untuk mengangkut material yang tidak berguna dan sebuah proses konstruksi. Tipe truk ini memiliki sistem hydraulically yang bila dioperasikan dengan cara mengangkat bak bagian depan menjadi lebih tinggi sehingga bisa menuang isinya dengan cepat tanpa menggunakan tenaga manusia.

Video

Video cara kerja alat - alat berat

Dalam video ini akan diperlihatkan cara kerja beberapa alat berat

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Alat berat. Alat alat berat. Truk pengangkut alat berat. Video mobil doser. Fungsi alat berat backhoe. Gambar alat2 berat. Traktor alat berat.

Jenis kendaraan alat berat. Nama nama alat berat. Gambar alat alat berat. Http://carapedia.com/alat_alat_berat_info2375.html. Alat berat untuk konstruksi. Gambar truk yang membawa alat berat. Gambar alat berat proyek.

Gambar dan nama alat berat. Kendaraan konstruksi untuk mendorong tanah. Alat berat dan truk tanah. Gambar contoh alat pengangkut. Mobil doser. Nama alat berat yang berfungsi menggali.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.