Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Adat Perkawinan & Upacara Pernikahan Aceh

Daerah

Adat Perkawinan & Upacara Pernikahan Aceh

Melamar


Keluarga prig yang akan melamar seorang gadis, mengutus seorang penghubung yang disebut seulangke, bila pihak keluarga wanita menerima lamaran tersebut maka pihak keluarga pria mengantarkan tanda ikatan yang disebut ranub kong baba. Tanda ikatan ini biasanya berupa barang-barang yang terbuat dari emas dan pakaian untuk si gadis. Keluarga kedua belah pihak kemudian menetapkan pula hari perkawinan dan jumlah mas kawin yang harus diberikan oleh pihak lelaki. Mas kawin ini disebut jeunameu. Persiapan

 

Perkawinan

Menjelang pernikahan, sang gadis dipingit selama satu bulan. Selama itu pula sang gadis dibimbing cara-cara berumah tangga, juga dianjurkan agar tekun mengaji. Dua hari sebelum pernikahan, pihak keluarga wanita mengadakan upacara mandi dengan air bunga bagi sang gadis. Hal ini dimaksudkan sebagai pembersih dosa bagi calon pengantin wanita, di samping sebagai pengharum badan. Setelah itu, pihak keluarga wanita mengadakan pula upacara koh andam, yaitu upacara membersihkan anak rambut ditengkuk, dahi, dan merapikan alis mata, juga menginai kuku-kuku menjadi merah dan memerahkan bibir dengan memakan sirih.

 

Upacara Pernikahan

Sebelum upacara pernikahan dilangsungkan, calon pengantin perempuan atau dara baru akan memperlihatkan kemampuannya menamatkan pembacaan kitab suci Al- Quran. Kemudian, ayah kandung calon pengantin perempuan memimpin upacara pernikahan atau ijab kabul.


Setelah itu, Pihak keluarga Pengantin Pria menyerahkan jeunameu atau mas kawin berupa sekapur sirih, seperangkat kain baju adat, dan emas paun. Emas paun adalah uang emas kuno seberat 100 gram. Sebelum kedua mempelai dipersandingkan di pelaminan, keluarga mengadakan upacara menginjak telur yang dilakukan oleh pengantin lelaki.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sistem perkawinan adat aceh. Wedding baju nikah aceh. Upacara adat suku aceh. Konsep pernikahan aceh. Baju nikah daerah aceh. Cara melamar adat aceh. Sejarah pernikahan aceh tamiang.

Contoh sistem perkawinan adat. Menikah di aceh. Sistem perkawinan di aceh. Upacara ada daerah aceh. Baju pria nikah di nad. Adat aceh sesudah menikah. Pengantin baru adat aceh.

Pernikahan suku aceh. Adat nikah diaceh. Adat istiadat perkawinan aceh. Upacara adat perkawinan tamiang aceh. Adat pernikahan aceh. Upacara dan baju adat aceh.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.