Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Adat Istiadat Masyarakat Jawa Tengah

Daerah

Adat Istiadat Masyarakat Jawa Tengah

Ada beberapa adat istiadat yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah.  Mupu adalah salah satu di antaranya. Mupu berarti memungut anak. Tujuannya agar kelak juga dapat menyebabkan hamilnya ibu yang memungut anak. Pada saat si ibu hamil, jika mukanya tidak kelihatan bersih dan secantik biasanya, disimpulkan bahwa anaknya adalah laki-laki. Jika sebaliknya, maka anaknya perempuan.


Pada saat usia kehamilan 7 bulan, diadakan acara nujuh bulanan atau mitoni. Pada acara ini disiapkan sebuah kelapa gading dengan gambar wayang Dewa Kamajaya (jika laki-laki akan tampan seperti Dewa Kamajaya) dan Dewi Kamaratih (jika perempuan akan cantik seperti Dewi Kamaratih), gudangan (sayuran) yang dibumbui, lauk lainnya, serta rujak buah.


Ketika bayinya lahir, diadakan slametan, yang dinamakan brokohan. Pada brokohan ini biasanya disediakan nasi tumpeng lengkap dengan sayur dan lauknya. Ketika bayi berusia 35 hari, diadakan acara slametan selapanan. Pada acara ini rambut sang bayi dipotong habis. Tujuannya agar rambut sang bayi tumbuh lebat.


Adat selanjutnya adalah tedak-siten. Adat ini dilakukan pada saat sang bayi berusia 245 hari. Ini adalah adat di mana sang bayi untuk pertama kalinya menginjakkan kaki ke atas tanah.
Setelah si anak berusia menjelang 8 tahun, namun masih belum mempunyai adik, maka dilakukan acara ruwatan. Ini dilakukan untuk menghindarkan bahaya. Ketika menjelang remaja, tiba waktunya sang anak ditetaki atau dikhitan.


Orang Jawa kuno sejak dulu terbiasa menghitung dan memperingati usianya dalam satuan windu atau setiap 8 tahun. Peristiwa ini dinamakan windon.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Adat istiadat jawa tengah. Adat istiadat yang ada di jawa tengah. Adat istiadat jawa. Contoh tradisi jawa. Contoh adat istiadat jawa. Contoh adat orang jawa. Contoh hukum adat jawa.

Contoh adat istiadat jawa tengah. Adat dan kebiasaan jawa. Contoh kebudayaan masyarakat jawa. Adat istiadat di jawa tengah. Apa saja adat istiadat yang ada dijawa tengah. Contoh hukum adat di jawa. Tradisi orang jawa.

Adat istiadat orang jawa tengah. Contoh kebiasaan budaya jawa. Hukum adat istiadat jawa. Hukum adat jawa. Kebiasaan makan orang jawa tengah. Profil masyarakat adat jawa.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
30 Sep 2013 17:20
Alivia zulqureina
Bguzz koq :)
01 Sep 2013 17:47
Syifa
Lengkap juga informasinya trima kasih ya :)
 
admin
Terima kasih semoga bermanfaat.